Latest News

10 Tank Terbaik di Dunia di Tahun 2014

Selama Perang Dingin, tank tempur utama (MBT) telah berevolusi dari yang awalnya tank sederhana, ringan menjadi tank kelas berat, lebih modern dan lincah, sekaligus lebih maju dalam hal persenjataan, sistem mengatasi ancaman dan sistem perlindungan. Artileri mengurutkan 10 tank tempur utama terbaik di dunia berdasarkan persenjataan, mobilitas dan perlindungan.

Type 99 (ZTZ-99), China

Type 99 (ZTZ-99) adalah tank tempur utama generasi ketiga yang dibangun oleh China Northern Industries Group Corporation (NORINCO) untuk Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA). Tank mulai dioperasikan PLA pada tahun 2001.

Meriam smoothbore ZPT98 125mm yang dilengkapi dengan auto-loader memberikan tank ZTZ-99 daya tembak yang unggul, mampu menembakkan amunisi APFSDS (penetrator energi kinetik), HEAT (amunisi anti tank berdaya ledak tinggi) dan proyektil HE-FRAG (high-explosive fragmentation), serta rudal anti tank. Tangki ini juga dipersenjatai dengan senjata anti pesawat 12,7 mm dan senapan mesin koaksial 7,62 mm.

Tank Type 99 (ZTZ-99
Tank Type 99 dipamerkan di Museum Militer Beijing sebagai bagian dari pameran "Our troops towards the sky"
Lambung dan turret (kubah) tank ini terlindung dengan Explosive Reactor Armour (ERA). Tingkat survivabilitas juga ditingkatkan dengan penggunaan sistem countermeasures dan peluncur granat asap. Mesin diesel turbo-charged 1.500hp yang dipasang pada tank ZTZ-99 memberikannya kecepatan maksimum 80km/jam di jalan mulus.

Oplot-M (upgrade)/BM Oplot, Ukraina

Oplot-M (upgrade) atau BM Oplot adalah versi upgrade dari MBT T-84 Oplot yang diproduksi oleh Kharkiv Morozov Machine Building. MBT canggih ini dioperasikan oleh Angkatan Darat Ukraina dan Angkatan Darat Kerajaan Thailand.

Senjata utama tank Oplot-M adalah meriam KBA-3 125mm dengan auto-loader dan mampu menembakkan amunisi HE-FRAG, APFSDS, HEAT, serta rudal. Senjata sekunder terdiri dari senapan mesin koaksial KT-7.62 (PKT) 7,62mm dan senapan mesin anti pesawat KT-12,7mm.

Tank Oplot-M
Angkatan Darat Kerajaan Thailand memesan 49 tank Oplot-M pada tahun 2011. (Gambar: Aim120c5za)
Lapisan perlindungan pada Oplot-M mampu menahan tembakan proyektil HEAT dan APFSDS dan BATW-ERA (built-in anti-tandem-warhead explosive reactive armour), bertahan dari serangan APFSDS, granat dan rudal anti tank. Perlindungan lebih ditingkatkan dengan penggunaan generator asap dan sistem penanggulangan optronic Varta. Mesin diesel KMDB 6TD-2 6 silinder yang bertenaga 1.200hp memastikan Oplot-M mampu berlari dengan kecepatan 70 km/jam.

T-90MS, Rusia

T-90MS, versi modern dari tank tempur utama T-90 yang dibangun oleh pabrik Uralvagonzavod, diresmikan untuk pertama kalinya di Rusia Expo Arms pada September 2011. T-90MS telah dimodernisasi secara ekstensif guna meningkatkan kinerja tempur di skenario perang masa kini.

Senjata utama 2A46M-5 125mm pada T-90MS mampu menembakkan berbagai jenis amunisi dengan akurasi yang tinggi. Tank ini juga dipersenjatai dengan senapan mesin anti pesawat 6P7K 7,62mm pada stasiun senjatanya yang dikendalikan dengan remot kontrol.

Tank T-90MS
T-90MS, versi modern dari tank T-90, diluncurkan pada September 2011. (Gambar: Uralvagonzavod)
Panel ERA modular yang dipasang di bagian belakang dan samping tank memberikan perlindungan terhadap senjata kecil dan serpihan ledakan. Lambung depan dan turret dapat dipasang dengan lapisan baja reaktif Relikt guna memberikan perlindungan dari rudal anti tank. T-90MS juga dilengkapi dengan optoelectronic screening system dan sistem proteksi elektromagnetik. Mesin V-92S2F yang berkekuatan 1.130 hp memberikannya kecepatan maksimum 60km/jam.

