Latest News

Iran Produksi Massal Kapal Selam Ringan

Iran telah memproduksi kapal selam ringan secara massal, seorang Panglima Angkatan Laut Iran mengumumkan pada hari Selasa, sembari menambahkan bahwa negara itu saat ini juga berhasil membangun kapal selam medium.

Kapal selam ringan Iran
Kapal selam ringan (mini) Iran. Tampak pula (belakang) Hovercraft Tondar buatan Iran
"Iran memproduksi massal kapal selam ringan," kata Panglima Angkatan Laut Zona 4 Laksamana Khordad Hakimi mengatakan kepada FNA di pelabuhan utara kota Anzali, Selasa, 23 September 2013. Hakimi juga menyinggung kemajuan lain yang dicapai Angkatan Laut Iran saat ini dengan mengatakan bahwa kapal selam medium sekarang sedang dibangun di selatan Iran.

Lebih lanjut Hakimi menjelaskan bahwa Angkatan Laut Iran adalah kekuatan strategis, dan mengatakan bahwa kekuatan dan kemampuan Angkatan Laut Republik Islam Iran telah memainkan peran besar dalam melindungi kepentingan Iran baik di dalam maupun di luar negeri.

Laksamana Hakimi juga mengatakan bahwa pusat pelatihan Angkatan Laut Iran telah dilengkapi dengan teknologi buatan sendiri yang di-upgrade terus menerus. "Pusat-pusat pelatihan Angkatan Laut Iran adalah (pusat pelatihan) unik di Timur Tengah, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan dan memperbanyak armadanya," ujar Hakimi sembari menambahkan bahwa semua peralatan berkualitas yang dibutuhkan oleh Angkatan Laut Iran telah mampu disediakan oleh ilmuwan-ilmuwan dalam negeri.

Selain kapal selam ringan, medium dan pusat pelatihan, Hakimi juga mengabarkan soal pembangunan kapal perusak Damavand, dan berkata bahwa "ahli dari semua bidang industri terlibat dalam pembangunan kapal ini yang merupakan proyek mega-sistem." Ini senada dengan pernyataannya Senin lalu yang menyatakan bahwa Angkatan Laut Iran akan meluncurkan kapal perusak canggih yang bernama Damavand dalam waktu dekat.

"Kapal perusak Damavand akan bergabung dengan kapal perang Angkatan Laut di Iran utara (di Laut Kaspia) pada akhir tahun ini (tahun Iran berakhir pada 20 Maret 2014 nanti)," kata Hakimi kepada wartawan di kota pelabuhan Anzali Senin.

Swasembada alutsista


Dalam beberapa tahun terakhir, Iran banyak membuat prestasi besar di sektor pertahanan dan berhasil mencapai swasembada dalam memproduksi alutsista dan sistem-sistem penting lainnya khususnya untuk Angkatan Laut.

Pada bulan September 2012, Angkatan Laut Iran resmi meluncurkan kapal selam berat setelah para ilmuwan Iran berhasil merombaknya. Kapal selam Tareq 901 diluncurkan di pelabuhan selatan kota Bandar Abbas atas perintah Pemimpin dan Panglima tertinggi Revolusi Islam Iran Ayatullah Seyed Ali Khamenei.

Kepala Staf Angkatan Laut Iran Laksamana Habibullah Sayyari memuji keberhasilan ilmuwan Iran dalam memperbaiki kapal selam berat tersebut, juga memuji kemampuan mereka yang luar biasa dan menggunakan teknologi tinggi telah menjadikan sanksi dan tekanan musuh-musuh Iran gagal. Dia mengatakan bahwa kapal selam Tareq sekarang siap sepenuhnya untuk dikirimkan ke laut lepas. Ia mengutip pernyataan "Pemimpin Agung" Iran belakangan bahwa musuh berusaha untuk membuat Iran menjadi negara lemah, dan berkata, "Hari ini kami menunjukkan bahwa kami bisa dan kemampuan kami diluar perkiraan musuh."
 
Pada tahun 2011, sebuah kapal selam dari kelas Tareq Angkatan Laut Iran "Yunus," berhasil mencatatkan rekor baru dalam berlayar selama 68 hari di perairan internasional dan laut lepas. Kapal selam Yunus berlayar bersama kapal perang dari Armada 14 Angkatan Laut Iran, dan baru kembali ke pangkalan pada awal Juni 2011 setelah misi berlayarnya di Laut Merah dan Teluk Aden. Penyebaran kapal selam Iran di Laut merah tersebut menjadi operasi terjauh bagi Angkatan Laut Iran.

