Latest News

MIG-29M2 Mulai "Unjuk Gigi" di Pasar Pesawat Tempur Dunia

MiG-29M2 adalah pesawat tempur multifungsi buatan Rusia, "invisible" dan terbuat dari bahan komposit dan ditutupi dengan lapisan yang membuatnya sulit dideteksi radar musuh, sekaligus memiliki manuver yang baik.

MiG-29M2
MiG-29M2 (Foto : Vitaly V. Kuzmin)
Dalam waktu dekat, jika Serbia dan Rusia jadi menandatangani perjanjian pinjaman untuk pembelian pesawat tempur MiG-29M2 dan sistem rudal pertahanan udara S-300, maka kemampuan tempur udara Serbia akan meningkat signifikan. Berapa lama lagi pilot Serbia baru bisa menerbangkan pesawat tempur tersebut? Semua tergantung kapan pinjaman akan disetujui Rusia dan kapan pabrik MiG menerima uang mukanya.

Direktur Jenderal perusahaan Rusia untuk produksi pesawat MiG, Sergei Korotkov, mengatakan dalam wawancara dengan RIA Novosti bahwa pesawat tempur Rusia ini (MiG-29M2) harganya lebih murah dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pesaingnya. MiG-29M2 adalah pesawat modern multifungsi, setiap pilot Serbia pasti akan cepat terbiasa dengan pesawat ini, karena mereka sudah sejak lama menggunakan MiG-29. Tidak diperlukan pelatihan yang lama bila hanya untuk menggunakan perangkat dan tekniknya.

MiG-29 versi lama adalah pesawat interseptor yang biasanya ditugaskan untuk mempertahankan daerah tertentu, dan MiG varian terbaru mampu melaksanakan misi-misi lain, karena dipersenjatai dengan senjata berakurasi tinggi. MiG-29M2 selalu efektif untuk memukul target di darat dan di air, selain tentu saja efektif untuk menghadapi lawan di udara. MiG-29M2 mampu lepas landas atau mendarat di jalan aspal biasa dan terbang di semua kondisi cuaca, ujar Korotkov.

MiG-29M2 bisa dipesan dalam bentuk satu atau dua kursi pilot. Untuk MiG dengan satu kursi pilot, maka ruang yang kosong diganti dengan tanki bahan bakar tambakan. Jika dua kursi pilot, kursi yang satunya lagi dapat digunakan oleh instruktur atau operator.

Keunggulan lainnya dari pesawat tempur ini adalah dapat menggunakan senjata buatan Rusia dan asing, yang menjadikannya kompetitif di pasar, kata Korotkov sembari menambahkan bahwa mereka yang tahu dengan harga pasti sadar bahwa harga MiG-29M2 secara signifikan jauh lebih murah dari pesawat-pesawat barat seperti Eurofighter, Rafale atau pesawat buatan Amerika. Harga MiG juga bisa bervariasi tergantung dari permintaan pelanggan.

Dia menjelaskan bahwa MiG-29M2 dan MiG-35, keduanya versi terbaru, adalah pesawat yang sama. Nama MiG-35 digunakan pembeli dari dalam negeri (militer Rusia), sedangkan sebutan MiG-29M2 adalah untuk versi ekspor.

Di dunia ini tidak ada kriteria pasti yang disetujui bersama tentang apa yang menjadi syarat pesawat tempur generasi ke-5, namun secara tidak resmi juga diakui bahwa ada beberapa fitur yang mensyaratkannya. Misalnya, salah satunya adalah minim/tidak terlihat sama sekali oleh radar lawan. Seri MiG yang terbaru sudah dilengkapi fitur ini walaupun tidak "sesiluman" T-50 atau F-22 Raptor.

Korotkov juga mengatakan bahwa 29 negara di dunia ini sudah menggunakan MiG-29, dan bahkan Amerika Serikat juga memiliki pesawat ini yang mereka gunakan untuk melatih pilot mereka.


5 Responses to "MIG-29M2 Mulai "Unjuk Gigi" di Pasar Pesawat Tempur Dunia"

  1. Replies
    1. su 27/30 .mig-29 m2 jauh lebih canggih.lgian kapan indonesia punya pesawat tempur yg lebih canggih dengan negara lain.kalau selalu mikir soal harga.yg lebih mahal kadang2 lebih bagus barangnya.walaupun tak selalu begitu.

      Delete
  2. assalamualaikum sudah saatnya keluarga besar TNI.AU menambah kekuatan dengan skadron MIG.29 M2,SU.35 BM,minimal 1 skadron saja dahulu untuk mengimbangi beban berat tugas dari SU.27 dan SU.30 MK2,karena TNI.AU masih mengandalkan F.16,Hawk,F.5 Tiger,yang masih bisa menjaga penuh kedaulatan tanah air ini.sebagai rakyat kami berharap FRAKSI PAN.bisa menjembatani kebutuhan TNI.AU.berikut sistem arhanudse TNI yang selama ini kurang.terimakasih.

    ReplyDelete
  3. ayo pemerintah beli ini aja dari pada beli f16 katrok nanti kena embargo lagi jangan mau di bodohin

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.