Leclerc, Perancis

Leclerc adalah tank tempur utama Perancis yang dikembangkan oleh GIAT Industries (sekarang Nexter Systems) untuk Angkatan Darat Perancis dan juga digunakan oleh Angkatan Darat Uni Emirat Arab. Tank Leclerc pertama kali diserahkan kepada DGA (Lembaga Kebijakan Pengadaan Perancis) DGA pada Januari 1992 .

Leclerc merupakan tank generasi ketiga, dipersenjatai dengan meriam smooth bore standar NATO CN120-26 120mm, senapan mesin koaksial 12,7mm dan senapan mesin 7,62mm. Leclerc mampu membawa 40 butir amunisi 120mm dan lebih dari 950 putaran amunisi 12,7 mm.

Tank Leclerc
Tank Leclerc dapat tetap bertempur dengan target pada kecepatan 50 km/jam di medan apapun. (Gambar: Daniel Steger)
Armor modular canggih pada Leclerc terbuat dari baja, keramik dan Kevlar yang menawarkan perlindungan optimal bagi awak, yang masih dapat ditingkatkan lagi untuk melindungi dari IED, ranjau dan RPG. Sistem perlindungan Galix juga telah dilengkapkan untuk meningkatkan survivabilitasnya. Tank ini memiliki kecepatan maksimum 72km/jam dan bisa menyerang target pada kecepatan 50 km/jam di medan apapun.

Type 10 (TK-X), Jepang

Type 10 (TK-X) adalah tank tempur utama generasi keempat yang dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries untuk Angkatan Darat Pasukan Bela Diri Jepang (JGSDF). Tank mulai dioperasikan JGSDF pada tahun 2012 dan mobilitasnya diklaim luar biasa.

Untuk daya tembak, tank Type 10 dilengkapi dengan meriam smooth bore 120mm, senapan mesin berat 12,7 mm dan senjata Type 74 7,62mm. Sistem C4I canggihnya memastikan interoperabilitas dengan pasukan infanteri selama misi tempur terpadu.

Tank Type 10 (TK-X)
Type 10 (TK-X) adalah tank tempur canggih generasi keempat milik Angkatan Darat Pasukan Bela Diri Jepang  (JGSDF).
Lambung dipasangi dengan proteksi lapis baja komposit modular keramik yang memberikan perlindungan dari tembakan RPG, proyektil HEAT dan rudal anti tank. Paket-paket perlindungan lainnya dapat dengan mudah dilepas dan dipasang untuk mengubah tingkat perlindungan. Mesin diesel air-cooled bertenaga 1.200hp memberikannya kecepatan maksimum 70 km/jam.

Merkava Mk.4, Israel

Merkava Mark IV (MK.4) adalah versi terbaru dari tank tempur utama Merkava yang dibangun oleh Mantak. Merkava MK.4 mulai digunakan Angkatan Darat Israel pada tahun 2004 dan dianggap sebagai salah satu tank terbaik di dunia dalam hal perlindungan.

MK.4 dipersenjatai dengan meriam 120mm MG253 smoothbore yang mampu menembakkan amunisi HEAT dan sabot, serta rudal anti tank LAHAT. Senapan mesin koaksial 7,62mm  dan senapan mesin 12,7 mm,  dan peluncur granat 60mm melengkapi daya tembaknya.

Tank Merkava
Tank Merkava Mk. IV dengan TROPHY (Active Protection System) saat latihan 401 Armoured Brigade. (Gambar: Michael Shvadron, Israel Defense Forces)
Merkava Mk.4 dilengkapi dengan lapis baja khusus, sprung armour side skirts, sistem peringatan laser Elbit dan in-built smoke-screen grenades.  Sistem proteksi aktif Trophy yang dilengkapkan pada Merkava MK.4 melindungi kru dari rudal anti tank. MK.4 mampu berlari dengan kecepatan maksimum 64km/jam.

K2 Black Panther, Korea Selatan

K2 Black Panther (Korean New Main Battle Tank) adalah MBT modern yang dikembangkan oleh Hyundai Rotem untuk Angkatan Darat Republik Korea (RoKA). K2 Black Panther dikembangkan untuk menawarkan mobilitas, daya tembak dan proteksi yang  tinggi. Black Panther saat ini sedang dalam tahap produksi, dan kemungkinan baru akan segera dioperasikan pada tahun ini.

