Latest News

Film-Film Perang Dunia II yang Dirilis Tahun Ini

Film bertema Perang Dunia II selalu menjadi subjek yang kuat di perfilman. Meskipun tahun ini adalah 100 tahun dari Perang Dunia I, namun film-film yang dirilis pada tahun ini masih bertema Perang Dunia II. Tampaknya sejarah Perang Dunia I memang kurang begitu menarik perhatian para pembuat film.

Stalingrad

Beberapa diantara film Perang Dunia II sudah dirilis. Stalingrad, film produksi Rusia yang menceritakan kisah pertempuran Stalingrad (23 Agustus 1942 - 2 Februari 1943), sebuah pertempuran dalam Perang Dunia II di mana NAZI Jerman dan sekutunya melawan Uni Soviet untuk menguasai kota Stalingrad (sekarang Volgograd) di bagian barat daya Uni Soviet. Pertempuran Stalingrad dianggap sebagai salah satu pertempuran paling berdarah dalam sejarah Perang Dunia II. Dan film Perang Dunia II lain yang dirilis pada tahun ini adalah "The Monuments Men," film Amerika-Jerman yang disutradarai George Clooney dan dibintangi aktor John Goodman, Bill Murray dan Matt Damon. Film ini menceritakan tentang sebuah tim yang ditugaskan mencari karya seni yang tak ternilai di seluruh dunia yang dicuri NAZI untuk dikembalikan kepada pemiliknya (museum). Meskipun sedikit melenceng dari keakuratan sejarah, namun film ini masih banyak mendapat pujian.

Tahun ini, juga menjadi tahun merilis film baru bagi pasangan selebriti Brad Pitt dan Angelina Jolie. Angelina Jolie menyutradari film "Unbroken" yang menceritakan kisah atlet olimpiade Louis Zamperini yang adalah seorang Italia-Amerika yang menjadi tahanan perang semasa Perang Dunia II. Sedangkan Brad Pitt akan muncul dalam film "Fury," kisah seorang komandan tank Sherman di bulan-bulan terakhir Perang Dunia II dalam misi berbahaya di belakang garis musuh. Karena kalah dalam jumlah dan persenjataan, Sersan Wardaddy (Brad Pitt) dan anak buahnya menghadapi rintangan yang luar biasa dalam upayanya menyerang jantung pertahanan Nazi Jerman.


Fury

Film bertema Perang Dunia II lain yang juga akan dirilis dalam waktu dekat adalah Suite Francais, sebuah film roman tentang seorang tentara NAZI Jerman yang jatuh cinta kepada seorang wanita sipil Perancis pada saat pendudukan Jerman atas Perancis. Film lain adalah Little Boy, sebuah film keluarga yang menceritakan seorang anak laki-laki yang berjuang (mustahil) membawa kembali orangtuanya dari Perang Dunia II. Film ini akan dirilis saat peringatan invasi Normandy. Dan masih ada beberapa film bertema Perang Dunia lain yang akan dirilis, seperti Walking With the Enemy dan The Lady in Number 6.

Faktanya, kisah dalam Perang Dunia II selalu menjadi sasaran empuk bagi para pembuat film untuk menghadirkan film yang bisa menginsipirasi tindakan atau emosi. Sementara sebagian pengamat film berpendapat bahwa tahun ini sebaiknya berfokus pada film tentang Perang Dunia I mengingat peringatan yang ke-100, tapi ternyata para pembuat film masih lebih berkonsentrasi pada kisah Perang Dunia II, di mana tampak jelas "penjahatnya" yaitu NAZI. Kedepan, film-film bertema Perang Dunia II kemungkinan akan terus dirilis seiring waktu, berbeda dengan film yang bertema Perang Dunia I.

Kembali ke tanah air, bagaimana dengan perfilman di Indonesia, belum adakah niat untuk membuat film bertema sejarah yang bisa membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan cinta tanah air? Masih terpaku dengan alasan klasik kalau film bertema sejarah akan menguras banyak biaya atau karena para penikmat film di tanah air ini memang lebih menyukai film roman cengeng yang tidak jelas itu atau film hantu seksi seperti yang sudah-sudah?.

Sekedar belajar dari China, beberapa tahun belakangan ini mereka banyak merilis film-film yang menggambarkan kebesaran kerajaannya terdahulu. Ini tentu bukan hanya sekedar untuk meraup uang dari kantong penikmat film, tapi untuk memberi arti, membangkitkan jiwa untuk cinta tanah air, dan mengingatkan kembali bahwa mereka adalah bangsa yang besar, jenius dan pantang menyerah. Hal ini seharusnya juga kita lakukan!.


7 Responses to "Film-Film Perang Dunia II yang Dirilis Tahun Ini"

  1. coba dibuat film yg menceritakan Perang Salib, seperti Kingdom of Heaven, pasti jg seru

    ReplyDelete
  2. Setuju... Indo hrusnya mulai menumbuhkan nasionalisme bukan hanya melalui pendidikan... Film pun perlu d susupi makna nasionalisme.. Lihat bgmna film hasil china, three kingdom dan red cliff

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan 1911 revolution film yg di bintang jackie chan udah pada nonton belum?

      Delete
  3. informasi ada film animasi garapan anak Jogja, yang berkisah tentang, sebuah perang di Surabaya, antara penjajah dengan arek-arek Surabaya, yang di garap sangat bagus, kapan tayang?

    ReplyDelete
  4. kapan tayang nya

    ReplyDelete
  5. Ah film amerika mah udah gampang ketebak hasil akhirnya kaya film-film asia tenggara... Yang kalah itu pasti nazi atau islam.

    Film kingdom of heaven,
    "Mulanya kupikir kita perang demi Tuhan, ternyata demi tanah dan kekayaan. Aku malu."

    Kalau menurut saya banyakan propaganda terhadap islamnya deh om ...

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.