Latest News

Eurofighter Typhoon dengan Tangki Bahan Bakar Konformal

Mock up Typhoon dengan CFT

Conformal Fuel Tank (CFT) atau Tanki Bahan Bakar Konformal menjadi salah satu fitur yang dipertimbangkan Eurofighter untuk jet tempur Typhoon dalam usaha penawarannya kepada India (Program Medium multi Role Combat Aircraft)) dan Uni Emirat Arab.

Pihak Eurofighter (dalam hal ini BAE Systems) sudah melakukan pengujian di wind tunnel berkecepatan tinggi di Inggris. Yang mana ditujukan untuk menilai karakteristik aerodinamis dari dua fuselage Typhoon yang dipasangi CFT.

Model Typhoon dengan CFT sebenarnya sudah beberapa kali ditampilkan di beberapa pameran dirgantara dunia, yang terbaru menjelang awal tahun lalu di Al-Ain Air Show di Uni Emirat Arab. Seperti pada gambar di bawah ini.

Typhoon dengan CFT di Al-Ain AIr Show

Dan di bawah ini adalah Typhoon standar tanpa CFT.

Typhoon non CFT

CFT tertanam erat pada bodi Typhoon guna meningkatkan jangkauan atau untuk memperpanjang waktu terbangnya di udara. Berbeda dengan drop tank, CFT tidak bisa dibuang begitu saja di udara karena terpasang erat ke dalam pesawat, proses pelepasan hanya bisa dilakukan di darat. Tercatat beberapa jet tempur lain yang menggunkan CFT antara lain F-15E strike Eagle, beberapa varian F-16, Rafale dan Advanced Super Hornet.

Dengan tanki bahan bakar internal (5.000 liter) dan ditambah dua CFT (1.500 liter), artinya Typhoon akan membawa 6.500 liter bahan bakar. Jangkauan sebelumnya yang 2.900 km berarti bisa meningkat hingga 3.700-an km.

Typhoon baru ini tidak hanya diuji untuk CFT-nya, tetapi juga ada beberapa pengujian lain seperti pengintegrasian rudal jelajah, seperti Storm Shadow dan Taurus.

Gambar atas: BAE Systems
Gambar tengah: Luigi Sani (http://www.flickr.com/photos/gigisani/)
Gambar bawah: Bartek Kozłowiec/Wiki


0 Response to "Eurofighter Typhoon dengan Tangki Bahan Bakar Konformal"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.