Latest News

Lantamal III Resmikan Kapal Patroli Baru "Ronin"

Speed Boat Ronin

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Ikin Sodikin A S., meresmikan pengoperasian speed boat Patroli Keamanan Laut (Patkamla) "Ronin" di Dermaga Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal III, Pondok Dayung, Jakarta Utara. Senin, 3 Februari 2014.

Ronin merupakan speed boat yang akan diperuntukkan sebagai kapal patroli keamanan laut (Patkamla) hasil produksi galangan kapal Bahari, Tanjung Priok Jakarta Utara. Selesai pembuatan 29 Januari 2014 dengan spesifikasi kapal meliputi antara lain panjang 10 meter, body full fibreglas, Mesin Pendorong dua unit, terdiri dari mesin kanan Suzuki 4T 115 Horse Power (HP) dan mesin kiri Suzuki 4T 115 HP serta kecepatan mesin mencapai 35 knot (64,8 km/jam). 

Speed Boat Ronin
(Gambar: ANTARA/Zabur Karuru/wt via Metrotvnews)
Speed Boat Ronin
(Gambar: ANTARA/Zabur Karuru/wt via Metrotvnews)
Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin A S., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Patkamla Ronin akan dikomandani oleh Letkol Laut (P) Dovian Isjafrin untuk memperkuat kemampuan Satkamla dalam rangka melaksanakan tugas-tugas operasi penegakkan hukum di laut serta mendukung kegiatan-kegiatan protokoler VIP.

Asal kata pemberian nama Ronin berasal dari istilah pada masa Jepang Kuno yang merupakan sebutan bagi pendekar Samurai yang tidak mempunyai tuan sehingga Samurai mengabdikan hidupnya dengan mengembara mencari jalan menjadi Samurai sejati. Kehidupan Ronin inilah yang menjadi inspirasi agar semangat Ronin ada dalam diri prajurit Satkamla Lantamal III Jakarta.


9 Responses to "Lantamal III Resmikan Kapal Patroli Baru "Ronin""

  1. Kayanya penggemar manga nech komandannya...

    ReplyDelete
  2. mirip odong odong ni, patroli 1/2 hati ya??

    ReplyDelete
  3. harus pake sayap di belakangnya?
    cocok jd trans ciliwung neh..

    ReplyDelete
  4. kaya gak ada nama laen aja "Ronin", sekalian aja pake nama Naruto
    Ganti yang lebih Indonesia donk, contohnya Lumba2, Luna Maya juga boleh

    ReplyDelete
  5. kapalnya khoq kayak mainan yang di dufan yaa . . . moga2 nggak kayak simulator kasusnya

    ReplyDelete
  6. jangan2 ini jurus kamuflase gaya baru, biar penjahat ga nyangka klo ini kapal patroli hehehehe

    ReplyDelete
  7. kapal kecil banget, kena ombak langsung terbalik..

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.