Latest News

Fantastis, Transportasi Kargo Militer AS 2012

Militer Amerika Serikat merupakan pengguna transportasi kargo terbesar dari seluruh militer di planet ini. Tahun lalu, misalnya, militer AS telah melakukan 84.906 penerbangan untuk memindahkan 1,9 juta penumpang dan 598.000 ton kargo. Melakukan 20.870 kali penerbangan pesawat tanker untuk melakukan pengisian bahan bakar udara, yang total telah mentransfer 573.000 ton bahan bakar untuk 83.169 pesawat dan helikopter.

Militer AS menurunkan kargo di Afghanistan
Militer AS menurunkan kargo di Forward Operating Base Walton, Afghanistan, 24 Juli 2012 (Foto : US Army/Sersan Gregory Williams)

Dari angkutan laut, 568.000 meter kubik kargo telah dipindahkan. Ada juga 37.712 palet amunisi dan 46 juta barel bahan bakar dipindahkan melaui laut. Kontraktor sipil turut andil dalam separuh total transportasi udara dan 67 persen dengan kargo laut.

Untuk tujuan Afghanistan, kargo laut harus diangkut lagi dengan truk untuk dibawa ke pangkalan atau depot besar. Selanjutnya kargo dipindahkan lagi ke ratusan pangkalan kecil dengan angkutan udara (besar dan kecil) yang dijaga ketat konvoi.

Militer Amerika Serikat telah menjadi pengguna transportasi logistik terbanyak dan terjauh sejak Perang Dunia II. Kemampuan transportasi logisitik AS ini memang belum tertandingi negara manapun. Ya bagaimana mau menandinginya, negara besar lain kan bukan "polisi dunia" seperti AS. Sekutu calling, AS pun coming.


0 Response to "Fantastis, Transportasi Kargo Militer AS 2012"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.