Latest News

Ambisi Angkatan Udara Thailand Menjadi yang Terbaik di ASEAN

Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) berambisi untuk menjadi kekuatan tempur udara terbaik di ASEAN. Hal ini terkait dengan pengadaan jet tempur Gripen untuk RTAF, Kantor Berita Thailand (TNA) melaporkan.

Jet tempur Gripen Thailand
Jet tempur Gripen RTAF unjuk kebolehan di sekitar pangkalan udara Donmaung, Thailand (2/7/2012)
(Foto: Por Khan/Wiki)
TNA mengutip pernyataan panglima tertinggi Thailand Jenderal Thanasak Patimapragorn yang mengatakan hal ini pada hari Rabu lalu, ketika ia mengucapkan selamat kepada RTAF atas pengintegrasian sistem pertahanan udaranya (Gripen).

Jenderal Thanasak yakin bahwa RTAF akan menjadi kekuatan udara terkemuka di ASEAN pada 2019, seperti yang sudah direncanakan.

Jenderal Thanasak mengatakan kepada wartawan bahwa negara-negara lain telah memuji pengadaan jet tempur Gripen oleh Angkatan Udara Thailand, yang mana hal tersebut akan terintegrasi dengan sistem informasi dengan Angkatan Darat dan Angkatan Laut Kerajaan Thailand di masa depan.

Menurut Thanasak, pengadaan jet tempur Gripen ditujukan untuk pertahanan nasional terhadap ancaman di masa depan dan di masa damai.

Dia mengatakan bahwa jet tempur (Gripen) itu akan menjadi bagian dari pasukan perdamaian ASEAN ketika pada saatnya ASEAN Community (AC) dibentuk pada tahun 2015.

Saab 340 AEW
Pesawat kontrol dan peringatan dini Saab 340 AEW RTAF
(Foto: Fuws260/Wiki)
RTAF membeli jet tempur Gripen dari Saab, yang merupakan perusahaan kedirgantaraan Swedia, untuk mengantikan jet tempur F-5 buatan AS yang sudah dinonaktifkan sejak tahun 2007 silam.

Pengadaaan terjadi dalam dua tahap. Yang pertama terdiri dari enam jet tempur Gripen, satu pesawat kontrol dan peringatan dini Saab 340 AEW dan pesawat angkut Saab 340 B1 (saat ini dua unit aktif), yang secara bertahap diterima di 2010 dan 2011. Pada tahun 2012 kembali terima 1 unit pesawat kontrol dan peringatan dini Saab 340 AEW.

Sedangkan tahap kedua terdiri dari enam pesawat tempur Gripen yang akan rampung diterima Thailand pada tahun ini. Sebelumnya tiga jet tempur Gripen sudah diterima pada April lalu (masih sisa 3).


13 Responses to "Ambisi Angkatan Udara Thailand Menjadi yang Terbaik di ASEAN"

  1. Tunggu saja kalau SU35 BM jadi dipesan di MEF II, apa masih bisa nyengir jendral Thanasak P.

    ReplyDelete
  2. Gripen adalah light-medium fighter sekelas sedikit diatas F-16C/D, bisa disamakan dengan F-16C/D Plus milik TNI yang akan datang, jadi masih dibawah Su-27/30.

    Saab 340 AEW RTAF setingkat dengan Boeing 737 Survelancer TNI, namun apabila TNI-AU mengupgrade Beeing nya maka akan naik kelas diatas Saab.

    Mungkin maksud Thailand, untuk mempertahankan negara nya yang kecil itu, mungkin iya....

    ReplyDelete
  3. Baru beli gripen.bbrp ketengan..uda bilang yg terbaik...bgmana dgn singaporno yg beli F 35..lusinan lg...pernyataannya sama dgn stateman salah satu komandan kt yg berujar month jd yg terbaik di dunia...??

    ReplyDelete
  4. Ambizi boleh2 aj-tapi faktanya: baru pake JAS39gripen -12 +2 AEW saab340 sih terlalu premature kpede an KSAU thailand ambisi jadi top se asean-negri2 asean laen udah duluan pake jet fighter yg kelas nya diatas JAS39 sprti SU27-30-F15E-F16.52-superhornet -thailand tak perlu publikasikan jadi tops-klo koleksi arsenal yg ada-maupun yg mau dibeli masih tarap standar-di asean belum ad yg pake bomber strategic sprti TU22-26 BLINDER -BACKFIRE- SU35-F22- E3 SENTRI .

    ReplyDelete
  5. Pesawat ini tdk lbh tangguh dr su27/30, dan msh klh dgn su35bm.

    ReplyDelete
  6. Bagaimana pendapat rekan2 seandainya Indonesia juga membeli pesawat ini?untuk pengganti F-5?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah beli T/A-50 dari Korsel?

      Delete
    2. kemungkinan ada tpi pihak prancis lebih getol nawarin rafael ke menhan jd y tunggu aja kputusan menhan,syukur2 beli su-35bm lo ga mig terbaru

      Delete
    3. T50 dibeli untuk gantiin hawk mk53

      Delete
  7. tunggu aja su 35mb indonesia

    ReplyDelete
  8. banyak pilihan yg masuk ke menhan contoh y dasault rafael,gripen,mig,jf-thunder sukhoi,super hornet,f-16 buat penggan ti f-5 n hawk mk...............,jd tunggu kputusan menhan aja mana yg mau diakuisisi buat pengganti f-5 maupun hawk mk yg udh masuk masa pensiun...............




    ReplyDelete
  9. tunggu aja gripen ng , tak sombong bisa terbalik tar biasanya fanboy su 35 ..su 35 bukan segalanya..Gripen tak bisa ditebak

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.