Latest News

Jelang Latgab TNI, Super Tucano Tembakkan Bom

Dalam rangka persiapan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2014 yang rencananya akan dilaksanakan pada awal Juni mendatang, pesawat Super Tucano Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh yang dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Toto Ginanto, ST. melakukan latihan pengeboman yang bertempat di Air Shooting Range (ASR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, 20 Mei 2014.

Pemboman Super Tucano

Latihan yang bersifat rutin ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para penerbang dalam melaksanakan pengeboman.  Latihan ini merupakan ajang uji ketangkasan para penerbang tempur dalam melaksanakan ketepatan menembak ataupun menghancurkan sasaran yang berada di darat. 

Dalam latihan tersebut melibatkan dua pesawat Super Tucano dengan nomor TT.3102 yang dipiloti oleh Letkol Pnb Toto Ginanto, ST, beserta Kapten Pnb Yudha dan Super Tucano nomor TT.3104 dipiloti oleh Mayor Pnb Hery dan Mayor Pnb Taufik menggunakan bom live 120 kg Mark 81 dengan radius 500 meter.       

Pelaksanaan pengeboman kali ini dibagi menjadi 4 sorties.  Pada sorty pertama menggunakan pesawat Super Tucano TT. 3102, TT. 3104 dan sorty kedua menggunakan pesawat yang sama. Masing-masing pesawat membawa 1 bom. Jenis bom yang digunakan adalah bom live 120 kg Mark 81.

Latihan bertujuan untuk memelihara, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta kerjasama antar awak pesawat terbang dalam melaksanakan penembakan senjata pesawat terbang. Dilihat dari Latihan kali ini, Para penerbang Super Tucano semakin profesional dalam melakukan pengeboman dan dapat mencapai tepat sasaran sebagaimana yang direncanakan dan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. Diharapkan kedepan Skadron Udara 21 semakin siap menghadapi tantangan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

(Pentak Lanud Abd Saleh)


0 Response to "Jelang Latgab TNI, Super Tucano Tembakkan Bom"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.