Latest News

ADAPTIV, Sistem Kamuflase Tank Baru BAE Systems

Bayangkan jika ada tank yang dilengkapi dengan perangkat selubung yang mampu mengecoh sistem inframerah kendaraan musuh, tentu saja tank-tank seperti ini akan bertahan lebih lama di medan perang. Kedengarannya memang seperti adegan dalam film Harry Potter, tapi BAE Systems, perusahaan pertahanan multinasional Inggris, membuatnya mungkin.

ADAPTIV pada CV90
Kendaraan tempur infanteri CV90 yang dilengkapi dengan ADAPTIV (Foto : BAE Systems)

BAE Systems mengembangkan sistem kamuflase unik yang disebut ADAPTIV, yang menjadikan tank/kendaraan militer membaur dengan lingkungannya, tidak akan terdeteksi oleh sistem pendeteksi panas (thermal imaging).

Saat operasi-operasi militer di padang pasir, hutan dan perkotaan, ADAPTIV akan mencegah deteksi terhadap kendaraan militer dengan cara menyamakan suhu mereka dengan suhu lingkungannya. Perangkat ini juga dapat membuat tank terlihat seperti benda-benda lain, seperti semak-semak, binatang, bebatuan, mobil dan meniru kendaraan-kendaraan lainya yang dianggap tidak membahayakan oleh musuh.

ADAPTIV dikembangkan dan dipatenkan di Swedia setelah Swedish Defence Materiel Administration (FMV) di Örnsköldsvik, Swedia, diberi tugas oleh BAE Systems untuk mengembangkan teknologi skala penuh untuk kendaraan darat guna menghindari deteksi dari sistem sensor panas.

Kamuflase ADAPTIV
Bekerja layaknya bunglon, mampu meniru lingkungannya atau menyalin objek lain seperti truk dan mobil. (Foto : BAE Systems)

Setelah melakukan tiga tahun penelitian yang matang, tim proyek yang berjumlah tujuh orang, dengan keahlian di bidangnya masing-masing antara lain perangkat lunak, elektronik dan desain, mengembangkan sebuah perangkat kamuflase unik untuk kendaraan darat.

Sistem kamuflase teknologi tinggi ini menggunakan modul, yang terlihat seperti sel-sel yang mirip sarang lebah untuk menutupi sisi-sisi dari sebuah kendaraan lapis baja. Modul dibuat dari unsur-unsur yang dapat didinginkan atau dipanaskan dengan sangat cepat melalui kontrol yang mudah, sehingga berbagai pola berbeda bisa diterapkan.

Kendaraan yang menggunakan ADAPTIV pada dasarnya beroperasi layaknya bunglon, mampu meniru lingkungannya, atau meniru bentuk objek lain seperti truk dan mobil. ADAPTIV juga mampu memunculkan "sinyal damai" melalui pesan teks/simbol yang berkedip di sisinya dengan menciptakan pola-pola yang dapat dengan mudah dikenali oleh pasukan teman.

ADAPTIV pada helikopter
Ilustrasi komputer : Helikopter HKP15b dilengkapi dengan ADAPTIV (Foto: BAE Systems)

Teknologi ini akan siap diproduksi dalam dua tahun ke depan terutama untuk kendaraan tempur infanteri Swedia CV90 (gambar atas), dan di masa depan akan digunakan untuk kendaraan laut dan udara, yang mungkin akan menjadikan helikopter terlihat seperti awan dan kapal perang seperti gelombang.


5 Responses to "ADAPTIV, Sistem Kamuflase Tank Baru BAE Systems"

  1. itu berfungsi klo malam tapi klo siang hari kayaknya bakal ketahuan

    ReplyDelete
  2. Sistem kerja produk ini ibarat menempelkan ribuan TV LCD kecil pada mesin perang untuk kamuflase

    ReplyDelete
  3. sistem kerjanya sama kayak ECS (electronic conceal system)

    ReplyDelete
  4. Kalo sama radar terdeteksi apa ndak ya?

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.