Kapal perusak Jamaran 1
Kapal perusak Jamaran varian 1. (Foto:Aspahbod/Wikipedia)
Pada awal bulan ini, Sayyari menggarisbawahi bahwa peralatan canggih untuk Angkatan Laut Iran yaitu drone dan kapal selam "Fateh" juga akan diluncurkan pada tahun ini. Berdasarkan rencana, kapal selam Fateh juga akan diluncurkan pada tahun ini (tahun Iran), kata Sayyari kepada wartawan di Teheran. "Kapal selam Fateh, kapal selam peluncur rudal kelas Kaman, dan kapal perusak Jamaran 2 akan segera diluncurkan pada tahun ini," katanya kepada wartawan.

Kontroversi Nuklir 


Israel dan sekutu dekatnya Amerika Serikat terus meningkatkan retorika perangnya terhadap Iran. Dua negara ini menuduh Iran berusaha membuat senjata nuklir, sementara mereka (AS dan Israel) tidak pernah menunjukkan bukti nyata atas tuduhan mereka.

Tel Aviv dan Washington menuduh Iran membuat senjata canggih pemusnah massal, termasuk hulu ledak nuklir. Namun Iran dengan keras membantah tuduhan tersebut, bersikeras bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai. Teheran menekankan bahwa itu untuk tujuan sipil, bahan bakar fosil suatu saat akan habis dan teknologi nuklir digunakan untuk memenuhi pasokan energi penduduk Iran terus bertambah.

Amerika Serikat sejak lama menekankan bahwa aksi militer menjadi pilihan utama Gedung Putih untuk mencegah kemajuan Iran di bidang teknologi nuklir. Iran juga memperingatkan bahwa bila diserang AS atau Israel, Iran akan menyerang 32 Pangkalan Amerika Serikat di Timur Tengah dan menutup selat Hormuz yang strategis.


28 Responses to "Iran Produksi Massal Kapal Selam Ringan"

  1. iran di sektor pertahanan mmulai mengangkat dan menunjukan swasemmbada nya...bAGAIMANA DENGAN INDONESIA,,,
    WALAUPUN IRAN SLL MENCOPY SPT CHINA,TP IRAN PATUT DI ACUNGIN JEMPOL..
    Tidak takut di embargo/ d berikan sanksi ekonomi,krena rencange katah seperti Korut..dan china..nd pakistan,, yg siap berikan / barter dengan mminyaknya,,
    indonesia perlu mencontohnya dengan sgl keungkinan,,supaya kemandirian kita bisa terealisasi,,,

    sanggup tidaknya trgntung pemerintah kita dgn kucuran dana..
    Indonesia pun pernah di tawari untuk krja sama dg iran,,tp ya gitulah,

    sukses untuk iran

    ReplyDelete
  2. Jangan terlalu percaya dengan prinsip berbohongnya iran....coba cek aja kebenaranya...karena berbohong adalah gaya hidup republik syiah iran...dan berbohong itu bagi mereka adalah wajib....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah jelek"in negara / aliran orang Gan,,
      biar aja mereka bilang.toh sampean gk di rugikan,kenapa mesti tresmosi sapeane...

      Delete
    2. gak usah jelek"in negara / aliran orang Gan,,
      biar aja mereka bilang.toh sampean gk di rugikan,kenapa mesti tresmosi sapeane...

      Delete
    3. jiahahah ha ha ha..
      yg anti IRAN marah.. wkwkwkwkwk..
      ga usah gitu lah bro.. saat psy-war, negara mana sih yg jujur?
      US dan NATO-lah pendusta yg nyata.
      mana tuh senjata pemusnah massal yg di Iraq?

