Latest News

2016 : Rusia Produksi Tank Baru

Prototipe tank Armata

Pengembangan Main Battle Tank (MBT) atau Tank Tempur Utama generasi terbaru Rusia akan rampung pada tahun 2015, dan produksi massal dijadwalkan pada 2016, pengembang tank mengatakan kepada RIA Novosti, Rabu, 20 November 2013.

Petinggi-petinggi militer Rusia sudah menyaksikan kemampuan prototipe tank baru yang dijuluki dengan Armata ini, dan diharapkan tank Armata akan menjadi MBT inti Angkatan Darat Rusia.

"Kami sedang bergerak ke tahap selanjutnya dari proyek penelitian dan pengembangan, yang akan selesai pada 2015," kata Vyacheslav Khalitov, Wakil Direktur Umum Uralvagonzavod di Ural, Rusia. Uralvagonzavod sendiri adalah perusahaan negara Rusia yang merupakan pembuat MBT terbesar di dunia.

"Awal produksi sejalan dengan kapasitas perencanaan yang diharapkan pada 2016," kata Khalitov.

Khalitov mengatakan bahwa tiga prototipe Armata saat ini tengah diuji, dan produksi tank bahkan akan dimulai sebelum mengakiri pekerjaan penelitian dan pengembangan.

Menurut pejabat di Departemen Pertahanan Rusia, Armata sebenarnya bukan dikhususkan sebagai nama MBT baru Rusia tersebut. Armata sebenarnya merupakan nama platform tempur universal modular yang digunakan sebagai acuan untuk berbagai kendaraan tempur, seperti fire support, pembersih ranjau, heavy flame throwing dan jembatan (bridge laying vehicles).

Meskipun tank baru ini masih rahasia, namun pihak pabrik (Uralvagonzavod) mengatakan bahwa desainnya juga merupakan penggabungan dari proyek-proyek (terhenti) lain seperti Object 195 (Tank T-95) tahun 1995 dan Object 640 (Tank Black Eagle) tahun 1980-an.

Tank Armata ini juga dikatakan berfitur remotely controlled gun dan fully automated loading, serta kompartemen kru terpisah yang terbuat dari bahan komposit dan terlindung oleh baju besi yang berlapis-lapis.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Angkatan Darat Rusia akan mendapatkan 2.300 tank Armata pada tahun 2020.

Tidak jelas apakah foto diatas memang prototipe tank Armata atau bukan. Cukup berbeda dengan mock up atau desain Armata yang sebelumnya Artileri kabarkan. Atau mungkin memang belum sempurna mengingat ini masih prototipe.
[Foto : radikal.ru/radikal.cc]


1 Response to "2016 : Rusia Produksi Tank Baru"

  1. ini dia ARMATA-MBT generasi mutakhir paman ruskie- dg adanya armata nih" otomatis pamor tank MBT PT91 POLAND pupus sudah-kok cepet gonta ganti baru yah MBT di rusia itu- yg T80- T90- aja masih baru- udah ada lagi ARMATA- klo gw sih* knapa yah- masih aza tetep nakzir ama zi lighttank AMX13 punya AD- apa lg klo teruz di retropit- Meski tua tapi tampang kece AMX13 itu susah dilupain nxa- ap lagi diretropit- tak lekang by zqman- ha ha

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.