Latest News

Di Balik Sikap Provokatif Negara Tetangga Terhadap Indonesia

Analisa bagus nih, dari sobat Adie Sachs yang dipublikasikan di Kompasiana. Mengangkat soal apa dibalik protes Singapura terkait penamaan KRI Usman Harun, aksi provokatif negara-negara tetangga Indonesia termasuk Papua Nugini!, posisi Rusia bagi Indonesia, hingga kepentingan China kepada Indonesia terkait latihan perang di dekat garis pantai Australia yang melalui perairan Indonesia.

Peta Indonesia

Latihan Perang China Lewati Selat Sunda, di Balik Protes Singapura?


Aksi provokatif tiga negara tetangga pada Indonesia adalah terstruktur dengan rapi dan satu komando. Tujuan ketiga negara itu dalam satu koridor kerjasama pertahanan yang saling mendukung sesuai piagam Commonwealth atau persemakmuran. Memang ada teori "kebetulan" dalam pandangan awam ketika Australia menggebah pencari suaka ke wilayah Indonesia. Atau munculnya sekoci berwarna oranye di perairan selatan, kemudian Singapura tiba tiba melakukan protes penamaan KRI Usman Harun. Bersahutan kemudian dengan pembakaran kapal nelayan asal Papua di perairan Papua Nugini.

Setelah Malaysia gagal melakukan tugasnya dengan baik, tiga negara lain yang sesama bertuan pada Ratu Elisabeth di Buckingham mengambil alih. Yang menjadi pertanyaan dan seolah tidak terpikirkan oleh masyarakat Indonesia adalah: "Apakah ada skenario kebetulan-kebetulan yang bukan merupakan sebuah kebetulan?"

Pertama, pemberian nama Kapal Perang Indonesia sebagai KRI Usman Harun sebenarnya tidak seketika, perlu waktu dan sejak awal pembangunan kapal sudah dirumuskan. Lalu diputuskan tepatnya pada 12 Desember 2012 setelah melalui diskusi yang panjang. Singapura sebenarnya sejak awal juga sudah tahu, lalu mengapa mempermasalahkannya saat ini?

Kedua, Australia yang mengalami pergantian tampuk pimpinan, sejak Tony Abbott menjadi Perdana Menteri memang terlihat bertolak belakang dengan Kevin Rudd atau Julia Gillard. Namun Abbott tidak punya pilihan selain memainkan perannya, setidaknya sampai misi terselesaikan. Sampai jelas siapa yang menjadi koleganya di Jakarta.

Ketiga, Papua Nugini yang selama ini nyaris tidak pernah tercetak dalam berita di koran-koran Indonesia, yang tidak ingin belahan barat Cendrawasih lebih makmur, hanya memainkan peran yang jadi bagian mereka. Kenapa mereka melakukan aksi yang sadis disaat sekarang? (Terkait pembakaran kapal nelayan asal Merauke oleh tentara Papua Nugini)

Keempat, Indonesia sedang menjalani proses pergantian kepala negara dan akan menghadapi pemilu parlemen dalam tahun ini. Ini adalah tahun yang krusial dan menentukan bagi Indonesia dan kawasan. Pemimpin Indonesia terpilih adalah yang paling "berkuasa dan menentukan" di Asia Tenggara serta berpengaruh di Asia Pasifik, situasi politik Indonesia akan menjadi hitungan kebijakan politik luar negeri setiap pemerintahan, khususnya kawasan Pasifik. Sekali lagi… ini bukan narsisme, ini adalah kenyataan tentang bagaimana dunia memandang posisi Indonesia sejak jaman Bung Karno.

Amat disayangkan jika nama KRI Usman Harun dipandang sebagai....... Baca lebih lanjut disini


14 Responses to "Di Balik Sikap Provokatif Negara Tetangga Terhadap Indonesia"

  1. analisanya lumayan jeli, siapa presidenanya kita hrs py visi sama ttg ancaman2 yh menganggu kedaulatan RI

    ReplyDelete
  2. ada kemungkinan juga, singapura menggunakan politik zaman dulu "adu domba" dengan malaysia karna pada saat pengeboman singapura masih bagian dari malaysia, dia melemparkan protes dan berharap malaysia ikut turun tangan dan indonesia semakin di keroyok.