      Delete
    4. Banyak kebohongan dari iran swdikit fakTA, namun kita bisa meniru sEMANGAT BANGKITNYA DIA

      DUNIA MILITER TERKINI

      INDONESIA BERPOTENSI MENJADI NEGARA SUPERPOWER

      duniamiliterterkini.blogspot.com

      Delete
    5. Broo..pendusta dan pembohong terbesar sejak zaman ke zaman dalam sejarah kemanusiaan semua sdh pada tau ( maaf broo..Yg blom tau,berarti tdak tau dan tdak mngerti sejarah ),siapa lagi kalau bukan Israel dan Amerika,jadi..negara manapun yg mngikuti 2 negara trsebut,pasti hancur dan lemah ( karna asyex diboongin mulu sama tuan besarnya,haaa..haaaa )trmasuk Indonesia yg slalu hrus puas dikadalin sama 2 orng tuan besarnya..(tragis dan sedih bnget nasib negeri ini,hrus slalu puas dikadalin mulu )abiz nya Mnurut Lembaga survey Independent Internasional,bahwa Indonesia trmasuk salah satu negara yg pling jinak menuruti "perintah"sang tuan besar setelah Arab saudi tanpa bisa berkutik..apapun alasan dan argumentnya ini fakta broo..sediiih dan sngat mnyedihkan,,,mngaku sbagai negara muslim trbesar di dunia,hanya dengan si tua bongkok Amerika cs..pemerintah kt patuh dan jinak bnget sama si tuan besar yg sudah rapuh di makan usia..Lihat tuh broo,negara republik Islam Iran dgn gagah perkasa bngkit melawan negara yg brani menindas rakyat dan perampokan kekayaan negerinya siapapun itu,,walau ditekan bnyak negara2 kafir,Iran justru bangkit dgn iringan para ulama dan umaro nya,itulah negara yg pantas jadi teladan semua bangsa di abad ini..lihat sekian bnyak dereten tekhnologinya yg bgitu canggih,melebihi kecanggihan2 senjata2 dari Amerika yg konon katany hebat,buktinya..bgitu mudahnya Iran menundukkan drone Amerika yg katanya trcanggih di Abad ini..haaa..haa..itulah salah satu kebohongan Amerika dari sekian bnyak kebohongan yg mreka slalu kumandangkan,lagi-lagi pemerintah kt lebih prcaya sama kata2 tuan besar daripada negeri saudaranya sndiri..bner2 negeri apa ini ya..???"pemerintah bengak bin tolol bin bahlul..wajarlah hampir semua kekayaan negara ini diberikan cuma-cuma pada Amerika dan Israel..dengan kekayaan alam kt yg mreka rampas,kt dipaksa "mengemis "lgi dengan alasan pinjaman lunak.. ( Ada udang di balik bakwan ..hahahhaha)..coba broo bayangkan,,negara macam apa ini..???tulalit kali yee..wajarlah rakyat negeri ini "miskin papa ditumpukan uang"

      Delete
    6. Suka tidak suka,benci ataupun marah..faktanya Negara republik Islam Iran adalah negara cikal bakal super power dunia,,negara yg patut jadi teladan stiap bangsa di abad ini,,negara yg semakin ditekan malah justru semakin maju,negara yg punya komitment tingggi dengan pemimpinnya para ulama,,hasil dari survey dan analisa perjalanan sejarah beberapa dekade ini,bahwa tidak satupun bangsa di planet ini yg bisa menundukkan Iran selama para ulamanya masih jadi panutan,,secara IT,Iran saat ini sdh sejajar dgn teknologi Amerika bahkan menurut survey IT international bahwa tekhnologi Iran sudah jauh di Atas tekhnologi Amerika dan eropa barat,,acung jempol buat teladan negara Iran..ditengah-tengah hebatnya tekanan Amerika cs dlm sgala aspek,justru itulah yg membuatnya bngkit dan berjaya..Itulah Iran negara yg "BER UNDANG - UNDANG pada Alqur'an dgn bimbingan para ulamanya....negara Iran adalah contoh Ideal bgi negara Islam,,semoga bangsa Indonesia bisa mengikuti langkah-langkah negara Iran dlm segala aspek kehidupan bernegara..

      Delete
  3. SALUT BUAT IRAN, RAKYAT INDONESIA PASTI JUGA BISA SEPERTI IRAN.
    HANYA MENUNGGU PARA PEMIMPIN UNTUK MEMBERDAYAKAN SDM YANG ADA.

    ReplyDelete
  4. Kelas anjing kampung tapi kalo dan kawan kawan nya ada 30 biji,macan pun mikir 1000x mau gangguin... Tanya coba om obama.. Jiper kan hehehe,patut kita tiru itu bapak2 yg ada di kemhan...

