Latest News

10 Kapal Induk Terbesar di Dunia

Kapal induk yang sebagai pangkalan udara mengapung telah terbukti keunggulannya sejak Perang Dunia II. Tiga dari 10 kapal induk terbesar di dunia saat ini dioperasikan oleh tiga Angkatan Laut Asia, dan Amerika Serikat tetap menjadi pemegang rekor yang memiliki kapal induk terbesar di dunia.

Di bawah ini daftar 10 kapal induk terbesar di dunia yang diurutkan berdasarkan bobot perpindahan/benaman (displacement) di air yang saat ini dioperasikan Angkatan Laut dunia.

10. HTMS Chakri Naruebet, Thailand
HTMS Chakri Naruebet
HTMS Chakri Naruebet
HTMS Chakri Naruebet adalah kapal induk terbesar kesepuluh di dunia. Dibangun oleh perusahaan pembuat kapal Italia Izar (sekarang Navantia) dan berfungsi sebagai kapal induk pengakomodasi pesat STOVL (lepas landas dan mendarat pendek/vertikal-termasuk helikopter). Pertama kali digunakan Thailand pada Maret 1997.

Kapal dengan displacement penuh 11.486 ton ini mengangkut 455 kru, termasuk 62 perwira dan 145 air wing. Dek penerbangannya berdesain ski jump 12 derajat yang memungkinkan untuk mengoperasikan pesawat Harrier.

Persenjataan utama Chakri Naruebet terdiri dari peluncur MBDA Sadral untuk rudal anti pesawat Mistral. Sistem propulsinya adalah kombinasi diesel dan sistem gas, terdiri dari dua turbin gas GE LM2500 dan dua mesin diesel Bazan - MTU 16V1163 TB83 yang menggerakkan lima bilah pada tiap poros. Kecepatan maksimumnya 26 knot dengan jangkauan 10.000 mil laut (ditempuh dengan kecepatan 12 knot).

9. Giuseppe Garibaldi (551), Italia
Kapal induk Giuseppe Garibaldi Italia
Giuseppe Garibaldi (551) berlayar di Samudera Atlantik, saat Latihan MAJESTIC EAGLE 2004.
Giuseppe Garibaldi adalah kapal induk terbesar ke sembilan di dunia dengan displacement 13.370 ton. Kapal ini dibangun oleh perusahaan Fincantieri Italia untuk Angkatan Laut Italia.

Giuseppe Garibaldi ditugaskan ke Angkatan Laut Italia pada bulan September 1985. Dapat mengakomodasi pengoperasian helikopter dan pesawat STOVL. Helikopter sendiri disimpan di hangar berukuran 2.500 m².

Kapal induk ini didukung oleh empat turbin gas FIAT-GE LM 2500 yang menggerakkan dua baling-baling. Kecepatan maksimumnya 30 knot dan kisaran jangkauan sejauh 7.000 mil laut.

8. HMS Illustrious (R06), Inggris
HMS Illustrious Angkatan Laut Inggris
HMS Illustrious Angkatan Laut Inggris. (Foto:Nicky Wilson/MOD)
Kapal induk terbesar ke delapan di dunia adalah HMS Illustrious dan menjadi satu-satunya kapal induk dari kelas Invincible dioperasikan saat ini. Displacement 22.000 ton, kapal ini melayani Angkatan Laut Inggris sebagai kapal komando helikopter yang ditugaskan sejak Juni 1982.

HMS Illustrious dapat menampung helikopter seperti Merlin, Sea king, Lynx atau Apache dan Chinook. Utamanya saat ini digunakan untuk tugas pengawalan atau operasi kontra pembajakan. Kapal induk ini selanjutnya akan digantikan oleh HMS Elizabeth pada 2016 nanti.

Persenjataannya adalah senjata jarak dekat Goalkeeper CIWS dan GAM-B01 20mm. Pembangkit listriknya terdiri dari empat turbin gas Rolls-Royce Olympus TM3B dan delapan generator diesel Paxman Valenta. Kecepatan maksimum 30 knot dan jangkauannya sekitar 5.000 mil laut.

