Latest News

Manuver Sukhoi Su-35, Bikin Lupa Manuver F-22 dan F-35

Sukhoi Su-35

Sukhoi Su-35 (Sebutan NATO : Flanker E), adalah versi terbaru dari pesawat tempur super manuver multiguna buatan Rusia yang telah menunjukkan kemampuannya yang menakjubkan di hari pertamanya saat pameran penerbangan Paris Air Show ke-50 di Le Bourget, Paris, Prancis.

Dalam video, pesawat tempur generasi 4++ ini mempertunjukkan beberapa manuver yang bisa dikatakan hampir mustahil dilakukan, sekaligus mendemonstrasikan handling authority kecepatan rendah yang menakjubkan.


Ok, itu memang bukan pesawat siluman (namun banyak sumber mengatakan Su-35 bisa mendeteksi pesawat siluman seperti F-35 pada jarak lebih dari 90 kilometer), tetapi sekali saja Su-35 terlibat dalam pertempuran udara dalam jarak visual (WVR), Su-35 akan dengan mudah bermanuver untuk mengarahkan "hidung" dan senjatanya ke arah manapun untuk menemukan posisi yang tepat untuk "membunuh".

Beberapa minggu lalu, banyak yang terkesan dengan sebuah uji coba penerbangan yang dilakukan oleh F-35 JSF. Dalam video itu F-35 memeragakan manuver serangan sudut tinggi (AOA).

Bill Flynn, pilot uji coba Lockheed Martin yang bertanggung jawab untuk kegiatan ekspansi penerbangan untuk JSF baru-baru ini mengatakan bahwa semua varian Joint Strike Fighter (3 varian) akan memiliki kinerja kinematik yang lebih baik dari pesawat tempur generasi kempat, termasuk Eurofighter Typhoon dan Boeing F/A A-18-E/ F Super Hornet.


Manuver F-35 yang ditampilkan dalam video tampaknya biasa saja  Berbeda sekali dengan Sukhoi Su-35 yang sangat mengesankan.


31 Responses to "Manuver Sukhoi Su-35, Bikin Lupa Manuver F-22 dan F-35"

  1. Ya bener setuju banget Admin.ngak ada apa2 banget tuh F-35,harus Indonesia punya tuh SU-35 minimal 2lusin mantab dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, ntar kita buat dari kertas koran sama sampah, OK?

      Delete
  2. Hebat Banget Ya :D , tp ada gak manuver cobra2 vitu?

    ReplyDelete
  3. kapaaan ya indonesia mau beli ini barang???

    ReplyDelete
  4. TNI wajib punya pesawat SU-35
    buat menambah kekuatan udara TNI AU .

    ReplyDelete
  5. saya rasa F-35 tetap lebih unggul karena bisa berhenti di udara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ha ha.....

      Delete
    2. yaa, bisaaa hahahaha
      ada sistem detection nya juga buat parkir kan bro?,,,,

      Delete
    3. Berhenti di udara malah di sikat rudal donk... Aq pilih Su-35. Biar kita lebih memiliki harga diri di depan australia (operator F/A-18 Hornet dan Super Hornet sekaligus pemesan F-35), dan juga di mata malaysia yg juga pake Hornet disamping MiG-29 dan Su-30MKM.. Jadi TNI-AU, Su-35S ajalah...

      Delete
  6. stop n knock down.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stop and wait to be destroyed wkwkwkwk

      Delete
  7. Kok bandingkan pesawat yg msh dalam tahap pengembangan dgn pesawat yg siap pakai beda lah..lagian spesifikasi pesawat keduannya ada keunggulan masing2

    ReplyDelete
  8. Berhenti di udara malah tambah gampang bidiknya.

    ReplyDelete
  9. berhenti di udara krn ada lampu merah.....................takut di tilang polisi.

    ReplyDelete
  10. indonesia ntar pasti beli su35 koq,20 thn lg lah nunggu tekhnologi su35 dah ketinggalan jaman biar jatuhnya murah dan bs utang lg

    ReplyDelete
  11. Bisa saja SU-35 menjadi pesawat semi stealth dengan bahan penyerap radar dan perubahan dari sudut-sudut di pesawat seperti yang dilakukan Boeing dengan F-15 Silent Eaglenya

    ReplyDelete
  12. sayang kedua pesawat tersebut belum teruji dalam pertempuran kalau keduanya bertemu jadi agak ambigu juga kalau klaim paling hebat....lagian cuma manuver kan dari segi yg lain blom tentu

    ReplyDelete
  13. sukhoi tetap lebih unggul di bandingkan f22 dan f35

    ReplyDelete
  14. Tuh sukhoi kalo ga salah bisa nembak kearah belakang....!!!

    ReplyDelete
  15. Berhenti di udara mau ngapain .... nunggu.kena rudal.byar hancur

    ReplyDelete
  16. Kl.beli f35 indonesia bakal jadi buntut Amerika trs.ndk bakal kita diatasnya.mending su35 dak bakal kena embargo jg

    ReplyDelete
  17. TNI-AU pake Su-35S aja..
    Biar punya harga diri di mata Australia dan Malaysia yg sama2 pake F/A-18 Hornet..
    Malaysia disamping punya 8 unit F/A-18D Hornet, juga pake pesawat rusia sih, yaitu MiG-29M (18 unit) dan Su-30MKM (ga tahu jumlahnya)..
    Jadi mending TNI-AU pesan Su-35S aja yg lebih canggih dari MiG-29 dan Su-30 Malaysia, sekaligus lebih jago di udara ketimbang F/A-18 Hornet Australia dan Malaysia (termasuk 24 Super Hornet Australia yg terbaru..
    Dan di masa datang sedikit bikin penerbang2 F-35 Australia deg-deg'an krn radar Su-35S (irbis-E) dah sanggup mendeteksi jet tempur siluman sekelas F-35 pada jarak yg masih dirahasiakan..

    ReplyDelete
  18. Jgn bangga dgn produk barat...bisa2 embargo senjata swaktu2 bs menghantui pertahanan TNI... russia china ex blok timur jaminan tnp diBlok...tp tentuny harus maju jg n mndiri produk dlm negeri.. jaya TNI..

    ReplyDelete
  19. jika dilihat manuvernya secara visual Sukhoi SU-35 keren bgt...F/A-18 super Hornet & F-35 rasanya lewat, TNI Au punya 2 skuadron aja (32 pesawat) udah sangar bgt tuh apalagi bisa punya lebih byk lagi

    ReplyDelete
  20. Ya gak bisa dibandingkan langsung dengan SU35S. F35 peran utamanya pesawat serang, pengganti F/A 18. Itupun kalo itu wilayah udara sudah disterilkan oleh F22 sebagai air superiority. Makanya siluman cuman dari depan, minus supercruise, lemot dan pendek jarak terbangnya. Bisa dibilang F35 pesawat generasi 5 minus.

    ReplyDelete
  21. war is not health for women and children

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.