Latest News

AS Tambah 10 Kapal Selam Nuklir

Ilustrasi kapal selam Kelas Virginia

General Dynamics Electric Boat dan Newport News Shipbuilding dikontrak oleh Angkatan Laut AS untuk memasok 10 kapal selam tambahan dari Kelas Virginia, melengkapi 10 kapal selam Kelas Virginia yang saat ini dioperasikan. General Dynamics Electric Boat melaporkan kontrak untuk 10 kapal selam tersebut adalah senilai USD 17,6 miliar.

Kapal selam serang berkecepatan tinggi dan bertenaga nuklir ini mampu ditugaskan untuk berbagai misi di abad 21, antara lain mendukung misi khusus, perang anti-kapal permukaan dan anti-kapal selam. Kapal selam ini juga baik dioperasikan di lingkungan pesisir dan laut lepas untuk melakukan misi intelijen, pengawasan dan pengintaian.

Kelas Virginia berbobot benaman 7.800 ton, memiliki panjang 115 meter, diameter 10 meter dan mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 240 meter. Kecepatan maksimumnya adalah antara 30-35 knot per jam dengan diawaki oleh 134 personel Angkatan Laut AS. Senjata yang diusungnya, antara lain rudal Harpoon, rudal Tomahawk, torpedo Mark 48 dan drone bawah air dengan 12 tabung vertikal peluncur rudal dan empat tabung torpedo 533mm.

Tingkat kebisingan (noise level) kapal selam Kelas Virginia sama dengan kapal selam nuklir Kelas Seawolf (kapal selam nuklir AS lainnya) dan lebih rendah dari kapal selam Kelas Akula Rusia dan kapal selam serang generasi ke-4 lainnya. Lebih khusus lagi, Kelas Virginia adalah kapal perang pertama dalam sejarah Angkatan Laut AS yang dirancang sepenuhnya menggunakan CAD (computer-aided design) dan teknologi visualisasi.

Kapal selam ini akan terkoordinasi dengan baik dengan armada udara, laut dan aset ruang angkasa (satelit). Kapal selam yang fleksibel dan kuat ini telah menjadi komponen inti dari armada Angkatan Laut AS untuk mendukung kepentingan keamanan nasional.
 
USS Virginia

Dengan bekerjasama, General Dynamics Electric Boat dan Newport News Shipbuilding berharap bisa membangun dua kapal selam Kelas Virginia setiap satu tahun selama kurun waktu lima tahun. Pembangunan kapal selam pertama dari pesanan akan dimulai pada 1 Mei, dengan kapal selam yang terakhir (ke-10) akan diserahkan ke Angkatan Laut AS pada tahun 2023.

"Ini adalah jumlah terbesar dari kapal (selam kelas Virginia) yang dipesan dalam kontrak tunggal, yang menjadi berita besar terutama mengingat situasi ekonomi dan politik (AS) saat ini," jelas Matt Mulherin, Presiden Newport News Shipbuilding dalam siaran pers General Dynamics.

"Kontrak ini memiliki arti besar bagi Angkatan Laut Amerika Serikat, bagi perusahaan kami dan seluruh industri yang berbasis kapal selam," tambah Presiden General Dynamics Electric, Boat Jeffrey S. Geiger . "Dengan (target) membuat dua kapal pertahun, Angkatan Laut dan tim industri akan berusaha mempertahankan stabilitas guna meningkatkan efisiensi, dan menghadirkan armada kapal selam yang dibutuhkan untuk mempertahankan dominasi bangsa," Geiger menambahkan.

Angkatan Laut AS saat ini telah mengoperasikan 10 kapal selam Kelas Virginia (ditugaskan tahun 2004), USS Virginia, USS Texas, USS Hawaii, USS North Carolina, USS New Hampshire, USS New Mexico, USS Missouri, USS California, USS Mississippi dan USS Minnesota. Delapan kapal selam Kelas Virginia lainnya saat ini juga sedang dibangun (kontrak sebelumnya). Total kebutuhan Angkatan Laut AS untuk kapal selam Kelas Virginia adalah 30 unit.

Gambar: US Navy


3 Responses to "AS Tambah 10 Kapal Selam Nuklir"

  1. 30 unit class Virginia...???...Ueeedaaan.....!!!!

    ReplyDelete
  2. Pasti nanti ada Penangkalnya alias akan tercipta bom/ranjau laut berteknologi tinggi anti KS dari pihak lain. Yang pasalnya ranjau itu akan nyamperin/nempel sendiri secara otomatis magnetis dan dpt melumpuhkannya pd jarak tertentu. Tantangan bagi para ilmuwan Indonesia utk membuatnya....?!

    ReplyDelete
  3. tantangan bagi kita untuk bisa membuat kapal selam yang lebih murah,efisien,berkualitas tinggi,stealth,yang jelas akan memiliki daya deteren tinggi.tidak perlu besar dan diawaki lebih dari 100 personel.cukup seukuran pesawat tempur ,berkekuatan pesawat tempur tapi dibawah air.diawaki 1atau 2 orang.semoga.amien.
    ardi nastain

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.