Latest News

Kemhan Luncurkan Roket R-han 1220 mm

Uji coba roket Kemhan

Selama empat hari mulai tanggal 16 hingga 19 Desember 2013, tim Direktorat Teknologi dan Industri Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Alat Peralatan Pertahanan Balitbang Kemhan berhasil melakukan uji coba peluncuran enam unit roket yaitu dua unit RX-1210 mm dan empat unit R-han 1220 mm, di Tanjung Sangkowo Kecamatan Morotai Timur Maluku Utara, Rabu, 18 Desember 2013.

Peluncuran roket tipe ini merupakan peluncuran pertama roket tipe RX-1210 mm dan R-Han 1220 mm yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan Balitbang Kemhan. Roket ini memiliki fungsi sebagai roket Artileri Medan (Armed) dan diproyeksikan untuk dipergunakan oleh satuan-satuan Artileri Medan TNI AL dan TNI AD. 

Keenam roket tersebut merupakan pengembangan lanjutan dari roket R-Han 122 mm yang diujicobakan di Pusat Latihan Tempur TNI AD, Baturaja, Sumatera Selatan. Roket RX-1210 mm memiliki jangkauan 14 km dan R-han 1220 mm memiliki jangkauan 23 km. Selain itu juga diluncurkan dua Roket RX 2020 Kemenristek dengan jangkauan  33 Km.

Pada tahun 2014 Balitbang Kemhan menargetkan akan meluncurkan roket dengan jarak tembak yang lebih jauh dan akurasi tinggi. Program ini merupakan salah satu program Kemhan dalam rangka mewujudkan kemandirian industri pertahanan. 

Uji coba ini merupakan hasil kerjasama tim konsorsium roket nasional dari beberapa lembaga terkait yaitu Kemhan, LAPAN RI, PT.DI, Kemristek, PT. PINDAD dan PT. Krakatau Steel.

Berdasarkan UU No. 16/2012 tentang Industri Pertahanan pasal 28 disebutkan bahwa peningkatan kemampuan dan penguasaan teknologi industri pertahanan dilakukan melalui penelitian dan pengembangan serta perekayasaan dalam suatu sistem nasional. Selain itu pelaksana penelitian dan pengembangan serta perekayasaan sebagaimana dimaksud terdiri atas lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, institusi penelitian dan pengembangan, baik lembaga pemerintah maupun swasta nasional di bidang pertahanan dan keamanan, pengguna dalam hal ini TNI, serta industri alat utama.

DMC


11 Responses to "Kemhan Luncurkan Roket R-han 1220 mm"

  1. perasaan pernah denger kisah ToT rudal China, knp kita masih harus mulai dari awal ngembangin rudal, apa g lebih baik kirim ahli2 kita ksana, trus pulang2 bisa buat yg sejajar kelasnya. itung2 ngejar ktertinggalan...

    ReplyDelete
  2. Pendek amat jangkauannya

    ReplyDelete
  3. Jangkauan pendek amat

    ReplyDelete
  4. Koreksi Gann, tu 1220mm kalo di konversikan sama 1,22 meter, ini menyangkut panjang atw diameter??
    Setahu saya, pengujian ini masih berkutat pada roket dgn diameter 122mm dgn beberapa variannya, sdg untuk Rx 320, RX 420 & RX 550 sampai sejauh ini belum ada progres lagi.

    ReplyDelete
  5. semangat..........,jngan menyerah biar jangkauan nya masi terbatas asal terus dikembangkan ntar juga bisa bikin icbm............

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau indo sudah bikin icbm. amrik,rusia,dll sudah kaga pakai missile lagi kaleeeee

      Delete
  6. Stagnan,, maksudnya mau bikin rudal atau pengorbit satelit ini ya? padahal proyek ini adalah proyek rame2 atau konsorsium.. yang ngerjain BUMN top semua. kurang berani berinovasi dan berimajinasi. kalu di lihat gambarnya,, 1220 mm , itu panjangnya. gak mungkin diameternya. kalu merujuk dari panjang'nya yang sekian ,, jangkuan 30 Km,, lumayan lah.. tinggal mach berapa max meluncurnya.. kalau mau biki untuk pengorbit satelit, tinggal di gedein diameter, solid fuel sama Avionic'nya.. tapi mampukan mengorbitkan satelit di GEO Line pada ketinggian 35895 Km dpt. tunggu saja aksi LAPAN Cs selanjutnya. :)

    ReplyDelete
  7. Sudah saatnya Pemerintah memberikan anggaran khusus R&D yg memadai kepada LIPI dan lembaga riset nasional lainnya, yg masih sering dikesampingkan dan belum dianggap penting ....khususnya bidang Alutsista!

    ReplyDelete
  8. Waw mantap jauh amat bro.

    ReplyDelete
  9. manusia aja klo belajar berjalan gak mungkin bisa langsung jauh kan ,..nah klo sdh mahir mau seberapa jauh gak masalah lg,. jd support aja

    ReplyDelete
  10. Alon2 asal kelakon, sdh sejauh 30 Km dpt membantu gerakan infanteri dan kalau digunakan dg pesawat sdh dpt membongkar pertahanan lawan. Kedepan diperpanjang lagi jangkauannya, kecepatannya dan daya ledaknya. Bravo TNI.............

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.