7. INS Viraat, India
INS Viraat
INS Viraat
INS Viraat (R22), adalah kapal induk terbesar ketujuh di dunia. INS Viraat berasal dari Kelas Centaur yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut India. Dan juga termasuk sebagai kapal induk tertua yang masih dioperasikan. Awalnya dioperasikan oleh Angakatan Laut Inggris pada tahun 1959 dengan nama HMS Hermes, kemudian dijual ke India pada tahun 1986.

INS Viraat memiliki displacement 28.700 ton dan membawa hingga 30 pesawat dan helikopter, seperti Sea Harrier, Westland Sea King, HAL Chetak dan HAL Dhruv (helikopter HAL adalah buatan India). Total kru 1.350.

Meriam Bofors AA dan peluncur rudal permukaan ke udara "Barak" dilengkapkan pada kapal induk ini guna melindungi dari serangan udara dan permukaan. Sistem propulsi turbin uapnya memberikan kecepatan maksimum hingga 28 knot.

6. Cavour (550), Italia
Cavour
Cavour (Foto:Armando Mancini.)
Cavour (550) dengan displacement 30.000 ton adalah kapal induk terbesar keenam di dunia. Kapal induk menjadi kekuatan utama bagi Angkatan Laut Italia (Marina Militare).

Cavour ini memiliki dek penerbangan seluas 232.6m x 34.5m (2 hektar), yang dapat menampung pesawat sayap tetap seperti AV-8B Harrier dan JSF serta helikopter EH101, AB212, NH 90 dan SH3D. Kapal membawa 1.292 kru, termasuk tentara.

Persenjataannya terdiri dari sistem pertahanan jarak dekat, senjata dan decoy launchers untuk mengatasi berbagai ancaman. Pembangkit listrik terdiri dari empat turbin gas 22MW AVIO/GE LM2500 yang memberikan kecepatan maksimum 29 knot.

5. São Paulo (A12), Brasil
Kapal induk Brasil Sao Paulo
Kapal induk Brasil Sao Paulo (depan), melewati kapal induk AS USS Ronald Reagan. (Foto: NetMarine)
São Paulo (A12) adalah kapal induk terbesar kelima di dunia, dengan displacement penuh 32.000 ton. Ini adalah kapal induk dari Kelas Clemenceau yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Brasil. Awalnya kapal ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis pada tahun 1963 dengan nama Foch (R99), kemudian dijual ke Brasil pada tahun 2000.

São Paulo membawa 1.920 kru, yang terdiri dari 1.338 kru dan 582 air wing. Dek penerbangannya dapat menampung 39 pesawat tempur, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter..

Persenjataannya terdiri dari sistem SACP Crotale EDIR, peluncur Simbad dan senjata laut untuk perlindungan dari ancaman dari permukaan dan udara. Keenam boilernya menghasilkan tenaga 126.000 tenaga kuda yang membuat São Paulo memiliki kecepatan penuh 32 knot, salah satu kapal induk tenaga konvensional yang tercepat yang saat ini dioperasikan Angkatan Laut dunia.

4. Charles de Gaulle (R91), Perancis
Charles de Gaulle
Charles de Gaulle. (Foto: Julia A.Casper, US Navy)
Kapal induk Charles de Gaulle (R91) merupakan kapal permukaan Perancis pertama yang bertenaga nuklir, dan sebagai kapal perang terbesar di Eropa Barat. Kapal ini juga menjadi satu-satunya kapal induk bertenaga nuklir yang dioperasikan di luar Angkatan Laut Amerika Serikat.

Kapal induk ini baru mengalami reparasi selama enam bulan, selesai pada Juli 2013 lalu. Kapal ini dapat menampung 40 pesawat sayap tetap dan helikopter termasuk Rafale M, Super Etendard, E-2 Hawyeke, SA365 Dauphin, EC725 Caracal dan AS532 Cougar.

Kapal dengan displacement penuh 42.000 ton ini membawa 1.350 kru dan 600 air wing. Pembangkit listriknya terdiri dari dua reaktor air K15 yang memberikannya kecepatan maksimal hingga 27 knot.