Senjata utama K2 Black Panther adalah meriam smoothbore 120mm, yang dapat menembakkan amunisi energi kinetik canggih plus autoloader untuk memudahkan pemuatan amunisi bahkan ketika di medan kasar. Senjata sekunder terdiri dari senapan mesin 7,62mm dan senapan mesin 12,7 mm.

Tank K2 Black Panther
Tank K2 Black Panther saat ini masih dalam tahap produksi untuk Angkatan Darat Korea Selatan. (Gambar: Defence Citizen Network)
Dengan kecepatan maksimum 70 km/jam dan jangkauan  450km membuat K2 sebagai tank yang sangat mobile di medan perang. Untuk perlindungan, K2 menggabungkan baja komposit dan ERA untuk melindungi dari berbagai tembakan amunisi langsung. Rak amunisi juga menggunakan blow- off panel agar terlindung dari ledakan.

Challenger 2, Inggris

Challenger 2 (CR2) adalah tank tempur utama yang digunakan Angkatan Darat Inggris dan Angkatan Darat Oman. CR2 dirancang dan diproduksi oleh British Vickers Defence Systems (sekarang BAE Systems) berdasarkan desain tank Challenger 1. Dipromosikan sebagai tank tempur utama yang paling dapat diandalkan dalam pertempuran, kemampuan Challenger 2 telah dibuktikan selama misi tempurnya di Bosnia, Kosovo dan Irak .

Challenger 2 dilengkapi dengan senjata utama meriam 120mm L30 CHARM, juga dilengkapi dengan senjata sekunder senapan 7,62mm dan pada bagian turret terpasang senapan mesin 7,62mm. CR2 dapat membawa 50 Armour Piercing, Fin Stabilised, APFSDS, high-explosive squash heads (HESH) dan Soke, serta 4.000 butir amunisi 7,62mm .

Tank Challenger 2
Tank Challenger 2 Angkatan Darat Kerajaan Inggris unjuk kemampuan di Camp Coyote, Kuwait. (Gambar:  Cpl Paul (Jabba) Jarvis RLC/MOD)
"Baju baja" Chobham generasi kedua pada Challenger 2 menawarkan tingkat perlindungan yang tinggi terhadap tembakan senjata langsung. Mesin Perkins Condor-CV12 menjamin CR2 mampu berlari dengan kecepatan maksimum 59km/jam di jalan mulus dan 40 km/jam di off-road.

Abrams M1A2, Amerika Serikat

Abrams M1A2 adalah tank tempur utama yang dikembangkan oleh General Dynamics Land Systems, utamanya digunakan Angkatan Darat AS. Tank dirancang berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari kinerja tank M1A1 dan menggabungkan teknologi baru untuk memberikan daya tembak dan mobilitas superior, membuatnya menjadi salah satu tank tempur terbaik di dunia.

Meriam smooth bore 120mm XM256 merupakan senjata utama tank Abrams M1A2, mampu menembak kendaraan lapis baja, infanteri dan pesawat yang terbang rendah dengan berbagai amunisi standar NATO. Tank ini juga dipersenjatai dengan dua senapan mesin M240 7,62mm dan senapan mesin M2 .50 cal. Mampu membawa 42 putaran amunisi 120mm, 11.400 putaran 7,62mm , 900 butir amunisi kaliber 50, 32 granat skrining dan 210 putaran amunisi 5,56mm.

Tank Abrams M1A2
Tank Abrams M1A2 saat latihan Gunnery Table VI di Clabber Creek Multiuse Range. (Gambar: Sgt. Quentin Johnson)
Tank Abrams M1A2 mengintegrasikan baja komposit eksterior dan steel-encased depleted uranium untuk membungkus lambung depan dan kubah untuk memberikan perlindungan tingkat tinggi bagi awaknya. Abrams M1A2 memiliki jangkauan 426km dan mampu berlari dengan kecepatan 67,5km/jam.

