Latest News

Malaysia Bangun 6 Kapal Perang Kelas Gowind

Gowind

Boustead Heavy Industries Corporation BHD (BHIC) mengumumkan bahwa pada awal Oktober lalu perusahaan asosiasinya Boustead Naval Shipyard, Malaysia, telah menerima konfirmasi dari Kementerian Pertahanan Malaysia untuk kontrak 10 tahun senilai RM 9 miliar (sekitar Rp 31,8 triliun) untuk membangun enam Kapal Patroli Generasi Kedua (Second Generation Patrol Vessel /SGPV) sebagai bagian dari program Kapal Perang Litoral (Littoral Combat Ship/LCS) Malaysia.

"Perusahaan ingin memberitahukan bahwa pada 1 Oktober 2013, Boustead Naval Shipyard Sdn Ghd (BN Shipyard) telah menerima pembaruan letter of acceptance (LOA) yang bertanggal 27 September 2013 dari Kementerian Pertahanan Malaysia untuk kontrak merancang, membangun, melengkapi, menguji dan mengirimkan enam unit kapal patroli generasi kedua dengan kemampuan kombatan untuk Tentera Laut Diraja Malaysia," kata BIHC dikutip Bursa Malaysia.

Dengan LOA tersebut, Departemen Pertahanan Malaysia mengonfirmasi bahwa nilai kontrak adalah RM 9 miliar untuk kontrak selama 10 tahun, terhitung sejak 29 Desember 2011 hingga 28 Desember 2021. Selain itu, Kementerian Pertahanan juga mengonfirmasi bahwa akan membayar uang muka lebih dari RM 700 juta untuk BN Shipyard.

Kapal patroli (atau kapal peronda-Malaysia) masa depan Tentera Laut Diraja Malaysia ini akan dirancang berdasarkan kapal kelas Gowind dari galangan kapal Perancis DCNS, yang akan dilengkapi dengan sistem berikut:
     - BAE Systems Bofors 57mm stealth main gun
     - SETIS combat management system
     - Rheinmetall Fire Control Systems (TMX/EO Mk2 and TMEO Mk2)
     - MTU engines.

Menurut rumor di BN Shipyard, panjang LCS Malaysia ini adalah 111 meter dengan bobot perpindahan sekitar 3.000 ton dan akan dilengkapi dengan:
     - Thales Smart-S Mk2 radar
     - Thales Captas 2 towed array sonar
     - MSI-Defence 30mm guns
     - MBDA Mica VL for air defense in VLS cells
     - MBDA MM40 Exocet BlkIII anti-ship missiles


44 Responses to "Malaysia Bangun 6 Kapal Perang Kelas Gowind"

  1. Maju terus malaysia...

    ReplyDelete
  2. itu seh perasaan Fregat bukan kapal patroli lagi

    ReplyDelete
  3. wow keren, malaysia bisa buat kapal perang kelas 110 meter

    ReplyDelete
  4. Indonesia harus beli lagi 4 kapal perang korvet sigma 105/14 utk imbangi kekuatan malaysia

    ReplyDelete
  5. mau ngomong apa kita sekarang,....masih cita-cita mau jadi macan ASIA''' MACAN OMPONG KALIII''''

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma segitu bangga??, malingsial masih beli senjata buatan indonesia

      Delete
  6. wahh...indonesia jangan sampai kalah dengan malaysia dong, harus ada penambahan kapal perang yang lebih canggih dari kepunyaan malaysia.

    tapi darimana dapat duitnya yaa..wong di korupsi semua..wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. waduh malon ga mau ketinggallan.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaga mulut ko..INDON

      Delete
  8. lawan dengan kemampuan membangun sendiri PKR sigma 10514...sebanyak 10 Unit

    ReplyDelete
  9. Belum teruji Gowind mrnghadapi gempuran KH-35.

    ReplyDelete
  10. sapi untuk ibadah qurban aja di koropsi.apa lagi yng giniaan..duwit ny lagi an banyak.

    ReplyDelete
  11. Heeehehehhheeeee gtu aja bangga heheeheee (geleng kepala),..paling ujung''nya minta bantuan sama inggris,

    ReplyDelete
  12. kapal ecek ecek

    ReplyDelete
  13. Malon..... La fayette sudah menunggu buat tni al dan sudah dirakit, lu mau lawan pake apa?