3. Liaoning, China
Kapal induk Liaoning
Liaoning saat masih dalam tahap pembangunan kembali di China (Foto:U.S. Naval War College)
Liaoning menjadi satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN). Awalnya dibangun oleh Uni Soviet sebagai kapal berikutnya dari Kelas Admiral Kuznetsov, namun pembangunannya tidak pernah rampung. Di Uni Soviet, Liaoning sebelumnya diberi nama Riga dan Varyag.

Chong Lot Travel Agency yang berbasis di Hongkong membeli Liaoning pada suatu lelang di tahun 1998 dengan ide mengkonversinya menjadi kasino terapung tetapi tidak pernah terealisasi. Kapal "yatim piatu" ini kemudian dipindahkan ke Ukraina setelah bubarnya Uni Soviet. Liaoning kemudian diakuisisi oleh China dan diselesaikan pembangunannya di galangan kapal Dalian, China, untuk selanjutnya melayani PLAN. Liaoning akhirnya resmi dioperasikan pada September 2012.

Kapal induk ini dipersenjatai dengan rudal HQ-10,1030 CIWS dan peluncur roket anti kapal selam (ASW). Displacement 59.000 ton (muatan penuh) dan didukung oleh propulsi turbin uap. Dek penerbangannya mampu menampung sekitar 50 pesawat, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter.

2. Admiral Kuznetsov (Laksamana Kuznetsov), Federasi Rusia
Admiral Kuznetsov
Admiral Kuznetsov (Foto:US Department of Defence.)
Admiral Kuznetsov adalah satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut Rusia. Dibangun oleh galangan kapal Nikolayev South, Kuznetsov mendapatkan peringkat sebagai kapal induk terbesar kedua di dunia. Memiliki displacement 58.500 ton hingga 67.500 ton.

Luas dek penerbangannya yang 14.700m² (3,6 hektar), menjadikan Admiral Kuznetsov mampu menampung jet tempur Su-33, MiG-29K dan Su-25UTG/UBP STOVL, serta helikopter Ka-27, Ka-27LD32 dan Ka-27PLO. Kapal induk ini diawaki oleh 1.960 kru, 626 air wing dan 40 staf bendera.

Kapal induk Rusia ini didorong oleh sistem propulsi turbin uap yang memberikan kecepatan maksimum hingga 32 knot. Persenjataannya terdiri dari rudal jelajah anti-kapal P-700 Granit, AK-630 AA, dan CADS-N-1 Kashtan CIWS dan peluncur roket RBU-12000 UDAV-1 ASW.

1. Kelas Nimitz, Amerika Serikat
Kapal induk kelas Nimitz
Nimitz (Foto:Mate Airman Tina Lamb, US Navy)
Kapal induk Kelas Nimitz memiliki displacement penuh 97.000 ton, adalah kapal induk terbesar di dunia. Kapal induk kelas Nimitz pertama dioperasikan pada Mei 1975, sedangkan kapal induk dari Kelas Nimitz yang kesepuluh atau yang terakhir (10 juga menjadi jumlah total kapal induk AS yang masih beroperasi), USS George HW Bush (CVN 77), baru dioperasikan pada Januari 2009. Umur dari setiap kapal induk Kelas Nimitz adalah sekitar 50 tahun, dan hanya membutuhkan satu kali perbaikan di pertengahan hidupnya (25-30 tahun).

Kapal induk super ini memiliki panjang 332,8 meter dan luas dek penerbangan 4,5 hektar yang mampu mengakomodasi lebih dari 60 pesawat. Menampung 3.000 hingga 3.200 kru, 1.500 air wing dan 500 kru lainnya.

Kelas Nimitz menggunakan dua reaktor nuklir yang memberikan kecepatan maksimum lebih dari 30 knot. Rudal Sea Sparrow, Phalanx close-in weapon system (CIWS) dan Rolling Airframe Missiles (RAMs) dilengkapkan pada kapal untuk mengatasi ancaman potensial. Kapal-kapal induk kelas Nimitz selanjutnya akan digantikan oleh kapal induk Kelas Gerald R. Ford (CVN 78), dijadwalkan pada 2015 nanti.