Leopard 2A7+, Jerman

Leopard 2A7+ adalah tank tempur utama generasi terbaru yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei Wegmann (KMW) pada tahun 2010. Versi Leopard baru ini masih memanfaatkan teknologi dari tank Leopard 2 sebelumnya dan telah diadopsi oleh Bundeswehr (Angkatan Darat Jerman) untuk misi perang di daerah perkotaan, serta misi militer. Leopard 2A7+ saat ini juga sedang dikerahkan di Afghanistan oleh Kanada di bawah komando NATO .

Leopard 2A7+ dipersenjatai dengan meriam smooth bore L55 120mm yang mampu menembakkan  amunisi standar NATO dan juga diprogram untuk menembakkan amunisi HE 120mm. Leopard 2A7+ juga dilengkapi dengan senapan mesin 7,62mm/12,7 mm dan peluncur granat 40mm .

Tank Leopard 2A7+
Tank tempur utama Leopard 2A7+ diluncurkan saat pameran Eurosatory 2010. (Gambar: AMB Brescia)
Modul armor pasif yang melekat pada Leopard 2A7+ memberikan perlindungan optimal bari awak dari serangan rudal anti tank, ranjau, IED dan RPG. Peluncur granat asap pada kedua sisi turret akan menyembunyikan tank dari pengamatan musuh. Tank ini juga dapat dilengkapi dengan perangkat tambahan seperti pembersih ranjau dan rintangan. Tank yang sangat mobile ini memiliki kecepatan maksimum 72km/jam dengan jangkuan maksimal 450km.


11 Responses to "10 Tank Terbaik di Dunia di Tahun 2014"

  1. Mohon maaf kpd tim artileri, bgm perbndngan antara tank T90MS dng tank armamata yg jg sama2 buatan rusia ?saya berharap indonesia memiliki tank dng kemampuan sbg MBT spt Leopard 2A7+ dr jerman, T90MS dan armamata dr rusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hingga Armata diluncurkan, belum relevan rasanya membahas perbandingannya dengan T-90MS. Bentuk final Armata sendiri masih belum jelas, gambar prototipe Armata yang terakhir dipost disini juga belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. Gambar Armata disitu berbeda dengan gambar awal kemunculan Armata, yang sebelumnya menunjukkan turretnya mirip T-90MS. Hanya saja dikatakan tidak akan ada personel pada turret Armata.

      Yang jelas, dikatakan Armata akan benar-benar berbeda dari tank sebelumnya, mulai dari mesin, turret, senjata, optik, elektronik dan sistem perlindungan dll. Bukan pula merupakan upgrade dari tank yang sudah ada (Seperti T-90MS yang tak jauh berbeda dengan T-90S) yang hanya ditujukan untuk menarik minat pembeli.

      Meskipun sebelumnya pengembang ada juga menginformasikan MBT Armata akan dilengkapi dengan radar Sukhoi (tentu akan jauh lebih baik), tapi ini juga belum final. Semua bisa terjadi/berubah selama pengembangan. Lihat saja T-95 (Armata juga mengambil desain dari tank ini) yang diharapkan kemunculannya pun hanya dibuat sebatas prototipe, lalu proyek dihentikan.

      Overall, kita tunggu saja he...
      Terimakasih buat sobat Raka dan sobat lainnya yang sudah berkunjung.

      Delete
  2. Beritanya bagus up 2 date trs. Buat nambah pengetahuan tntang militer.

    ReplyDelete
  3. Koq MBT-3000 gak ada,mas Efran? Kan itu d atas type 99?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, maunya masukin yang ini. Info speknya juga sudah banyak bertebaran. Tapi belom ketemu info kalo tank ini sudah masuk lini produksi, jadi masih pengembangan dan spek mungkin masih bisa berubah.

      Delete
  4. Ane sarani beli T 90 , selain murah dan bisa diproduksi byk

    ReplyDelete
  5. k.2black panther korsel kan masi dalam produksi kok bisa masuk dalam list terbaik liat nya dari mananya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahap R&D sudah kelar. Bentuk, spesifikasi, dan persenjataan sudah jelas, tidak ada lagi pengembangan.
      Hanya saja sedang diproduksi hingga jumlah tertentu agar siap diserahkan ke AD Korsel.

      Delete
  6. itu angka urutan no 1 ke 10 makin canggih atau makin jelek urutannya??

    ReplyDelete
  7. ngacak mas,masa leo paking belakang, atau sebalikny masa ztz 99 paling belakang, dari spek mesin dan top speed saja paling gahar, belum elektroniknya, maklum tank baru belum lama rilis.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.