Search
» » Inilah Kapal Selam Serang Nuklir Baru Rusia

Kapal selam Severodvinsk

Severodvinsk, kapal selam serang nuklir kebanggaan Angkatan Laut Rusia adalah kapal selam pertama dari kelas Yasen yang dibuat setelah era Uni Soviet. Kapal selam ini mulai dioperasikan Angkatan Laut Rusia pada Desember 2013 lalu.

Severodvinsk akan menggantikan kapal selam lama Angkatan Laut Rusia dari kelas Akula dan Alfa. Tapi tidak seperti kelas Yasen sebelumnya, Severodvinsk dilengkapi dengan rudal jelajah baru dan memiliki kemampuan senjata nuklir taktis dan strategis.

Kapal selam Severodvinsk
(Kredit: Sevmash.ru)
Dari laman Barents Observer yang melaporkan soal keberhasilan Severodvinsk menguji tembak rudal jelajah Caliber berkemampuan nuklir pada tahun 2012, mengatakan: "Rudal supersonik baru telah mengenai target. Rudal Caliber memiliki jangkauan lebih dari 2.500 kilometer. Dengan kisaran tersebut, rudal Caliber dapat dikategorikan sebagai senjata strategis apabila dilengkapi dengan hulu ledak nuklir."

Sedangkan rudal jelajah lain yang dimiliki kapal selama ini diyakini memiliki jangkauan yang lebih jauh, kemungkinan sekitar 5.000 kilometer, menurut sebuah infographic yang diterbitkan oleh RIA Novosti.

Infographic kapal selam Severodvinsk
(Klik gambar untuk memperbesar)
K-239 Severodvinsk sebenarnya sudah mulai dibangun pada tahun 1993. Namun terjadi penundaan akibat kekurangan dana karena jatuhnya Uni Soviet. Kapal seharusnya sudah dioperasikan pada tahun 1998 namun kenyataannya baru selesai pada 15 Juni 2010. Setelah tiga tahun fase uji coba, akhirnya kapal ini benar-benar dioperasikan Angkatan Laut Rusia mulai Desember 2013. Bahkan Severodvinsk saat ini mungkin sudah berlayar di laut Mediterania (latihan bersama dengan China). Sampai tahun 2015, Angkatan Laut Rusia berencana untuk memiliki dua kapal selam kelas Yasen.

Share !
«
Newer Post
»
Older Post

17 comments:

  1. Salut atas kemampuan Militer RUSIA,saya harap rusia mau TOT dgn RI masalah ks kilo aja.
    Jgn terlalu muluk2.
    Kedpn perang akan dilakukan melalui rudal balistik dan juga pengubah cuaca spt topan kiriman as ke Asia tenggara.
    Itu menurut berita yg ada.

    ReplyDelete
  2. waha keren banget tu..
    kunjung balik http://infoduniain.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. yups.salut buat rusia...........

    ReplyDelete
  4. Kapan ya Indonesia bisa buat sendiri????

    kunjungi http://www.javasoulmate.wordpress.com

    ReplyDelete
  5. russia china indonesia maju lawan amerika!

    ReplyDelete
  6. salut, smg sukses trus bwt rusia...

    ReplyDelete
  7. Ingat kalau kita ngikuti rusia dan cina waspadai dampaknya terutama kebebasan pers dan kebebasan warga negara kita akan semakin sulit, negara2 ini punya pimpinan yg otoriter sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngikutin apanya dulu nih? politik, militer, ideologi, atau apa? dan Vladimir Putin itu adalah salah satu Mantan Presiden di dunia yg berjiwa nasionalisme dan patriotisme tinggi yg tidak bisa didikte dan diinjak2 atas nama bangsa dan negara, Beliau orang berpendidikan dan bekas mantan KGB uni sovyet (yg skrg menjadi FSB) dinas rahasia rusia. seharusnya seperti inilah manusia yg kita cari untuk menjadi presiden : pintar,berwibawa,tegas,nasionalis,patriotik. seharusnya kita salut bukan memandang seolah2 otoriter. beliau dicintai rakyatnya hingga 3x terpilih menjadi Presiden. so the question is who will be the next President of Indonesia..and what kind of type He is..?
      note: ingat sabang - merauke itu luassss :)

      Delete
    2. sayang bung anda dapat jokowi yang gak ngerti soal pertahanan.. kita butuh apa dia jawab pake drone.. hadew... susah punya pemimpin taunya soal bisnis ama internal state oriented doang.. rakyatnya dibikin berwawasan sempit urusan perut yang utama.. ideologi, nasionalisme mah belakangan yang penting "PERUT KENYANG NEGARA AMAN"

      Delete
  8. gw suka banget sma kapal selam ini. nama rudal kaliber nya apa tuh min yang jarak jauh?

    ReplyDelete
  9. yang sampai 5000 km itu rudal nya apa min? 3m54 cuma sampai 300 km (baca wikipedia)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu, media Rusia jg gak nyebutin soal ini. Yang tampak pasti dipakenya itu GRANAT, tapi jangkauannya juga gak nyampe 5000 km.

      Delete
  10. rudal 5000 km ini namanya r-500(iskander-k) iskander-k bukan rudal balistik tapi iskander-k ini rudal jelajah dengan kecepatan supersonic sedangkan tomahawk kecepatan subsonic. rudal jelajah ini baru dibuat sama rusia tahun 2011 khusus untuk kapal selam kelas yasen. dan rudal jelajah ini lebih hebat dari rudal andalan tomahawk AS.

    ReplyDelete