Latest News

Provokatif, Pesawat Tempur Rusia Terbang Berulang Kali Melewati Kapal Perusak AS

Su-24 Fencer

Pesawat yang dilaporkan adalah Sukhoi Su-24 Fencer Angkatan Udara Rusia, terbang berulang selama 90 menit pada jarak sekitar 900 meter dari kapal perusak USS Donald Cook Angkatan Laut AS yang saat ini bertugas di Laut Hitam. Menurut AP, Fencer yang terbang dengan ketinggian sekitar 150 meter diatas permukaan laut dengan melewati USS Donald Cook pada hari Sabtu tersebut merupakan tindakan provokatif dan menunjukkan ketidakkonsistenan Rusia dengan perjanjian internasional.

USS Donald Cook, yang juga membawa helikopter itu telah bertugas di Laut Hitam sejak 10 April lalu, melakukan beberapa panggilan radio dan memberi peringatan kepada Fencer, yang diketahui tidak membawa senjata atau tidak mendatangkan bahaya bagi kapal perusak AS tersebut.

Yang juga perlu diperhatikan, kapal perang AS ini juga terus dibayangi oleh kapal perang Angkatan Laut Rusia, meskipun sebenarnya ini hanya operasi rutin yang dilakukan di perairan internasional timur dari Rumania.

Pertemuan yang dekat antara armada AS dan Rusia seperti ini juga sering terjadi berbagai laut di dunia. Beberapa tahun lalu, sepasang pesawat pembom Tu-95 Bear Rusia terbang cukup dekat dengan kapal induk AS USS Nimitz di Pasifik. Namun kejadian kali berbeda karena terjadi di Laut Hitam dan di tengah meningkatnya ketegangan setelah invasi Rusia di Krimea, tentu saja banyak analis yang mengasumsikannya berbeda.

Sukhoi Su-24 Fencer sendiri adalah pesawat serang berkecepatan supersonik yang dikembangkan pada era Uni Soviet. Sejak diproduksi mulai tahun tahun 1967 hingga tahun 1993, sudah sekitar 1.400 unit Su-24 Fencer yang dibuat. Saat ini Su-24 Fencer masih digunakan oleh beberapa negara seperti Aljazair, Iran, Kazakhstan, Syria, Ukraina, Sudan dan Rusia. Negara-negara yang tercatat pernah menggunakannya antara lain Angola, Azerbaijan, Irak, Libya, Belarus, Uzbekistan dan Uni Soviet. Pada tahun 2008, jumlah Fencer yang dimiliki Rusia adalah sebanyak 415 unit dan kemungkinan saat ini jumlah tersebut terus merosot mengingat usia pesawat ini sudah tidak lagi muda dan karena tergantikan oleh jet-jet tempur Sukhoi yang lebih modern.



Su-24 Fencer. Gambar: Guns.com

USS Donald Cook
USS Donald Cook. Gambar. US Navy


7 Responses to "Provokatif, Pesawat Tempur Rusia Terbang Berulang Kali Melewati Kapal Perusak AS"

  1. kalau masih tebang di wilayah sendiri bagai mana di sebut provokasi, ne karena sebagian area laut hitam masih masuk ke wilayah rusia so ne masih termasuk hal yg wajar2 aj

    ReplyDelete
  2. Biar peswt tua..tapi kelihatan masih gagah dan garang

    ReplyDelete
  3. Polisi yg sibuk jaga perempatan lg nahan emosi dibleyerin ma anak geng motor...

    ReplyDelete
  4. Hayoo Ruskie, hajarr..

    ReplyDelete
  5. ASU aja yang sok nylonong militernya kemana"..

    ReplyDelete
  6. amerika memang sering provokasi di perbatasan negara lain walaupun jaraknya sangat jauh dari amerika, dg alasan latihan rutin..bagaimana jika rusia yg latihan rutin di teluk mexico, apakah amerika merasa tdk terprovokasi..?

    ReplyDelete
  7. Hadapi Senjata Radio-Elektronik Rusia, Kapal Perusak AS Kabur

    Industri pertahanan Rusia memproduksi berbagai jenis peralatan yang bisa mengejutkan musuh ketika berhadapan dengan Rusia. Foto: Grigoriy Sisoev/RIA NovostiDepartemen Luar Negeri AS mengakui bahwa kru kapal perusak Amerika Donald Cook gentar ketika berhadapan dengan pesawat pembom Rusia SU-24, meski pesawat tersebut hanya sebuah kompleks persenjataan radio-elektronik yang tidak membawa bom ataupun misil. Apa yang membuat kru Amerika begitu ketakutan?. Sumber Rbth indonesia

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.