Latest News

2 Prajurit AL Singapura Selesaikan Kursus Selam di Kobangdikal

Dua prajurit asal Angkatan Laut Singapura (RSN) berhasil menyelesaikan Basic Diving Course (Kursus Selam Dasar) di Sekolah Selam Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus), Komando Pendidikan Operasi Laut, Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal), Rabu, 17 Juli 2013.

Dua prajurit Angkatan Laut Singapura Lulus Pelatihan Kobangdikal

Dua prajurit angkatan laut negeri Singa tersebut adalah 2 dari 8 peserta kursus Basic Diving Course yang dihelat selama satu bulan. Mereka adalah Master Sergeant (MSG) Chen Wellong Melvin dan Tan Teck Loong, sementara 6 orang lainnya berasal dari satuan-satuan TNI AL wilayah barat dan timur.

Menurut Komandan Pusat Pendidikan Khusus (Danpusdiksus) Kolonel Laut (P) Zainal Akbar, S.Sos, hadirnya prajurit asing dalam kursus ini menggambarkan wujud kerjasama antara Indonesia dan Singapura khususnya TNI AL dengan RSN dalam pendidikan militer.

Menurut Danpusdiksus, secara umum, kursus ini bertujuan memberikan keterampilan dasar tentang penyelaman yang difokuskan pada materi penguasaan tentang peralatan selam scuba dengan prosedur yang benar.

Dengan memiliki dasar keterampilan ini, lanjutnya, tentunya dapat menambah kebanggaan tersendiri bagi para personel peserta kursus, terlebih dalam kursus ini diikuti pula prajurit RSN sekaligus bukti kepercayaan dari RSN kepada lembaga pendidikan TNI AL yang harus dijaga dan ditingkatkan agar TNI AL ke depan lebih diakui oleh angkatan laut negara lain.

Perlu dipahami bahwa setiap personel TNI AL memiliki kewajiban menjaga keutuhan NKRI, tentunya sangat tepat bila setiap personel TNI AL dibekali keterampilan, misalnya kemampuan penyelaman seperti prajurit yang mengikuti kursus ini, mengingat tugas ke depan yang pasti akan semakin berat.

"Selamat atas keberhasilan menyelesaikan kursus ini, saya berharap kemampuan yang didapat dari kursus ini dapat berguna dan terus dikembangkan di satuan manapun anda bertugas," terangnya.

Sementara itu menurut Komandan Sekolah Selam (Danseselam) Mayor Laut (KH) Akhmad Fauzi, S.Pd, mengatakan kursus selam dasar kali ini berbeda dari biasanya, terutama pada sisi instruktur yang mengajar selama kursus berlangsung.

"Sehubungan ada siswa dari luar negeri, maka kami menyiapkan instruktur yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dan pernah melaksanakan kursus penyelaman di luar negeri seperti di Royal Australia Navy (RAN)," jelasnya.

Menurutnya, untuk tahun ini siswa dari RSN berjumlah 2 orang, sedangkan untuk kursus mendatang direncanakan akan melibatkan siswa dari beberapa negara Asean lainnya selain Singapura seperti Malaysia, Filipina dan Brunei.

Kobangdikal


1 Response to "2 Prajurit AL Singapura Selesaikan Kursus Selam di Kobangdikal"

  1. Gambaran secara umum memang kita bangga militer dr negara lain percaya dg instruktur selam dr indonesia. tp sisi negatifnya adl krn ini hubungannya dg militer maka jgn sampai trik trik khusus dlm penyelaman scuba diajarkan ke mereka. krn yg sudah2 nantinya negara yg kita ajarin suatu saat mereka akan lbh menguasai drpd kita. satu contoh dl dokter2 di malaysia belajar ke kita. tp skrg mereka malah lbh berkompeten.
    maaf bukannya pelit berbagi ilmu. tp berbagi ilmu dg cara kita juga mendapatkan ilmu yg sepadan dr mereka. Bagaimanapun juga kita gk mau negara tetangga lbh hebat dr NKRI.

    Jayalah Indonesiaku..!!!

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.