    Lu cari info tentang kapal perang la fayette kapal itu sangat mematikan keunggulanya diatas frigat 10514 dengan muatan rudal yng bisa di upgrate apapun. Dijamin kapal perang malon bakal tenggelam! Tinggal tunggu tanggal mainnya aja.....
    Siap2 lu malon

    ReplyDelete
    Replies
    1. la-fayette itu dari galangan mana om..? itu kapal teknologi 90an,sedangkan gowin itu teknologi 2010 atau 20 tahun kedepan,kerna masing2 dari galangan yang sama di francis.

      Delete
  14. mau buat ngroyok lioning ya lon...kah..kah...kah...

    ReplyDelete
  15. bukti bahwa malaysia tidak perlu banyak berkoar koar seperti kita tapi mereka terus bekerja dan bekerja..kalau kita terus brkoar koar ga tau benar atau nggak koarannya,seperti para komentator ini..segala mo beli su 35bm,s300/s400,ks kilo,trus yg br san la fayette..jangankan orang malaysia,orang kita sendiri geli ngebacanya..
    Lg an kapan pemerintah buat statement mo bli yg bgituan pandai2 lu pada asal nyablak aja,beli yang bekas aja ngutang piye toh..udah kita ga perlu lg berkoar koar,mereka dan dunia tahu koq kemampuan kita,apa mesti mereka yang telanjangi kita..malaysia dan singapore memberikan teladan yg baik bahwa kekuatan sebuah negara bukan berasal dari mulut anda,tapi dari otak anda dan tangan anda..saya mencintai indonesia tapi saya kagum terhadap negri jiran.salam persahabatan dari indonesia untuk negri jiran!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya maklum lah, tingkat pendidikan masyarakat Malaysia dan Singapura memang lebih maju. Makanya mereka lebih giat bekerja, bayar pajak, sehingga negara makmur. Negara makmur bisa beli atau bikin sendiri senjata yg mereka mau. Itulah yg membedakan.

      Delete
    2. Yang koar malon pa indonesia...mataluh picek...liat tuh pkr dan ssv udah jadi...mana gowind taik...cuman bual doang

      Delete
  16. Para anoimous2 pro malon-kesan nya*sprti yg jarang membaca peta perkembangan di blogmiliter-terbukti: baru lihat kapal gowind saje kayak yg aneh gitu-banyak cakap berbual pula* -padahal bagi anonimous2 yg sudah terbiasa baca di blog militer' macam kapal gowind ini -apa anehh nya sihh- tidak lah lwar biasa- kita anonimous2 RI sudah beberapa tahun lampau sudah terbiasa lihat kapalTNIAL produksi dlm negri-KCR40-CATAMARAN-KCR60 stealhty produk PT PAL- PKR DESTROYER SCHELDE- dll yang selain lebih canggih dari gowind- juga sbagian sudah beroperasional-tdk sprti gowind masih berbentuk kertaass- CAMKANLAHH BAEK2.

    ReplyDelete
  17. saya nambah dikit:sekedar info untuk ano12.26- dasar nya para anonymus2 indon juga selamat untuk malon dg *rencana* gowind nya- tapi sebaliknya justru kita ano2 INDON yang bertahun2 lampau SUDAH TERBIASA MELIHAT TNIAL- AU- AD+ sipil nya MEMAKAI ALAT PRODUKSI DALAM NEGRI - malahan ano2 indonesia tidak lah banyak BUAL2-HUJAT2-tidak seperti ano12.26malaysia-baru masih rencana gowind saja- sudah banyak gaya+ menghina- apa lagi klo sudah jadi- bener2 NORAKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih,, tong kosong nyaring bunyinya,,,,

      Delete
  18. Gak usahlah main hujat2. Kalo kita mau banyak alutsista, berapa sih jumlah rakyat indonesia. Sekitar 400rb juta jiwa, nah kita nyumbang dalam sebulan saja 20.000 rupiah. Berapa tuh harga alutsista kita bisa beli kan. Malah bisa banyak kita beli dalam sebulan. Lalu kita perang dech.

    Biar itu malaysia dengan dengan para sekutunya inggris pun kita lumat.

    ReplyDelete
  19. malon2, sok gaya loo...
    inget juga sbenernya indonesia udh pnya KS kilo class tp indonesia gk koar2 tuh kyak malon...!!!
    punya scorpen bekas n gk bisa nyelem aja songong...
    gue ganyang mampus loo maloon...!!!