43 Responses to "10 Kapal Induk Terbesar di Dunia"

  1. Indonesia sebagai negara Maritim tidak memerlukan kapal induk untuk saat ini, namun infrastruktur landasan pesawat dibuat lebih banyak serta industri pertahanan dalam negari perlu lebih ditingkatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu warisan doktrin lama, doktrin ketika TNI lemah dan menunggu musuh masuk wilayah dulu baru bertindak. perang modern membutuhkan kemampuan preemptive strike sebagai deterrent dan bahkan compelling untuk menjaga kepemtingan dan perdamaian.
      Sudah saatnya Indonesia keluar dari zona nyaman dan menghargai jati diri bangsa sebagai bangsa maritim terbesar di dunia dengan mempunyai armada laut dgn kemampuan blue navy. Jika kapal induk masih jauh setidaknya mulai dengan kapal destroyer class

      Delete
    2. tergantung presiden sebagai panglima tertinggi TNI, klo cara berpikirnya spt pres sekarang yg " lebih baik menjaga stabilitas dr pada perlombaan senjata" yaahhh kapan kita bisa menjadi negara yg disegani. mo beli ini, gk jadi, alasannya mempengaruhi stabilitas kawasan asia tenggara. pret. dah waktunya kita punya supercarrier..

      Delete
  2. bukannya jepang juga punya yang besar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapal induk helikopter gan, tapi memang gede. jika Jepang punya F35B (stovl) jadinya memang sama saja dengan kapal induk konvensional

      Delete
  3. Indonesia Kapan........Neh ^_^

    ReplyDelete
  4. sebagai negara maritim yg luasnya sekitar 4.209 kilometer persegi, indonesia harus pny kapal induk [carrier vessel]. selain untuk pertahanan dan menjaga kedaulatan juga berguna untuk mobilisasi bantuan bencana alam

    ReplyDelete
  5. Judulnya perlu koreksi, mungkin yang benar Kelas Kapal Induk Terbesar. Sebab kalo unitnya sendiri, kelas Nimitz ada 10 sekarang, semua terbesar di dunia, negara lain urutan 11 dst.
    Liat Kapal Induk Thailand dan Itali yang masih operasional saat ini, gak kebayang betapa dulu Indonesia sangat ditakuti dengan KRI Irian yang 16000 ton lebih. Secara kapal induk geladaknya penuh pesawat, sebaliknya KRI Irian, geladaknya penuh malang-melintang meriam mematikan semua bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh bego, kri irian jaya masih judul itu untuk WW 2 ama perang dingin bego, jelas kalah. Lah oon

      Delete
  6. Indonesia dulu juga pernah merasakan kapal induk terbesar di dunia, tahun 1960. Itulah masa keemasan kekuatan militer negara ini disegani dan ditakuti dunia, amerika aja takut apalagi belanda yg masih tetap bersikukuh bercokol ditanah papua.
    Sayang beribu sayang, sekarang negara ini tidak bisa lepas dari cengkeraman kapitalisme asing. Sebuah ideologi yg hanya menguntungkan beberapa pihak, terutama pihak asing. Karna kekayaan negara dijual, diekploitasi, dan dipindahkan ke luar negeri, sehingga rakyat pribumi tetap miskin. Padahal azas ke 5 Pancasila adalah, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Tapi kenyataannya?????

    ReplyDelete
  7. Indonesia trlalu lemah untuk alutsistanya

    ReplyDelete
  8. yah itulah indonesia, tempat para manusia pribumi yg tamak, rakus, dan semena-mena menjual kekayaan bumi pertiwi pada bangsa lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benertuh,, memang miris...... :(

      Delete
  9. Kalau indonesia mau penya perlengkapan perang baik ... yah harus kurangin penduduknya uulu.. yah minimal bom 4-5 kota dulu lah.. yang di kumpulin orang2 yg cuma tau ngomong sama cemooh doang ( gak ada gunanya )... supaya beban negara berkurang akan pro kontra dan dapat beli senjata/membuatnya .. gimana ... wkwkwkwkwkw ... yg gak setuju masuk daftaf ke 5 kota calon di bom yah.. wkwkwkwwk ... piss ^^

