Latest News

Australia Berhasil Tembakkan Torpedo MU90

Angkatan Laut Australia berhasil melakukan penembakan torpedo ringan MU90, Kepala Angkatan Laut Australia (RAN), Vice Admiral Ray Griggs mengumumkan beberapa hari lalu.

Penembakan torpedo MU90 Australia

Kapal frigat HMAS Stuart dari kelas ANZAC menembakkan torpedo itu terhadap sasaran yang sudah ditentukan di sebuah daerah latihan tempur di Australia Timur. Keberhasilan penembakan torpedo ini menjadi tonggak terakhir sebelum torpedo ini benar-benar digunakan oleh seluruh armada laut Australia setelah sebelumnya torpedo ini memasuki masa-masa sulit.

"Torpedo ringan MU90 telah melewati program pengujian ekstensif. Penembakan ini adalah ujian final dan evaluasi untuk MU90 dan untuk menunjukkan kemampuan penuhnya," ujar Vice Admiral Griggs.

Target untuk penembakan torpedo itu adalah sebuah target khusus yang dibuat di Victoria oleh Defence Science and Technology Organisation dan sukses dihantam oleh torpedo. Target memenuhi semua persyaratan perang yang sesungguhnya.

"Torpedo ringan MU90 menjadikan kemampuan perang anti kapal selam dari armada laut RAN meningkat signifikan," ujar Vice Admiral Griggs, sembari menambahkan bahwa "setiap kapal perang RAN akan dilengkapi dengan torpedo ringan anti kapal selam yang terbaik di dunia ini."

MU90 disebut torpedo ringan karena memiliki panjang 3 meter, berat 300 kilogram, memiliki jangkauan lebih dari 10 kilometer dan dirancang untuk mendeteksi dan menyerang kapal selam yang berjalan tenang di bawah air. Dapat diluncurkan dari air dan juga udara. Sebagai perbandingan, torpedo Markus 48 milik kapal selam Collins beratnya 1,5 ton.

MU90 merupakan torpedo hasil pengembangan bersama antara WHITEHEAD ALENIA Sistemi Subacquei (Italia), DCNS Internasional dan Thales (Perancis). Sedangkan EUROTOP adalah kontraktornya. Saat ini torpedo MU90 sudah diproduksi secara massal dan masing-masing digunakan oleh Angkatan Laut Perancis, Italia, Jerman, Denmark, Polandia dan Australia.

Pada bulan Desember 2003, Menteri Pertahanan Australia mengumumkan pembelian torpedo ringan baru anti kapal selam MU90 untuk frigat kelas ANZAC dan FFG, helikopter Seahawak dan Sea Sprite, dan pesawat patroli maritim AP-3C Orion. Torpedo tersebut dirakit di Australia dengan 35% bahan bakunya dari Australia dan diproduksi oleh Djimindi Alliance yang merupakan gabungan dari Thales Underwater Systems, EuroTorp and the Commonwealth of Australia.


Karakteristik MU90
Panjang
2,850 m
Berat
304 kg
Diameter 323,7 mm
Hulu ledak
 PBX shaped charge
Berat hulu ledak
 32,7 kg
Kecepatan minimum
 29 knot
Kecepatan maksimum
 >50 knot
Kedalaman maksimum
 > 1km
Tahap perubahan kecepatan
 1 knot
Perubahan kecepatan maks ke min
3 dtk
Jangkauan
11 km di kecepatan maksimum dan 23 km di kecepatan minimum
Operational bands
 6
Operational Bandwidth
 >>10KHz
Mesin
 pump-jet Electric


11 Responses to "Australia Berhasil Tembakkan Torpedo MU90"

  1. saya berharap indonesia memiliki kapal robot mainan utk mengantisipasi penggunaan torpedo MU 90 oleh australia guna melindungi aset kapal perang dan kapal selam serta dermaga pelabuhan indonesia jika pecah perang antara indonesia dan australia

    ReplyDelete
  2. makin ramai nih hehe

    ReplyDelete
  3. bagaimana indonesia,TERTINGGAL LAGI KAH...??

    ReplyDelete
  4. yang benar australia atau rusia?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alinea kedua, baris terakhir. Sudah diralat

      Delete
  5. Kok ada Rusia nya gan? ._.

    ReplyDelete
  6. Min..kok udah lama ga update berita sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan kemarin lagi ada kesibukan offline.

      Delete
  7. Bgm analisa bpk/ibu mengenai dr alamat2 website ini : http://arc.web.id/berita/552-ada-udang-di-balik-apache.html dan http://perkembanganmiliter.blogspot.com/2013/08/jakarta-dibayangi-pangkalan-militer-as.html?m=1 ?

    ReplyDelete
  8. Artikel yang menarik dan berguna.

    Buruan Gabung Sekarang Juga dan Dapatkan Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya hanya di raja poker

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.