    ReplyDelete
  20. Indonesia jeles...makanya usaha rajin berkerja seperti pemerintah malaysia....indonesia itu banyak korupsi..huhuhu

    ReplyDelete
  21. Para2 tong kosong.. Yang pada bisa omong doank.. Tidak pernah melihat ke dirinya gmn. G mutu.. Bisanya. Nyalahin peMerintah.. Coba2 ente2 jadi menteri n parA2 pemerintah.. Kayak ente2 ini yang juga bakalan korupsi.... Orang belum jadi apa2 sudah omdo... Kampungan.... Otak tapi g di pake. Malu..malu.. matematika aja dapet 5... Shut ur mouth.

    ReplyDelete
  22. saya mahu kata, malaysia itu kalau kata pasti dibuat...enggak seperti indonesia, baru rancang suda bising satu dunia....lepas itu tidak jadi laksana.....Memang dri segi kekuatan militer Indonesia lebih kuat kerana mereka lebih ramai...tetpi Indonesia hanya hebat dri segi Tentera Darat sahaja, seperti saya kata....kerena Indonesia lebih ramai...tetpi dri segi tentera Laut dan Udara...dunia suda tahu alatan Malaysia lebih canggih bandingan Indonesia malah tentera mereka menjadi rebutan Britain dan UK....buktinya, dalam perebutan Pulau Ligitan dan Sipadan, indonesia dgn mudah memebri pulau itu kepada Malaysia....pulau Ambalat pula, saya panasaran...kenapa Indonesia tidak melancarkan serangan sedangkan kita tahu bahawa memang pulau itu milik kita....tetapi malah bersetuju berkongsi pulau itu dengan malaysia, dan apa yg saya tahu....Indonesia tidak pernah merasa setitik pon minyak di Ambalat kerana kapal tentera Laut Malaysia sentiasa mengawal perairan itu...sedangkan kita tahu kekuatan militer Indonesia lebih besar....dan bila saya cari dan lihat, baru saya tahu jawapannya...Indonesia meskipun banyak...tetapi takut sama Malaysia...buktinya, mereka gagal melawan serangan di Aceh, Papua dan Timur Leste....Ngaku aja Indonesia.....kita hanya berkata begitu merana kita Iri sama tetangga...itulah sifat warga Indonesia...tetapi orang Malaysia tidak pernah dengki sama Singapore tetangganya....Dalam satu pepernagan saya lupa dimana, tetapi ketika itu tentera Indonesia bisa lari dan meninggalkan kawasan perang, sedangkan tentera Malaysia membantu membebaskan tenteta Amerika dari kawasan combat...dan mereka salah satu negara yg mengiringi kapal dagang tempatan dan asing dri lalu kawasan perairan yg merbahaya itu....walaupun orang Indonesia selalu kata mereka hebat, tetapi buktinya....org malaysia dan negara lain tahu siapa kita dan mereka juga tahu kekuatan kita orang Indonesia..... malah di mana2 negara yg org kita pergi, kita selalu disapa sebagai orang Malaysia...dan bila kita berkata kita bukan dari Malaysia tetapi dari Indonesia...mereka malah bertanya " Indonesia itu di mana ya?"....saya tidak suka orang Indonesia berkata malaysia itu kecil, kerana itu mereka bisa maju tidak seperti Indonesia yg besar....tetapi bila difikir, kenapa negara yg besar seperti Amerika, China, dan Rusia bisa maju....jadi kita juga bisa....fikirkan....terima aja kenyataan yg sebenarnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Njing malon...siapa yang ngiri negara luh...negara bentukan inggris..gak pernah merdeka...cuman dikasih aja...mana ada sejarahnya negara malon...pahlawan juga takde...malon malon..cuman bisa buat teroris dan impor narkoba aja sombong

      Delete
  23. Anaknya KRI Klewang juga lagi dibangun kok(bisa cek digoogle) Negara sekelas cina saja hanya bisa bikin Kapal trimaran ukuran kecil.

    ReplyDelete
  24. Kapal perang terhaibat di dunia milik TNI AL yang teknologinya superrrr kalis dari diditeksi radar telah hangus dijilat si jagoh merah. Kapal selam KILO yang sangat di bangga oleh bangsa indon cuma sebuah kapal selam bekas. Sesiapa sahaja boleh membeli kapal selam KILO kerana memang kapal selam KILO telah siap .jangan lupa INDON MEMBELINYA DENGAN NGUTANGGGGGG.... .KRIDITANNN...hehehe

    ReplyDelete
  25. iya indonesia sangat hebat. Angkatan tenteranya no 1 didunia.
    kita hebat..kita hebat...

    di kandng

    ReplyDelete
  26. orang indonesia mah kebanyakan omong,,, masih belum punya sudah ngaku ngaku punya,, jendral saja mengakui kalau alutsista indonesia masih kalah dari negara negara tetangga,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luh kebayakan jilat pantat mama elly...negara malon persemakmuran katanya

      Delete
  27. Ah yang bener aja, emang sdm malay mampu. Ini cuma buat naikin moral warganya saja biar gak dianggap ketinggalan sama Indonesia/pt.pal. Lagu lama, malay ingin selalu lebih jaguh dr Indonesia, meskipun tak seindah warna aslinya. He,he,he. Maju terus Indonesia, level kita adalah india, cina, brazil, rusia, us. Malay? ... biarkan dia hidup dg kepongahannya.