    ReplyDelete
  10. Indonesia bisa punya banyak senjata keren kalau beban negara berkurang .... untuk kehidupan rakyat saja masih susah kok mau berfikir beli senjata / kapal induk ... apakah indonesia udah siap perang ... kalau saya sih lebih baik urus negara dulu deh yg belum kelar2... kalau tidak sekalian aja indonesia cari musuh untuk mengurangi jumlah penduduk .. kalau udah kurang baru damai dan indonesia udah bisa berjaya pastinya .. karena akan sedikit warga ataj masyarakat yg jafi beban negara .. wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Angkatan Perang yang kuat harus didukung dengan Alutsista yang Hebat. Kapal Induk Harus Punya! harga Matii

    ReplyDelete
  12. Indonesia si mah dari dulu jadi negara jajahan saja, baik di jajah bangsa luar maupun bangsa sendiri... Indonesia juga mampu kok buat kapal induk, tapi kapal induk dari bambu, hasil ngumpulin bambu runcing dari pejuang2 kita.. :-)

    ReplyDelete
  13. Mo bli senjata aja di demo ....klo menurut saya sgt pnting tuuh..punya senjata & prlgkapan militer yg cggih...

    ReplyDelete
  14. miris bgt lihat coment ano 2:29
    kog msh ada jaman gini ngakunya nkri tp mentalnya msh budak negri ini prlu orang2 optimis bro....

    ReplyDelete
  15. Lebih baik punya kapal selam daripada kapal induk. Hehe ^_^

    ReplyDelete
  16. pemerintahnya aja pada korup, gimana mau maju..
    untuk mengurangi beban negara, mendingan yg pada korupsi itu di hukum mati aja.. kan lumayan bisa ngurangi jumlah penduduk

    ReplyDelete
  17. Ikut coment gan.. andai terjadi perang terbuka.. berapa lama negara ini bisa membiayai perang..?? Buat ngerawat jln raya aja susah gan.. selama fenomena bangsa ini teriak maling keras2... tapi waktu orang lain nguber maling.. da sepi.. gantian.. yg teriak maling.. yg maling lagiini..

    ReplyDelete
  18. Untuk apa indo punya kapal induk. Mendingan punya kapal selam, bisa bawa nuklir, rudal balistik antar-benua, misil tomahawk, torpedo, ranjau air, dan bisa tenggelam DI AIR lagi! Hohohoho

    ReplyDelete
  19. Seandainya israel/amrik kirim nuklir di 5 pulau besar kita, ledakannya sudah bisa membuat indo kewalahan

    ReplyDelete
  20. daripada beli peralatan perang, lebih baik bikin pabrik peralatan perang, biar ga beli keluar negeri dan bisa mengurangi pengangguran. tinggal kemauan dari para calo pembelian senjata saja, apa mereka ikhlas pundi uang mereka dari fee pembelian senjata dari luar negeri hilang begitu saja, hehehe...

