Latest News

Senapan Saddam Hussein Dilelang

Senapan Saddam Hussein yang sering dibawanya tampil di depan umum kini dilelang di situs lelang ternama RIA dengan perkiraan harga AS$7.500 hingga AS$15.000. Senapan Saddam Hussein ini adalah Ruger M77 Mannlicher .243.

Senapan Saddam Hussein

Senapan yang terkenal dan bersejarah ini dinyatakan oleh RIA benar-benar milik Saddam Hussein yang sering digunakannya dalam berbagai warta berita di seluruh dunia yang disiarkan oleh TV nasional Irak.

Menurut RIA, senapan ini semakin istimewa karena disertai dengan beberapa dokumen resmi yang ditandatangi. Menjadikan senapan ini memiliki sejarah yang unik. Senapan ini sebenarnya adalah M77 standar dengan ciri dan fitur standar, dibuat oleh Perusahaan senapan Sturm-Ruger Amerika Serikat pada Januari 1988.

Satu-satunya fitur tambahan dari senapan Saddam Hussein ini adalah pada bagian atas laras terukir namanya (Saddam Hussein) dalam bahasa Arab. Kemungkinan pengukiran ini dilakukan setelah keluar dari pabrik. Pabrik memang tidak akan mengungkapkan siapa yang pertama kali membeli senapan ini, namun sudah jelas dan terdokumentasi dengan baik tangan siapa yang terakhir memegang senapan ini.

Saddam Hussein dengan senapannya

Bagaimana Saddam Hussein mendapatkan senapan ini? Asumsinya, senapan ini dibeli di Amerika Serikat oleh seseorang, lalu orang itu pergi ke Timur Tengah dan diberikannya kepada Saddam Hussein sebagai hadiah. Kemungkinan "seseorang" tersebut adalah bagian dari keluarga kerajaan Arab Saudi.

Senapan ini juga disertai dengan beberapa dokumen tertulis dan ditandatangani yang memverifikasi bahwa senapan ini benar-benar diambil oleh sekelompok milisi dari Istana Kepresidenan Irak di Mosul yang kemudian menyerahkannya kepada CIA pada Maret 2004. Senapan ini akhirnya dibawa ke markas CIA dan terus disimpan hingga Mr.X (nama pada dokumen di blur) ini menerimanya sebagai honorarium atas 29 tahun pengabdiannya di Clandestine Service CIA.

Selama masa jabatannya di CIA, Mr.X ini telah melaksanakan berbagai tugas di seluruh dunia, dan salah satunya sebagai perwira senior CIA di Baghdad, Irak. Mr.X ini juga berprestasi dan banyak menerima penghargaan (lihat foto-foto di sumber). Dilengkapi juga dengan keterangan lainnya yang merinci kapan dan bagaimana senapan ini diperoleh oleh CIA, dan ditransfer dari CIA ke pemegangnya saat ini (Mr.X).

RIA menyatakan kondisi senapan ini sangat baik (95%), original pabrik, popor asli namun ada penyok kecil di sisinya.


[All photos by RIA]


0 Response to "Senapan Saddam Hussein Dilelang"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.