    ReplyDelete
  5. mau syiah atau suni kita wajib banggamelihat keberhasilan IRAN... semoga negara kita juga mampu sperti itu.

    ReplyDelete
  6. Waa hahaha..banyak penggemar syiah ya di blog ini...hemh..blum tau aja sama syiah...republik syiah iran ga segagah dan seindah seperti yg kalian bayangkan..heheheh..negara syiah itu banyakan hoax doang beritanya...ngefans banget sama iran gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang pembicaraan soal Syiah disini. Ini tentang Iran (silahkan tertawa). Mau Iran itu 100% sama dengan Syiah terserah, tapi yang jelas yang diberitakan disini adalah Iran.

      Jadi, bila mau mendukung Iran, silahkan dukung. Gak suka dengan Iran, silahkan tolak atau sebutkan daftar-daftar kebohongan/kejahatan Iran agar sobat-sobat yang lain (termasuk admin) paham.

      Thanks

      Delete
    2. betul mind...
      Jamaah provokatoriyah

      kalu bicara tanpa sumber emang gk penting ,,
      saya kira iran (bukan syiah/suni) selaa ini belummm kelihatan kejelekanya..
      Nah kecuali dg china dg jurus paste copy nya

      Delete
  7. ada yang benar dan ada yang hoax...... sandiwara semua........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yg terucap adalah gambaran dari kualitas manusia yang mengucapkannya,...Orang cerdas akan berkomentar cerdas, orang jahat akan berkomentar jahat, orang baik akan berkomentar baik. Ketika kita menjelek-jelekkan orang lain kita justru lebih jelek dari orang yang dijelek-jelekkan. Ketika kita menghargai keberhasilan orang lain maka kita berpotensi lebih baik dari orang yang kita hargai..

      Delete
  8. He..... yg beragama pada keder he.... mbahas militer larinya ke mana" ..............

    ReplyDelete
  9. banyak yg awan atau kurang mengetahui karakater dari iran di karenakan propaganda2 iran selama ini memang berhasil, termasuk trik2 mereka mengambil simpati dengan berpura pura bermusuhan dengan amerika dan sekutunya termasuk negara zionis yahudi, coba lihat fakta di iran sana, kaum ahlussunnah atau sunny minoritas di sana di tindas dan di kekang melaksanakan ibadah. termasuk sholat jum'at itu tidak bakal kalian temukan di sana, sementara kaim yahudi sangat di lindungi oleh mereka, bahkan komunis yahudi teebesar setelah di amerika dan di negaranya sendiri berada di iran...bahkan sdh di kabarkan suatu saat nanti pengikutnya Dajjal sebanyak 70000 orang berasal dari isfahan iran....IRAN PUNYA MISI BESAR dan ada konsfirasi besar dengan zionis, banyak yg awam dengan hal ini...hati hati min...tambah wawasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bahayanya pandangan sempit berbasis sektarian. Apakah untuk bersekutu dengan zionis dan barat Iran harus rela diembargo selama lebih dari 30 tahun??apakah ribuan anggota hizbullah yang tewas dalam pertempuran dengan Israel hanya sandiwara???apakah itu mayat-mayat yang berserakan di Beirut adalah bohong-bohongan??itu sangat irasional bung!!! itu terlalu mahal bagi Iran dari sisi ekonomi dan psikologis!! kalau untuk bersekutu saja Iran harus rela diperlakukan seperti itu, apalagi kalau tidak bersekutu, mungkin AS dan sekutunya harus menjatuhkan bom nuklir ke Teheran??apakah anda tidak mampu berpikir secara logis?? jelas pandangan anda adalah cerminan dari ajaran wahabi yang gemar menebar benih-benih kebencian dan permusuhan dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama. Wahabi yang bersarang di Arab Saudi selama sejarahnya tidak pernah menyerukan persatuan umat, namun sebaliknya menyerukan pembunuhan lewat cara-cara teror ledakan bom. Wahabi menolak kebenaran hakiki yang berasal dari pandangan yang lain, namun secara membabi buta memaksakan "kebenaran" kelompok. bagi orang-orang seperti anda tidak ada yang lebih benar selain "ulama" anda. jangankan dengan Iran yang mayoritas Syiah, dengan Sunni saja kalian tidak segan-segan membunuh dengan alibi memurnikan islam,sedikit-sedikit teriak bid'ah, sedikit-sedikit teriak kafir, emangnya kalian yakin bakal masuk surga dengan mempraktekan cara-cara sadis seperti itu??Wahabi seperti anda tidak hanya dibenci kaum Syiah, tetapi kaum Sunni pun membenci anda karena tindakan-tindakan teror kalian. Wahabi seperti andalah yang sudah mencemarkan islam sehingga menjadi kesempatan bagi barat untuk melakukan pukulan telak bahwa islam sebagai agama teroris. Ada baiknya memahami Islam tidak hanya dari ceramah "ulama" anda, tapi perdalamlah wawasan fiqih anda supaya tidak menjadi orang-orang yang bebal!!