    ReplyDelete
  21. Para sahabat Blogger...Kita sadar dan menyadari,sudahlah cukup Amerika cs merampas harta kekayaan negeri ini selama 60 tahun,sudah terlalu banyak korporasi Amerika cs meraup keutungan luar biasa "super "dari negeri ini,,sehingga Amerika cs menjadi super kuat dan kaya sperti skarng ini,,,gmna tidak,,,Emas Freeport sudh diangkut ke Amerika kurang lebih 74 juta tons emas murni dan terbaik dibumi ini ( itu yg Terdata )sejak pemerintahan Soeharto hingga pemrintahan saat ini,malahan kontrak diperpanjang pemerintahan SBY hingga 30 tahun mendatang..negeri ini hanya mendapat bagian 1 % dari total data yg mreka buat,belum lagi dari tambang minyak,mineral,biji besi,tembaga dan lain2 mreka semua kuasai..wajar saja siapapun di negeri ini bisa mreka beli,baik media cetak,eloktronik mreka kendalikan sesuai arahan mreka,produk hukum dengan mudah saja arahkan sesuai kemauan mreka,LSM,Ormas,Orsospol dengan gamblang nya mreka setir arah kebijakannya bahkan siapaun president nya dengan mudahnya bisa mreka ciptakan sesuai selera mreka,,ternyata sudah bgitu kuatnya kuku2 tajam Amerika Cs di negeri ini,sehingga pemerintah kikta pun menjadikannya sebagai Tuan besar yg harus dilayani sebaik mungkin...pemerintah kita sudah terperangkap pada tipu muslihat Amerika cs,sehingga tidak satupun yg berani melawan perintah tuan besar...tapi segelintir orang yg sangat susah dikendalikan Amerika cs di negeri ini,,yaitu orang2 yg sadar akan tumpah darah dan perjuangan pahlawan2nya membebaskan negeri ini dengan deraian air mata dan darah,,,air negeri ini yg kt minum,dari negeri ini kita makan dan di negeri ini kita hidup,,membebaskan negeri ini dari pengaruh antek2 barat,sebuah perjuangan yg mutlak dan serentak kita lakukan,bagi siapapun yg sadar akan harkat dan martabat dan tumpah darah kita..pahlawan2 kita dulu berjuang untuk kita nikmati saat ini,lalu sekarng kita berjuang untuk generasi2 kita di hari esok...Insyaalah dengan kebersamaan hati dan keyaqinan kita semua,nusantara ini akan bangkit tanpa campur tangan Amerika cs di negeri ini,republik Islam Iran bisa maju dlm sgala bidang karna mereka sangat yaqin akan kemampuan mreka dan membenci barat ( Amerika cs),kenapa Indonesia tidak bisa,,,???hanya sekedar bahan renungan buat kita semua para sahabat,,,andai semua kekayaan tersebut bisa kita kelola dgn baik dan diperuntukkan untuk rakyat,niscaya negeri ini sangat makmur,tidak satupun kita dapati di negeri ini"pengemis" atau orang kekurangan...Amerika kuat dan kaya karna kekayaan kita,negeri kecil Singapore kaya karna dari kekayaan kita,,,Indonesia ini memang pemurah hati,sehingga dirinya sendiri miskin ditengah tengah kekayaannya sendiri,,,nasibmu wahai Nusantara,,,

    ReplyDelete
  22. sayang yah kenapa malah jokowi yang menang pemilu.... padahal image dia dari awal kan yang membangun media-media barat....kayaknya kita bkalan lebih dalem kejebak dalam kapitalisme barat yang notabene sengaja bikin kita hdup serba salah...

    ReplyDelete
  23. Kalo aku sih tidak mau spt yg lain "indonesia kok gini~korup mulu~dijajah asing bla bla" mau bagaimanapun juga ini tetaplah negeri kita so positif thinking aja kita bakal disegani bakal maju bakal raya suatu saat nanti... segala sesuatu butuh proses mau instant makan mie

    Militer pain kuat-kuat, kalen kira alusista tinggal beli aja ga perlu perawatan?! beli sih one time purchase tapi perawatan bertahun-tahun sampai pensiun alusistanya...
    Mau disegani negara lain apa mesti lewat militer?! ndak kok, liat negara2 eropa utara (Denmark,Norway,Sweden,dkk) , Swiss, Qatar, dkk apa militer mereka hebat?!

    Tidak 5 tahun tidak 10 tahun bung2 sekalian... by the way berterima kasihlah kepada bapak presiden SBY telah membinahi negri ini selama 10 tahun dg pertumbuhan yg sangat baik, indonesia dulu mana ada ekonomi spt sekarang... sekian

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat..dulu pak sby utang imf lunas,,presiden sekarang produk imf lagi...

      Delete
  24. indonesia negara maritim/ negara kepulauan seharusnya memiliki komposisi armada militer laut lebih banyak daripada armada militer darat.... tp kenyataan nya armada tempur darat yang diperbanyak. misalnya klo keadaan perang apa harus dipaksa berenang menyebarangi laut/pulau2 dlu baru bisa agresi langsung...

    ReplyDelete
  25. indonesia tidak butuh Kapal Induk karena kita negara non-blok... TNI menganut doktrin Green sea Navy : yang berarti marinir laut hijau... pasukan tidak beraksi atas nama negara diluar wilyah NKRI.. pengecualian untuk Misi PBB..!!

    ini Berbeda dengan Blue sea Navy atau marinir laut biru.. yang memberikan protokol operasi di luar wilayah teritorial.... begitu !!

    selain itu, kita juga punya ribuan pulau kecil yang jika di aspal sedikit saja sudah bisa jadi kapal induk statis..!!

