Latest News

Pesawat Siluman J-20 China Terbang dengan Weapon Bay Terbuka

J-20

Beberapa hari lalu di media-media online China muncul gambar dan video yang menunjukkan pesawat tempur generasi kelima Chengdu J-20 Mighty Dragon melakukan uji coba penerbangan dengan pintu weapon bay (teluk senjata) terbuka. Gambar dan video beredar pada 2 Juli 2013.

Ini merupakan pertama kalinya muncul gambar pesawat tempur China itu membuka weapon bay yang akan menjadi tempat beberapa senjata.

J-20 dengan weapon bay terbuka

Yang perlu diperhatikan, bagian dalam weapon bay itu sengaja dibuat kabur dengan efek Photoshop dari lambang khas Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China untuk menyembunyikan senjatanya.

Namun tidak jelas apa maksud efek pengkaburan ini, bila memang ingin menutupi seluruh weapon bay, mengapa kepala rudal yang dibawa J-20 masih ditampilkan. Apakah ini hanya karena hasil edit Photoshop yang buruk atau China memang ingin membuat tanda tanya tentang rudal apa yang bakal dibawa oleh J-20 nantinya.

Weapon bay adalah tempat untuk menyimpan senjata (rudal). Senjata sengaja ditempatkan di dalam weapon bay agar tidak terdeteksi oleh radar (terlindungi oleh pintu) yaitu untuk menjaga RCS (Radar Cross Section) serendah mungkin. Weapon bay tetap tertutup hingga rudal digunakan.

J-20 dengan weapon bay terbuka

Weapon bay J-20

Namun tak lama setelah kemunculan gambar J-20 dengan weapon bay yang dikaburkan, muncul pula gambar J-20 dengan weapon bay yang tidak diedit. Menunjukkan J-20 dengan weapon bay terbuka dengan dua rudal PL-12 udara-ke-udara. Rudal yang satu tampaknya PL-12B dan rudal satunya lagi tampaknya juga PL-12B atau C yang tidak bersirip.



0 Response to "Pesawat Siluman J-20 China Terbang dengan Weapon Bay Terbuka"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.