    ReplyDelete
  3. UNTUK MENJADI NEGARA BESAR , INDONESIA PASTI BANYAK MENHADAPI MUSUH-MUSUH YANG TIDAK SENANG AKAN KEBESARAN NKRI

    ReplyDelete
  4. blog gk mutu copi paste dri blog lain, keamanan-global.blogspot.com/2014/02/di-balik-sikap-provokatif-negara.html?m=1

    ReplyDelete
  5. ini bukti kalau indonesia adalah bangsa yang besar

    ReplyDelete
  6. buat anonymuse yang bilang ,, gak mutu... tak usah saudara vonis demikian.. busur panah yang tajam ,, tak berpengaruh atas apa yang jadi target tapi siapa pemain di balik busur panah itu.. menentukan kualitas serta hasil akhirnya. tak usah menabur angin.

    ReplyDelete
  7. to Anonymuse yang berkomentar,, blog ini gak mutu : data forensik gak akan pernah berbohong, dengan alogaritma yang sinkron.. siapa yang terlebih dulu.

    ReplyDelete
  8. blog gk mutu?? klo mw yg mutu tanya aj langsung k sumbernya....
    ini kan post khusus militer n mmang ambil dri brbagai sumber

    ReplyDelete
  9. Saya rakyat jelata, melihat bahwa negara persemakmuran yang mengelilingi Indonesia sengaja berbuat ulah, dan menginginkan Indonesia lemah dan kemudian pecah sehingga dengan kekuatan ekonomi mereka mempengaruhi rakyat dan yang berdekatan dengan wilayahnya agar mengikuti mereka dan menjadi bagian wilayah mereka. contoh Australi mendukung lepasnya TIM TIM dan mungkin pula melinduingi OPM, Singapore melindungi koruptor dan memperluas daratan dengan menguruk lautan dengan pasir dari Indonesia. Papua nugini melindungi koruptor dan mungkin OPM, Malaysia mengambil lipadan dan ligitan dan mau mengambil lagi Ambalat untuk itu Indonesia TNI harus diperkuat dan kekuatanya setara dengan kekuatan gabungan angkatan bersenjata negara persemakmuran yang mengeliling Indonesia

    ReplyDelete
  10. Ancaman Indonesia adalah malaysia, singapura, australia dg cara penyerangan dg masing2, mencuri/meracuni TKI, merusak perekonomian, penyadapan dan penembakan dr antar perbatasan. Anak2 bangsa hrs tahu/merasakan yg ada dlm NKRI sekarang utk itu hrs bersatu utk menghancurkan atau menggagalkan strategi asimetris malaysia, singapura serta australia

    ReplyDelete
  11. Hrs kita putus mata rantai intelejen malaysia, singapura baik berupa pengusaha2nya yg ada di Indonesia dan baru kita awasi kegiatan anak2 bangsa yg sdh tergadaikan hargadirinya. Jadi utk negara Indonesia thd malaysia,singapura jangan terlalu terbuka, spt teman sendiri hal itu hrs sdh tdk ada lagi dan kita hrs selalu waspada thdnya. Barau namanya Indonesia baru........................

    ReplyDelete
  12. Indonesia masih tetap tegak tak tergoyahkan, oleh sikap yg tdk bersahabat spt malaysia (pencuri ikan,pencuri pulau),singapura (tukan tadah uang korupsi 1000 T), australia (melepaskan timor timur) bagi kami ini negara2 adalah hrs dihadapi dg strategi yg brilian dan cepat atau lambat NKRI akan mengungguli lawan2 kita (negara2 persemakmuran). Kita hrs tetap bersatu spt tahun 1945, kekuatan asing hancur. Merdeka NKRI.....................................

    ReplyDelete
  13. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.