    ReplyDelete
  26. ijin menyimak menambah wawasan dan sekaligus salam pesaudaraan,terimakasih admin

    ReplyDelete
  27. Indonesia harus punya tuh, paling gak tiga aja deh..
    Satu kapal induk tuh biasanya dikawal sama kapal2 lain, kapal perusak, korvet, dll.
    Kata Bijak Mutiara
    Mari kita berdoa, moga Indonesia segera bisa buat sendiri lewat PT PAL

    ReplyDelete
  28. Gak perlu kapal induk...pulau-pulau Indonesia merupakan kapal induk alami. Perbanyak fregat dan destroyer..juga kurangi online dan selfie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha komeny yg ni lucu
      ".juga kurangi online dan selfie.."

      Delete
  29. wih keren banget kapal induknya.
    ditunggu artikel yang lainnya.

    ReplyDelete
  30. ngapain juga punya kapal induk. mending perkuat aja defense nya.
    kalo punya kapal induk emang indo mau invasi ke negara mana coba? ato cuma buat gagah2 an aja asal punya ?

    ReplyDelete
  31. Pada pintar komentar

    ReplyDelete
  32. kalo saya setuju tapi juga tidak..
    loh kok gitu,? iya,,setuju karena dg kapal induk kita bisa "nglurug" negara tetangga yg mau macem2 dg kita.
    gak setujunya karena kita sebetulnya bukan negara penjajah, jdi bwt apa kapal induk, kalau "desas desusunya" amrika bangun pankalan di autralia,yg msti kita lakukukan jika terjadi prang adalah hemat biaya, ALOKASI KAPAL INDUK LEBIH BAIK JIKA DIGUNAKAN UNTUK PERTAHAN ANTI KAPAL UDARA DAN LAUT,.,.,.
    yg BISA duluncurkan dari darat, BUAT pangkalan di belahan "rawan" contoh dibarat dekat dg malaysia, timur untuk benteng dr australia, utara benteng dr jepang, malaysia
    karena mayoritas negara modern mempergunakan alat berat untuk menyerang,maka gunakan amunisi penghancur alat berat itu

    sayang aku cm org biasa,,andai aku ini insinyur senjata pasti akan ku buatkan amunisi pnghancur untuk pertahanan indonesia, nih kepalaku penuh ide2,, hehehehehehehehe

    ReplyDelete
  33. Cara Dapat Top up Free ! Semua Telco (Sim Kad) Boleh!!!

    CARA DAFTAR DI MCENT

    1) Buka link ini ☞( https://mcent.com/r/L6VD9N untuk register akaun mcent)
    2) Kemudian, masukkan nombor telefon kamu
    3) Code pengesahan akan dihantar melalui sms
    4) Masukkan code pengesahan di ruangan yang telah disediakan (biasanya 4 angka)
    5) Isi semua ruangan yang disediakan sepertinama, tempat tinggal dan lain²
    6) Tahniah, akaun Mcent anda berjaya dihasilkan
    7) Jangan lupa, korang harus meng"klik" link yg sampai di email untuk mengesahkan akaun mcent korang.

    CARA MENDAPATKAN KREDIT

    ★ Install aplikasi yang ditawarkan oleh Mcent, buka selama 30 saat, kamu akan memperolehi kredit
    ★Menyertai peraduanyang disediakan oleh pihak Mcent
    ★ Promote "unique link" kamu kepada kawan² kamu.

    Cara dapat link unik :

    1) Pilih "Jemput rakan-rakan"
    2) Disitu, kamu akan perolehi link unik kamu

    CARA DAPAT KREDIT (TOP UP)

    1) Login akaun mcent kamu
    2) Pilih"Temu Bual"
    3) Kamu boleh pilih nilai kredit yang kamu mahu
    4) Tunggu sms pengesahan kredit telah masuk

    NOTE : KAMU HARUS MENGGUNAKAN LINK YANG SUDAH SAYA BERI (DI ATAS) UNTUK REGISTER DI MCENT. KALAU TIDAK, KAMU SUSAH UNTUK MEMPEROLEHI LINK UNIK !!! ☞ https://mcent.com/r/L6VD9N

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.