Latest News

India Tampilkan Tank Arjun MK.II Saat Hari Kemerdekaan

Tank Arjun MK.II

Tank tempur utama (MBT) Arjun MK.II, untuk pertama kalinya diresmikan di hadapan publik saat parade militer di Hari Kemerdekaan India (Republic Day), 26 Januari 2014. Ditampilkannya tank Arjun versi baru ini adalah untuk menunjukkan kemampuan Defence Research and Development Organisation (DRDO) India dalam mendesain dan mengembangkan teknologi pertahanan, untuk selanjutnya memproduksi sistem senjata canggih untuk Angkatan Darat India.

Setidaknya telah dilakukan 70 perbaikan pada tank Arjun MK.I atau Mark II dari tank Arjun versi sebelumnya yaitu MK.I, yang dikembangkan DRDO dalam cacatan waktu kurang dari tiga tahun.

Tank Arjun versi baru diklaim jauh lebih unggul dari tank Arjun versi sebelumnya. Keunggulan diantaranya adalah peningkatan jangkauan rudal, panoramic sights dengan night vision, peningkatan daya penetrasi senjata, kontrol digital, kemampuan hunter-killer yang lebih baik, peningkatan auxiliary power unit (APU), peralatan komunikasi dan navigasi yang lebih modern. Tank juga akan dilengkapi dengan pelindung depan explosive reactive armour (ERA) untuk melindungi dari rudal yang masuk.

Pada bulan Agustus 2013, tank Arjun MK.II ini menjalani pengujian akhir di lapangan tembak Pokhran. Uji coba dilakukan untuk parameter yang berbeda yaitu menguji kemampuan menembakkan rudal dan pengujian untuk aspek otomotifnya, yaitu kemampuan geraknya terutama dengan beban tambahan. Selain itu juga dilakukan uji coba untuk suspensinya yang dirancang untuk menahan beban hingga 70 ton.

Sebuah modifikasi besar dari tank Arjun MK.II adalah kemampuannya dalam menembakkan rudal. Adalah rudal LAHAT yang dirancang untuk menghancurkan tank, kendaraan lapis baja dan benteng dengan jangkauan yang jauh.


1 Response to "India Tampilkan Tank Arjun MK.II Saat Hari Kemerdekaan"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.