Latest News

Angkatan Laut Rusia Rencanakan Ekspedisi ke Arktik

Peter The Great di Arktik

St. Petersburg, Rusia - Armada Utara Angkatan Laut Rusia merencanakan ekspedisi baru ke daerah wilayah Arktik pada musim panas ini, juru bicara Armada Utara Angkatan Laut Rusia mengatakan.

"Tahun ini kami berniat untuk melanjutkan rute yang sementara ini dilupakan (dihentikan) yaitu Kutub Utara," kata Andrei Korablev dalam sebuah pertemuan tentang kepentingan nasional Rusia atas Kutub Utara, dilansir oleh kantor berita RIA Novosti.

Armada Utara Angkatan Laut Rusia berencana melakukan ekspedisi ke pulau-pulau seperti pulau Franz Josef Land, Severnaya Zemlya, Siberia Baru dan Wrangel. "Kami akan terus mempelajari Samudera Arktik, melakukan penelitian ilmiah dan pengamatan meteorologi, mempelajari navigasi dan kondisi hidrografi, grafik dan arah berlayar yang besar, survei geodesi (berhubungan dengan Bumi) di Arktik, serta mengeksplorasi area navigasi dengan kapal dari kelas non-es (bukan penjelajah es)," kata Korablev.

Penelitian ini dilakukan tidak hanya untuk kepentingan militer, tetapi juga untuk memastikan kehadiran ekonomi maritim di Kutub Utara Rusia, serta untuk melestarikan Rute Laut Utara sebagi bagian sistem transportasi nasional.

Baca juga: Perang Dingin Baru (Wilayah Arktik)

"Selain itu, kami berencana untuk membangun infrastruktur militer di hampir semua pulau dan kepulauan di Samudera Arktik dalam rangka menciptakan suatu sistem terpadu dari pemantauan udara, permukaan dan kondisi bawah air," kata Korablev dikutip RIA Novosti.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada 22 April lalu menegaskan bahwa keaktifan Rusia di wilayah Kutub Utara adalah juga untuk melindungi keamanan dan kepentingan ekonomi nasional.

Arktik

Kementerian Pertahanan Rusia sendiri sudah mengumumkan rencana untuk membuka kembali lapangan terbang dan pelabuhan di Kepulauan Siberia Baru dan Franz Josef Land, setidaknya tujuh landasan di bagian benua dari Lingkaran Arktik yang ditutup pada tahun 1993.

Arktik adalah wilayah di Kutub Utara Bumi yang merupakan bagian wilayah 8 negara yaitu Rusia, Norwegia, Swedia, Finlandia, Islandia, Denmark, Kanada dan Amerika Serikat. Arktik merupakan samudera yang luas dan tertutup oleh es, sedikit pohon, tanah beku, juga terdapat organisme yang hidup di es, ikan dan mamalia laut, burung dan sedikit komunitas manusia (Eskimo). Diketahui Arktik mengandung sumber daya alam yang cukup besar seperti bahan tambang (minyak, gas dan mineral) dan perikanan.

Gambar atas: Peter The Great di Arktik (korabli.eu)
Gambar bawah: Wilayah Arktik (CIA World Factbook)


1 Response to "Angkatan Laut Rusia Rencanakan Ekspedisi ke Arktik"

  1. kliatannya ada sangkut pautnya ni ma ketegangan dengan amerika...
    hajar amerika

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.