Latest News

Tanker Baru di Langit Singapura

Airbus MRTT AU Australia mengisi bahan bakar F-16

Baru-baru ini Singapura memesan enam unit pesawat tanker Airbus MRTT, fungsinya untuk misi air refueling (pengisian bahan bakar di udara), sekaligus sebagai pesawat kargo. Rancang desain Airbus MRTT berdasarkan pesawat komersial bermesin ganda Airbus 330-300, yang biasanya dijual seharga USD 180 juta.

Sang 233 ton Airbus MRTT mampu membawa bahan bakar sebanyak 111 ton, ditambah 45 ton kargo (26 palet). MRTT juga dapat mengangkut 238 penumpang, atau 300 tentara (padat) atau 130 korban dengan tandu (bersama dengan tenaga medis). Semua bisa karena dek utamanya bisa untuk penumpang, kargo atau kontainer bahan bakar. Biasanya, semua bahan bakar dibawa di sayap atau pada ekor. Kemampuan 'gado-gadonya' yang unik ini menjadikan MRTT sangat fleksibel, mampu membawa banyak kargo atau pasukan, sesuai yang dibutuhkan. Sejauh ini Airbus MRTT baru dipesan oleh lima negara di dunia dengan total baru 17 unit yang beroperasi.

Gambar: Airbus Military


6 Responses to "Tanker Baru di Langit Singapura"

  1. Singapura knp ya bth pswt begini? apakah buat persiapan ofensif ke negara lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sing beli itu utk ganti armada tanker KC-135 mereka yg uda tua. Itu jg fungsinya buat kargo dan angkut pasukan. Ya wajarlah org mrk sering kirim tentara dan jet tempur utk latihan di luar.

      Klo buat ofensif ya iya jg, krn ya konflik bs datang kapan saja. Teman bs jd musuh dlm sekejap. Sejarah sudah membuktikan. Selagi damai jg harus siap perang bukan?

      Delete
  2. Di enggo opo to tanker,,,, ora nganggo tanker wae iso wira wiri ngubengi singapur ping sewu,,,

    ReplyDelete
  3. Amrik cuma titip ke singapur dgn cara pura2 jual...

    ReplyDelete
  4. Negara segede upil gini aja perlu pesawat tanker, F-35, kapal selam sebentar lagi mungkin kepengen beli kapal induk juga kali yee! Memang diakui financialnya kuat, ..... Tapi apakah karena sahwat untuk pertahanan diri atau sahwat ingin menguasai wilayah dan SDA tetangga sebelahnya, dan yg pasti itu bukanlah China di LCS!

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.