    ReplyDelete
  28. Santai saja broo. Indonesia itu raksasa (giant) yang sudah mulai bangun, justru terbangun karena kepongahan tetangganya yang usil padahal kecil2 dan mungil2. Semakin anda sombong dan usil semakin bersemangat kami membangun negeri secara mandiri. Karena Indonesia memiliki dan mewarisi gen pejuang. Kemajuan Indonesia hanyalah masalah waktu. SDA tanpa SDM adalah memyedihkan, SDM tanpa SDA = mengkhawatirkan, SDM+SDA = alangkah dahsyatnya! Itulah raksasa yang terbangun, Indonesia!

    ReplyDelete
  29. Negara kami Nusantara yg saat ini bernama Indonesia itu didirikan atas dasar Kemasyarakatan bersama untuk mencapai Mufakat dg jalan Sumpah Pemuda. Berbeda dg Negara Malaysia yg begitu menjunjung tinggi etnis Melayu /Kesukuan, maka tak pelak terjadi kegaduhan karena Orang Melayu menganggap dirinya sebagai Tuan tanah.

    Aku berdo’a agar kalian dijajah oleh Penjajah yg lebih keji dari Inggris, layaknya Kami yg pernah dijajah oleh Belanda&Jepang serta Invasi yg dilakukan oleh Inggris. Agar kalian mengetahui Rasa Penderitaan itu seperti apa ?!
    Kalian berbicara tentang Kehebatan Malaysia yg mampu merdeka dg jalan Diplomasi. Maka aku berdo’a semoga kalian terjajah seperti Bangsa Kami, sehingga kalian mengerti tak hanya butuh Diplomasi saja tapi juga dg aksi Heroik jihad dalam memerangi penjajah !

    Kalian berkongsi dg Penjajah Barat demi kepentingan kaum kalian sendiri tanpa melihat Umat Manusia yg lain !
    Itulah mengapa kami Was-was akan terjadi Era terinjak-injaknya Bangsa Kami kembali serta Kaum Bangsa yg lain.
    Salah satu pemimpin kami Soekarno sangat nyata sekali menentang keras keberpihakkan Malaysia terhadap salah satu penjajah dg dominasi kuat yaitu Inggris, walaupun Soekarno menyampaikan itu dg sifat buruknya yg Temperamental .

    Kami Negara Nusantara mementingkan Umat Manusia bersama. Terbukti para Pendiri Bangsa Kami menjadi Pelopor dalam memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Asia-Afrika bersama dg Negara lainnya !

    [Ketahuilah sekarang ini banyak sekali Pangkalan Amerika Serikat bertebaran di Samudra&Asia Tenggara. Sempat aku tak sengaja membuka web asing yg ternyata milik sekumpulan Yahudi Kazar, mereka berniat untuk menaklukkan kawasan daerah Samudra !
    Malaysia mereka sebut Malacca & Indonesia disebut Majapahit]

    Pada saat ini Negara Kami Indonesia sedang dalam Masa /Era Reformasi, tapi kami yakin suatu saat Negara Kami akan Disegani kembali
    “Negara Besar pasti membutuhkan waktu yang lama juga dalam membenahi berbagai Hal untuk mencapai Kestabilan & Kedamaian Umat”

    -Tolong sebar Pesan ini-

    ReplyDelete
  30. Jawasia tukar nama negara indonesia. Pemerintah presiden pasti orang jowo, padahal indonesia itu rame ras dan suku. Banjar, melayu riau, bugis, acheh dan papua. Tp presidennya pasti totok jowo gak adil mas. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  31. Jawasia tukar nama negara indonesia. Pemerintah presiden pasti orang jowo, padahal indonesia itu rame ras dan suku. Banjar, melayu riau, bugis, acheh dan papua. Tp presidennya pasti totok jowo gak adil mas. Wkwkwkw

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.