      Delete
  10. Ano diatas korban media Wahabi seperti arrahmah, eramuslim, voa islam, dakwah tuna dll.
    Jadi embargo2 barat selama ini yg menyengsarakan rakyat mereka cuma pura2 ya? Atau penyanderaan kedutaan USA th 70an juga cuma pura2 ya? Enak memang bicara dan menuduh walau tanpa bukti. Tinggal nyerocos lansung jadi deh... :-D Org awam? Org awam yg bgmn maksud kamu? Apa sekjen PBB itu org awam? Apa Putin itu org awam? Apa hugo chaves dan Maduro jg org awam? Atau kamu menganggap semua org selain golongan kamu yg Wahabi itu awam semua? Walau bgimana pun propaganda wahabi kamu dan kedengkian kamu terhadap iran, toh semua dunia tahu kalau iran bermusuhan dgn barat bahkan sejak jaman pra islam. Sebaliknya bgmn pun kalian mempropagandakan permusuhan kalian dgn barat dan israel, toh dunia tahu kalau Negara2 Wahabi bergandeng mesra dgn barat dan israel. Terbukti dgn adanya pangkalan2 militer dan kedutaan mereka dsna. Dan terbukti juga pejuang2 "Mujahidin" mereka dapat di manfaatkan oleh barat untuk mencapai tujuan mereka. Cuma kebodohan dan fanatisme buta yg tdk dapat melihat itu semua. Kalaupun mereka cuma pura2, saya lebih menghargai mereka yg berani menentang barat dan israel dgn lantang di forum dunia dan di sidang PBB. bgmn dgn negara2 Wahabi yg suka menyebarkan kebencian thdp iran dan syiah? Mereka cuma membisu, bhkan mungkin menikmati kebijakan dan standar ganda barat.
    kalau benar pernyataan kamu, tentu konsulat2 minimal kedutaan indonesia telah mengabarkannya. Karena mereka yg lebih tahu. Buktinya mahasiswa indonesia yg sekolah dsna tdk pernah menceritakan penindasan2 dsna. Tetangga saya yg plg sekolah dr sana tdk menceritakan hal2 yg kamu ungkap di atas. Dia tetap menjadi Muhammadiyah seperti sebelum dia berangkat. Berita2 seperti itu tdk akan di temui konfirmasi resminya kecuali di media2 seperti Arrahmah, eramuslim, Voa, LPIA dll serupa. Mengenai solat jumat mereka melakukannya kok, tapi mereka mengumpulkanya dalam satu tempat di tiap kota. Berbeda dgn kita yg melakukanya di masing2 mesjid yg ada. Kita jgn percaya kpd org2 yg bertemu dan pernah tinggal dsna saja nggak...??
    Itulah hebatnya iran. Mereka menerapkan ajaran islam secara keseluruhan. Krn di islam ada istilah kafir dhimmi dan kafir harbi. Jika mereka dgn terang2an memusuhi kita maka mereka adl kafir harbi. Kalau mereka kafir dhimi, maka mereka wajib di lindungi sesuai syariat islam. Tdk semua Yahudi adl zionis. Juga tdk semua zionis pasti yahudi. Arab pun ada yg zionis. Kalau Yahudi tdk boleh hidup berdampingan dgn umat lain di suatu negara?, silahkan kamu kecam pemerintahan kita juga yg membiarkan yahudi tgl di negara kita, karena yahudi pun tgl dgn aman di negara kita. buktinya ada sinagog di surabaya sana. Jk ada niat jd teroris, ada tuh target.. :-D .
    Di kabarkan oleh media2 wahabi maksud kamu mungkin?? Bgmn dgn berita yg mengatakan kalau tanduk setan akan muncul di najd arab saudy? Atau bgmn dgn berita2 nabi ttg keutamaan bangsa persia? Tentu berita itu tdk akan kamu temui di situs2 Wahabi. Krn wahabi hanya mau mendengar ulama mereka dan hanya mau memakai dalil yg mendukung pendapat mereka.
    Tidak ada bukti dgn pernyataan kamu ini. Ini karena kamu terlalu banyak mangkal di situs2 Wahabi. Jadi otak kamu sudah tercuci dgn provokasi mereka. Kasian deh kamu.. :D

