Latest News

Vietnam Beli Radar Vostok E untuk Mendeteksi Pesawat Siluman

Sebelum pesawat tempur siluman pertama China "J-20" dioperasikan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, Vietnam terlebih dahulu membeli 20 radar Vostok E 2-Dimensional Metric Band Surveillance dari Belarus yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi pesawat tempur siluman, Military Analysis yang berbasis di Moskow melaporkan.

Radar Vostok E
Radar Vostok E dalam posisi tempur (Foto : KB radar)

Dikembangkan oleh KB Radar yang berbasis di Belarus, radar Vostok E VHF band merupakan radar pengganti dari sistem radar P-18 saat era Uni Soviet. KB Radar sendiri mengklaim radar Vostok E mampu mendeteksi pesawat tempur siluman seperti F-117A Nighthawk pada jarak 74 kilometer jauhnya saat kondisi electronic jamming (gangguan/kacau elektronik). Dalam kondisi tanpa gangguan, jarak deteksi bisa meningkat hingga 350 kilometer.

Dengan wideband "Kharchenko" square ring unik yang disusun dalam pola kisi berlian, kelincahan frekuensi radar Vostok E akan meningkat terhadap pesawat-pesawat tempur siluman. Dalam situasi tanpa electronic jamming, deteksi radar Vostok E untuk pesawat tempur non siluman seperti F/A 18 Super Hornet bisa sejauh 255 km. Bahkan ketika menghadapi pesawat tempur siluman seperti F-22, radar Vostok E dapat mendeteksinya pada jarak 57 kilometer dan lalu menembak jatuhnya dengan kombinasi sistem pertahanan udara S-300. Radar Vostok E dianggap sebagai penantang dominasi udara dari pesawat siluman Amerika.

Vietnam mungkin akan menjadi negara pertama yang menggunakan sistem radar Vostok E dalam strategi perang asimetris melawan pesawat tempur siluman dari China yaitu J-20 dan J-31 atas sengketa wilayah di Laut Cina Selatan.

Radar Vostok E
Radar Vostok E saat dimobilisasi (Foto : KB Radar)

Pihak Belarus tidak hanya menyetujui akusisisi 20 radar Vostok E oleh Vietnam, tapi juga menawarkan kepada personel pasukan pertahanan udara Vietnam untuk dilatih di Minsk (ibukota Belarus) agar lebih efektif menggunakan sistem radar ini.

Kerjasama antara Vietnam dan Belarus selama ini terdiri dari penelitian dan program pembangunan, pengembangan industri pertahanan dan pelatihan teknis. Dan kerjasama yang terpenting saat ini adalah soal akuisisi 20 radar Vostok E. Dengan kerjasama industri pertahanan dengan Belarus, Vietnam juga berniat meminimalisir ketergantungannya pada alutsista Rusia.


14 Responses to "Vietnam Beli Radar Vostok E untuk Mendeteksi Pesawat Siluman"

  1. Keren tu....
    Kenapa Indonesia gak ikut jga tu, kayak vietnam.
    Ntr negara tetangga Aussie n Singapore pda borong Pesawat Siluman.

    ReplyDelete
  2. Indonesia banyak manusia cerdas...pasti anak bangsa mampu membuat radar2 seperti itu sendiri..demi menjaga Bumi Pertiwi. Majulah Indonesiaku

    ReplyDelete
  3. ngeri yah? kombinasi sama S 300..

    ReplyDelete
  4. indonesia bli donk

    ReplyDelete
  5. indonesia buat tuh ,para ahli kita kasih dana yg byk buat riset tuh radar

    ReplyDelete
  6. kita sangat membutuhkan radar yang canggih dan di pasang di setiap sudut wilayah indonesia. misalnya Batam.mentawai,miagas atau di Rote. plus rudal s 300. JANGAN HANYA SUKA BELI ROSOKAN atau suka menerima hibah barang bekas.

    ReplyDelete
  7. indonesia tolol, buat kapal boat aja terbakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo yg TOLOL. apa yg anda sudah perbuat untuk NKRI ?
      Tidak ada kan. paling ya pengangguran. dasar manusia tolol

      Delete
    2. Kalo komentar pada yang sopan dong.. Jangan kaya di Yahoo...
      Kalo tidak sependapat, ungkapkan dengan santun dan jangan lupa argumen dengan data dan kasih juga solusinya... Jangan hanya mencela lalu membalas dengan celaan berikutnya. Berpikirlah sebelum komen, kalau hanya komen tanpa dipikir maka semua pengunjung web ini atau manapun bisa.
      Mari jadi komentator yang bijak. Ok Bro... ???!!!!

      Delete
  8. Indonesia pasti bisa.....Indonesia Jaya

    ReplyDelete
  9. INDON HARUS PUNYASITEM RADAR MINIMA SEPERTI INI (VOSTOK E) DI PADUKAN DENGAN SISTEM PERTAHANAN RUDAL, YA MINIMAL S 300....DAYA GETAR TERHADAP MUSUH ITU SUDAH CUKUP...ITU UNTUK ANTISIPASI AUSIE YG SUDAH MEMESAN F 35, AUSIE WAJIB BELI F 35 LIGHTNING KARNA INDON DAH PUNYA KELUARGA SUKHOI (SU 27 FLANKER & SU 30 MKI)

    ReplyDelete
  10. Indonesia Pasti Bisa, sekedar info buat agan2 radar canggih buatan German sang ahli/penciptanya orang Semarang Jawa Tengah !!!
    Sekarang tergantung godwill pemerintah mau tarik itu ahli seperti Habibie, atau impor terus biar dapat komisi ??? Silahkan menebak jawaban yang pasti agan2 juga udah tau mental pejabat kita.....

    ReplyDelete
  11. Beli dulu baru tunggu yg buat. kasian amat tunggu indonesia selesai buat sudah ada pespur gen 6. mau di colek colek sama f35 sonotan??

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.