Latest News

Vietnam Pilih Rudal Exocet dan VL Mica MBDA untuk Kapal Sigma

Angkatan Laut Vietnam memilih sistem rudal anti-kapal Exocet MM40 Block III dan sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) VL MICA dari MBDA untuk dua kapal korvet Sigma 9814 yang dibangun oleh galangan kapal Damen, Belanda, dilansir mingguan bisnis La Tribune Perancis. Kedua sistem itu dianggap sebagai sistem rudal maritim yang paling mutakhir saat ini.

Rudal Exocet MM40 Block III
Rudal Exocet MM40 Block III (Kredit foto: Michel Hans/MBDA)
Sistem rudal Exocet MM40 Block III saat ini digunakan oleh Angkatan Laut Perancis pada frigat kelas Horizon dan tak lama lagi juga akan melengkapi kapal fregat FREMM Perancis-Italia. Sistem rudal ini juga telah dipesan oleh beberapa negara termasuk Indonesia.

Pada bulan April 2007, MM40 Block III berhasil melewati uji penembakan akhirnya. Produksi MM40 Block III dimulai pada bulan April 2008 dan pengiriman ke pengguna berlangsung sejak April 2009.

Exocet MM40 Block III merupakan versi terbaru dari MM40 yang memiliki peningkatan jangkauan tembak lebih dari 180 kilometer dengan dukungan mesin turbojet, dan empat intake udara untuk memberikan aliran udara secara terus menerus bagi mesin selama manuver high-G.

Rudal Exocet MM40 Block III menggunakan sistem bimbingan GPS, yang memungkinkannya untuk menyerang target di laut dan di darat dari sudut yang berbeda, menjadikan MM40 Block III memiliki peran marjinal sebagai rudal serangan darat. Exocet MM40 Block III lebih ringan dari pendahulunya Exocet MM40 Block II.

Sistem Mica VL telah dikembangkan untuk pertahanan diri dan area lokal untuk melawan kemungkinan serangan rudal anti-kapal. Canister (tabung) dapat dipasang dalam stuktur silo, sebagian atau sepenuhnya dibenamkan di dek kapal. Atau, canister dapat dipasang di samping hanggar kapal atau di vertical bulkhead yang pas. Mica VL bisa dipasang pada kapal baru juga kapal retrofit, mulai dari kapal patroli cepat hingga kapal besar, karena pekerjaannya relatif mudah.

Rudal VL Mica
Rudal VL Mica (Kredit foto: Michel Hans/MBDA)
Canister berfungsi juga berfungsi sebagai unit penyimpanan dan transportasi selain fungsinya sebagai peluncur vertikal. Target dikelola dari Sistem Manajemen Tempur (CMS) dengan data target dari radar 3-D. Sisem integrasi difasilitasi melalui unit electronic interface yang dipasang di bawah dek. Setiap unit interface menghubungkan 12 rudal VL MICA ke CMS. Sistem ini memiliki kemampuan 360 derajat untuk terlibat dengan sasaran.

Pada bulan Oktober 2011 galangan kapal Damen di Vlissingen, Belanda mengungkapkan membangun empat korvet Sigma untuk Angkatan Laut Vietnam. Dua kapal akan dibangun di Vlissingen dan dua kapal berikutnya akan dibangun di Vietnam di bawah pengawasan Belanda.

MBDA sendiri adalah pengembang dan produsen rudal Eropa yang merupakan gabungan dari 3 perusahaan pertahanan besar yaitu AĆ©rospatiale-Matra Missiles Perancis (bagian dari EADS), Alenia Marconi Systems Italia (bagian dari Finmeccanica) dan Matra  BAe Dynamics Inggris (bagian BAE Systems) pada tahun 2001. MBDA saat ini berkantor pusat di Perancis dan juga beroperasi di Italia, Inggris, Jerman, Spanyol dan Amerika Serikat.


3 Responses to "Vietnam Pilih Rudal Exocet dan VL Mica MBDA untuk Kapal Sigma"

  1. mantap nie klo di pasang di KRI-KRI yg ada di indonesia..................

    ReplyDelete
  2. Lha vietname bisa alih teknologi 2 dibangun di belanda 2 dibangun di vietnam, berarti bego pemerintah indonesia

    ReplyDelete
  3. bagaimana dg sigma indonesia..
    Apakah memakai bofors,dan rbs 6000 saja,..??

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.