Latest News

Agustus : India Siap Luncurkan Kapal Induk Dalam Negeri

Seorang pejabat pemerintah India baru-baru ini mengatakan kepada wartawan bahwa kapal induk buatan dalam negeri pertama India Indigenous Aircraft Carrier (IAC) akan diluncurkan pada 12 Agustus 2013.

INS Vikrant
Ilustrasi INS Vikrant, kapal induk pertama buatan dalam negeri India (Foto : Cochin Shipyard)
Kapal induk yang berbobot 40.000 ton ini dinamai dengan INS Vikrant, dan saat ini masih dalam tahap penyelesaian di galangan kapal Cochin. Uji coba laut akan dilakukan setelah sepuluh bulan sejak diluncurkan pada Agustus nanti, dan baru akan siap operasional setelah lima tahun masa uji coba, menurut laporan Aviation Week.

Sebelumnya pemerintah India mengatakan bahwa kapal induk ini akan beroperasional secara penuh pada tahun depan (2014), namun karena kesulitan dengan pasokan dan gearbox kapal dalam pembangunannya maka kapal ditunda hingga 2018.

INS Vikrant dirancang sebagai kapal induk short-takeoff but arrested recovery (STOBAR) bertenaga konvensional. Pembangunan kapal induk berikutnya (ke-2) dalam program IAC yaitu INS Vishal, telah ditunda. Hal ini terkait rencana untuk mengembangkannya lebih lanjut menjadi kapal induk 65.000 ton (sebelumnya 40.000 ton) dengan catapult-assisted takeoff dan konfigurasi barrier arrested recovery (CATOBAR).

Laporan lain dari Aviation Week juga menyebutkan bahwa kapal induk INS Vikramaditya, 45.000 ton dan panjang 262 meter, yang sebelum diakuisisi India bernama Admiral Gorshkov dari kelas Kiev Rusia, saat ini masih dalam tahap akhir uji coba laut dan segera akan bergabung dengan kapal induk satu-satunya India saat ini yaitu INS Viraat, yang usianya sudah mendekati pensiun.


0 Response to "Agustus : India Siap Luncurkan Kapal Induk Dalam Negeri"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.