Latest News

Angkatan Laut Australia Terima 2 Helikopter MH-60R Anti Kapal Selam

MH-60R

Angkatan Laut Australia (RAN) secara resmi menerima dua helikopter maritim anti kapal selam Sikorsky MH-60R "Knighthawk" buatan Lockheed Martin pada Selasa, 10 Desember 2013.

Serah terima berlangsung di fasilitas Lockheed Martin di Owego di New York, Amerika Serikat. Hal ini menandai dimulainya proses pengiriman seluruh helikopter yang berjumlah 24 unit yang dijadwalkan selesai diserahkan pada akhir tahun 2016.

Sikorsky MH-60R diperoleh Australia berdasarkan Project AIR 9000 Phase 8 yaitu untuk mengganti 16 helikopter Sikorsky S-70B-2 Seahawk anti kapal selam dan anti permukaan. Sikorsky MH-60R akan dioperasikan dari kapal frigat kelas Anzac dan kapal perusak kelas Hobart milik Angkatan Laut Australia. Heli-heli ini selanjutnya akan berpangkalan di Stasiun Udara Angkatan Laut HMAS Albatross di Nowra, New South Wales, Australia.

Sikorsky MH-60R berdimensi panjang 19,75 m, tinggi 5,2 m dengan berat kosong 6.895 kg dan berat penuh 8.055 kg. Helikopter ini diawaki oleh 3 hingga 4 kru dengan kapasitas 5 penumpang di kabin. Kecepatan penuhnya 270 km/jam dengan daya daki (tingkat panjat) 8,38 m/detik. Soal senjata, helikopter ini dilengkapi dengan (hingga) tiga torpedo Mark 46 atau Mk-54, rudal Hellfire 4, dan senapan mesin M60.

Harga satu unit helikopter MH-60R adalah sekitar AS$ 42,9 juta (sekitar 514 miliar rupiah saat ini) pada tahun 2012. Tercatat negara di kawasan Asia Tenggara yang sudah menggunakannya adalah Singapura (6 unit SH-60B dan sudah ada kontrak penambahan lagi pada awal 2013) dan Thailand (6 unit MH-60S).

[Foto: Lockheed Martin] 

Sikorsky diambil dari nama seorang imigran Amerika kelahiran Kiev Rusia yaitu "Igor Sikorsky" yang merupakan seorang insinyur pesawat terbang (heli juga termasuk pesawat) yang memulai pengembangan helikopter "Sikorsky" pertamanya di Amerika Serikat pada 1942.


10 Responses to "Angkatan Laut Australia Terima 2 Helikopter MH-60R Anti Kapal Selam"

  1. Om Admin..
    Angkatan Laut Australia atau Rusia nich..

    ReplyDelete
  2. Angkatan Laut Rusia (RAN) secara resmi menerima dua helikopter maritim anti kapal selam Sikorsky MH-60R "Knighthawk" buatan Lockheed Martin pada Selasa, 10 Desember 2013.
    Rusia apa Aussie sih bang ?

    ReplyDelete
  3. maaf gan kyk nya 3 kata pertama di paragraf 1 salah tulis deh. thanks

    ReplyDelete
  4. Gmn sih?
    UH-60 ntu kpunyaan "Sikorsy", kok malah yg mbuat "Lockheed Martin"
    juga, ntu yg nrima australia ato rusia????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maaf salah.

      Lockheed-Sikorsky kerjasama.
      Sistem, sensor dan beberapa equipment lainnya dari Lockheed

      Delete
  5. ni copy paste gan, kok membingungkan articlenya, Angkatan Laut australia ato rusia gan ?

    ReplyDelete
  6. RAN itu AL Rusia, ya? Tolong cek lagi.

    ReplyDelete
  7. Maaf Bray salah ketik. Sudah beberapa kali kata Australia di blog ini terketik jadi Rusia. Untung diingetin lagi....

    (Info: kesalahan ketik di kata Australia di paragraf pertama)

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.