Latest News

Dua Prototipe Senapan Baru Singapura

Senapan BMCR dan CMCR

Meskipun jarang terdengar, sebenarnya Singapura sudah sejak 80-an mengembangkan senjata kecil, yaitu dengan memproduksi senapan mesin Ultimax 100 (desain Sullivan) dan senapan bullpup SAR-21. Pada Singapore Air Show 2014 Februari lalu, Singapura meluncurkan dua prototipe senapan baru yang diproduksi oleh Singapore Technologies Kinetics (STK), perusahaan teknologi militer utama Singapura.

Kedua prototipe senapan tersebut dinamai dengan BMCR (Bullpup Multirole Combat Rifle) dan CMCR (Conventional Multirole Combat Rifle) yang masing-masing menggunakan kaliber 5,56mm. Dalam pernyataanya, perusahaan menyebutkan bahwa senapan ini akan memberikan keunggulan maksimal bagi infanteri dalam operasi perkotaan.

Perusahaan juga mengklaim bahwa BMCR (kiri) adalah senapan bullpup terpendek di dunia, sementara CMCR (kanan) dirancang dengan popor unik yang membuat senapan bisa dilipat atau disesuaikan sesuai kebutuhan untuk mendapatkan kinerja yang maksimal. Sayangnya, CMCR masih dalam tahap prototipe no-firing meskipun sudah dalam skala sesungguhnya.

Informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi, fitur dan cara kerja kedua senapan ini bisa dilihat di sumber.


8 Responses to "Dua Prototipe Senapan Baru Singapura"

  1. Singapura menambah alutsistanya, agar dpt disandingkan dg milik Indonesia dan PT Pindad hrs membelinya sbg sempel utk sbg studi banding apakah SS2 masih dpt di go publik kan atau kalau kalah diperbaiki lagi agar SS2 tdk kalah dg CMCR/CMCR. Karena bisnis Kwalitet dpt memberikan jaminan pelanggan.................

    ReplyDelete
  2. SS2 maksa bangat tiru mi6 dan Ak 47, modelny kuno

    ReplyDelete
  3. setuju.. s2 modelnya sangat 30th yang lalu.. bikin tni ga pede dipentas internasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar kata mu modelnya kuno, di tembakkan ke kepalamu pasti kepalamu bolong !
      SS2 banyak variannya dan bisa di tambahin aksesoris sesuai kebutuhan.
      varian SS2-v4 udah langganan juara lomba menembak AB tingkat internasional.
      Prcuma aja modelnya futuristik tp ga akurat dan memble di medan tempur?

      Delete
  4. yg dibutuhkan TNI bukan PD dan bentuk serta aksesorisnya saja...yg penting ringan didalam hentakan tembakanya dan sangat akurat...jangan salah TNI diajang internasional selalu meraih predikat nomer satu dengan senjata PT Pindadnta SS2 serinya

    ReplyDelete
  5. Meskipun Singapura adalah negara kecil dg batas2 wilayahnya yg terbatas, namun dg kekuatan finansialnya,mereka mampu membeli alutsista terbaru dari NATO dan Israel yg tecanggih tanpa merasa khawatir terkena embargo dan sejenisnya sejak dulu...serta memperoleh beberapa ToT peralatan alutsistanya yg terbaik, salah satunya adalah senapan otomatis BMCR dan CMCR.

    ReplyDelete
  6. Masih akurat senjata* pindad yg terus menjadi langganan juara Asean maupun Dunia dan pindad sudah meyelesaikan versi snipernya yg bisa membuat lobang kendaraan tank dari jarak 1000 meter..Banggalah terhadap buatan anak bangsa yg menorehkan prestasi di kancah Dunia Alutsista.

    ReplyDelete
  7. benar bro, senjata2 NKRI sdh mulai menggeser senjata2 dunia spt SS-2 hebat dpt mencundangi senjata klas dunia dan teruskan inovasi utk kalahkan semua.......... hore.............sejak 1998 senjata juara umum tembak militer dunia...............

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.