Latest News

India Luncurkan Kapal Induk Buatan Pertamanya

India meluncurkan kapal induk buatan pertamanya, INS Vikrant, di galangan kapal Cochin di Barat Daya India, Senin, 12 Agustus 2013.

Kapal induk India INS Vikrant
Ilustrasi komputer INS Vikrant (Foto via Indian Defence)
Menteri Pertahanan India, AK Anthony mengatakan bahwa kemampuan Angkatan Laut India harus ditingkatkan guna memastikan agar tetap bisa mempertahankan kedaulatan dan kepentingan nasionalnya.

Peluncuran INS Vikrant yang berbobot 37.500 ton, panjang 260 meter dan lebar 60 meter ini sebetulnya molor 3 tahun dari jadwal salah satunya karena kurangnya pasokan baja khusus dari Rusia. Kapal induk ini diharapkan akan segera memulai uji coba laut pada 2016 untuk selanjutnya ditugaskan untuk Angkatan Laut India pada akhir 2018.

INS Vikrant dilaporkan memiliki kecepatan hingga 28 knot. Kapal ini memiliki jangkauan 7.500 mil laut dengan kecepatan 18 knot. INS Vikrant akan diawaki oleh banyak kru yang terdiri dari 1.560 personel termasuk di dalamnya 160 perwira. Kapal induk ini mampu mengakomodasi 30 pesawat tempur dan helikopter, antara lain pesawat tempur MiG-29K dan helikopter Ka-31.

Kapal induk India INS Vikrant
INS Vikrant di galangan kapal Cochin, India. Sekitar 83% pekerjaan pabrikasi dan 75% konstruksi telah selesai saat diluncurkan. Sisa pekerjaan termasuk dek penerbangan dan suprastruktur lainnya akan diselesaikan segera. (Foto via The Hindu)
Peluncuran kapal induk ini akan menjadikan India masuk dalam "klub eksklusif" negara-negara yang mampu membangun kapal induk. Ini mengingat perlunya kompleksitas arsitektur dan teknologi dan biaya tinggi dalam pembangunan kapal induk.


4 Responses to "India Luncurkan Kapal Induk Buatan Pertamanya"

  1. China&India 2 negara besar yg mempunyai wilayah laut-udara begitu luas yg berpenduduk terpadat didunia telah mengetahui pentingnya membangun kapal induk utk kedaulatan rakyat & tanah airnya!.. tak terkecuali dg Indonesia yg jg berpenduduk padat didunia serta mempunyai batas2 laut-udara yg luas diliputi ribuan kepulauan dr Sabang s/d Merauke berikut kekayaan yg terkandung didalamnya sangatlah menggiurkan kepentingan, ancaman & tantangan dr pihak asing tanpa kecuali!! Maka, selayaknyalah bila kita pun mempunyai kapal induk yg mumpuni hasil karya anak bgs atau ToT dg negara sahabat, bukanlah sbg Agresor tp semata2 sbg Guardian & Peaces Maker dihalaman kita sdri! Berharap semoga saja dpt terlaksana sebelum memasuki era th 2020-2025!

    ReplyDelete
  2. Hebat banget India udah akan menyelesaikan kapal induknya. Ayo Indonesia kita buat kapal induk kita...

    ReplyDelete
  3. Kayaknya indonesia belum ada rencana bikin kapal induk.. Mungkin masih fokus MEF dulu gan,andaikan punya saya terharu pastinya.. Bangsa besar perlu pertahanan yg kuat.. Semoga kedepan INDONESIA bisa bangun kapal induk sendiri.

    ReplyDelete
  4. Mengenai persenjataan RI harus pandai-pandai memilah kepentingan, janganlah memperkuat angkatan perang akhirnya negara bangkrut. Itu semua telah banyak terbuktikan dalam berbagai sejarah di RI, mulai dari Kediri yang hanya mementingkan kekuatan angkatan perangnya di luar Pulau Jawa hingga masa Sukarno yang membeli KRI Irian (ketika itu kapal perang yg ditakuti, termasuk Belanda). Sekarang pun menimpa USA yang mendahulukan angkatan perangnya berperang di Irak dan Afganistan yang makan biaya perang... Akhirnya, sekarang dibayang-banyangi kebangkrutan.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.