    ReplyDelete
  11. xixixixxixixixixxixixxixi
    mantep coy.....

    ReplyDelete
  12. ambil hikmahnya aja bro ano.. sisi baik iran, kita ikutin.. yang jeleknya, diikutin juga.. hehehe.. maap.. yang jeleknya, tentu saja kita tinggalin.. bahkan untuk negara-negara yang suka bikin kita 'emoh' bin 'mual'..

    trus menurut saya sih, jangan bawa-bawa agama lah.. disini kan forum diskusi militer.. diskusi yang membangun untuk kejayaan negara nkri..

    mohon maap kalo saya salah dan ada pihak yang tersungging.. hehehe..
    peace bro.. :D

    ReplyDelete
  13. bentuk argumen yang demokrasi lanjutkan argumen dengan kepala dingin dan ilmu dan pakta.

    ReplyDelete
  14. Salut untuk bangsa Iran, walaupun dikucilkan oleh sesama negara Timur Tengah (karena adu domba licik ala amerika), juga diembargo oleh sebagian besar negara barat, tapi Iran tetaplah Iran, bangsa yan g maju dan besar, kekuatan Iran adalah yg terbesar diantara negara-negara dengan mayoritas muslim. Iran adalah produsen otomotif terbesar ke-5 di asia, industri elektronik dan farmasi Iran juga adalah salah satu yg terbaik di dunia. kualitas pendidikan Iran pun salah satu yang terbaik di dunia, bangsa Iran adalah bangsa yang cerdas, sangat masuk akal kalau Israel dan Amerika begitu takut akan ancaman Iran. dengan segala keterbatasan dan keterisolasian, bangsa Iran terus maju diluar perkiran banyak orang. Tidak seperti Indonesia, walaupun dalam banyak hal "selalu disupport" oleh Amerika dan barat, Indonesia tetap hanya negara macan ompong, "besar" tapi sesungguhnya "kecil" terlihat "kuat" sesungguhnya "sangat lemah dan rapuh"

    ReplyDelete
  15. luar biasa cerdasnya argumen anda, bung.. he..

    ReplyDelete
  16. Iran merupakan contoh negara ideal yg layak ditiru dan didukung sepenuhnya..

    ReplyDelete
  17. dari pada kita terus melihat dan mencari kelemahan serta kekuarangan negara lain.bukankah lebih baik kita rakyat indonesia ini,melihat pada kemampuan serta ketidak mampuan negara sendiri.dengan demikian lakukan perubahan dan perubahan demi kemajuan bangsa kita.tentunya kita bisa membedakan dan membandingkan seperti apa yg telah negara kita ciptakan,dan bagaimana yg negara mereka hasilkan.apakah tidak lebih baik kita belajar dari pada mereka dahulu,jangan terburu-buru untuk coba menerangkan pada mereka kalau kita ini sudah merasa mampu,tapi pada hakekatnya kita (indonesia ) masih perlu banyak mengejar TOT untuk mendapatkan tibal balik sebagai kemandirian industri.suara pemimpin dan kebanyakan rakyat indonesia lebih pada coba menakut-nakuti negara lain dengan kemampuan yng tidak berapa saat ini,padahal sejatinya indonesia bukan di takuti.buktinya,,pada tahun 2013 banyak peraian dan udara indonesia yg di cerobohi.

    ReplyDelete
  18. iran negara dengan segala tuduhan.padahal justru iran sering jadi korban.ulah kelompok jundullah pakistan yang di biayai CIA

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.