Latest News

Korea Tampilkan Rudal Hyunmu-3 untuk yang Pertama Kalinya

Rudal Hyunmu-3

Korea Selatan menampilkan rudal jarak jauh Hyunmu-3 dalam sebuah upacara militer besar ulang tahun Angkatan Darat di bandara militer selatan Seoul, 1 Oktober 2013. Rudal Hyunmu-3 merupakan rudal dengan jangkauan terjauh milik Korea Selatan, dan dapat menghantam seluruh kawasan Korea Utara.

Gelar kekuatan ini juga menampilkan berbagai alutsista lain untuk menunjukkan kepada Pyongyang bahwa provokasi apapun akan diganjar dengan balasan yang kuat. Itu merupakan upacara terbesar Angkatan Bersenjata Korea Selatan dalam satu dekade terakhir, dan menjadi upacara pertama sejak Korea Utara melakukan uji coba atom ketiga (underground) yang menimbulkan ancaman perang nuklir di awal tahun tadi.

Sekitar 11.000 tentara, 190 alutsista, 120 pesawat dan peralatan lainnya ditampilkan saat upacara. Yang paling mencolok tentu saja rudal jelajah jarak jauh Hyunmu-3 yang memiliki jangkauan 1.000 kilometer dan dikembangkan oleh Korea Selatan sejak beberapa tahun terakhir. Menurut Departemen Pertahanan Korea Selatan, ini adalah pertama kalinya rudal Hyunmu-3 ditampilkan dihadapan publik.

Presiden Korsel, Park Geun-hye, yang hadir dalam upacara tersebut mengatakan bahwa Korea Selatan harus mempertahankan aliansi yang kuat dengan AS dan membangun pertahanan rudal dan kemampuan serangan pre-emptive agar Korea Utara tahu bahwa obsesinya dengan rudal dan senjata nuklir tidak berguna.

"Kita harus membangun (sistem) pencegahan yang kuat terhadap Korea Utara sebelum program senjata nuklirnya matang dan menghadirkan perdamaian di Semenanjung Korea," katanya saat upacara. Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel juga hadir dalam upacara tersebut.

Rudal Hyunmu-3 menggunakan mesin turbofan dan tidak jauh berbeda dengan rudal jelajah dari jenis lain. Sistem bimbingannya (pandu) terdiri dari Sistem Bimbingan Inertial dan Global Positioning System (GPS). Muatan maksimum hulu ledak rudal Hyunmu-3 adalah 500 kilogram bahan peledak konvensional (non-nuklir).

Alutsista baru lainya yang juga ditampilkan saat upacara adalah rudal Hyunmu-2 yang memiliki jangkauan 300 kilometer dan rudal Spike buatan Israel yang ditujukan untuk menetralkan kekuatan artileri pantai Korea Utara.


0 Response to "Korea Tampilkan Rudal Hyunmu-3 untuk yang Pertama Kalinya"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.