Search
» » Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 15 Dunia

Bersumber dari Perpustakaan Kongres AS, CIA.gov, EIA.gov. Wikipedia, energy.eu dan SIPRI.org, situs analisis militer Global Fire Power (GFP) merilis daftar 68 negara yang memiliki kekuatan militer terbesar.

Dengan 438.410 personel aktif, 400 tank, 444 pesawat dan 187 helikopter, dan 150 KRI, kekuatan militer Indonesia menduduki peringkat 15 dunia, di atas Iran dan dibawah Mesir. Dikatakan GFP, kekuatan militer Indonesia tidak hanya berkutat di dalam negeri saja namun sudah sanggup melawan invasi negara lain.

Kekuatan militer Indonesia

Mengapa Indonesia memiliki ranking yang baik menurut GFP? Karena perhitungan GFP tidak hanya terfokus pada jumlah dan kecanggihan alutsista. Perankingan GFP berdasarkan "power index," yang mana Indonesia adalah 0,7614 sedangkan peringkat 1 AS memiliki power index 0,2457 diikuti Rusia dan China masing-masing 0,2618 dan 0,3351.

Power index sendiri dipengaruhi oleh 40 faktor antara lain total populasi, personel aktif, total persenjataan darat, laut dan udara, logistik, pangkalan, produksi dan konsumsi minyak dan lain-lain. Sedangkan kekuatan nuklir tidak dihitung. Sebenarnya peringkat Indonesia kali menurun dua tingkat setelah update pada April lalu. Waktu itu peringkat Indonesia ada di nomor 13. Untuk lebih jelasnya silahkan ubek-ubek situs GFP disini.

Photo : Capture and edited from GFP

Share !
«
Newer Post
»
Older Post

29 comments:

  1. Mario_bross42:

    Gak yakin kl peringkat kita diatasnya iran. mungkin dlm jml alutsista kita lbh banyak, tp dg melihat alutsista kita yg sdh kakek2 apa iya bs menandingi kekuatan iran yg sll upgrade tiap thn terutama dg rudal2 mereka.
    Maaf bukanya pesimis dg kekuatan militer kita.
    Bagaimanapun militer kita harus bs yg paling kuat di Asia tenggara. Jayalah INDONESIA

    ReplyDelete
  2. Semoga TNI bs mendapatkan senjata" yg lbh canggih lagi

    ReplyDelete
  3. Jng percya cma bginian ..

    Gak ad yg tw kkuatan psty sbuah ngra sblom perang d'mulai ..

    Indo d'atas iran ?? jng2 emng sngja d'buat byr qta jumawa :p

    ReplyDelete
  4. Antara percaya dan tidak, mosok Belanda gak masuk ? Aneh, jangan-jangan Global Fire ini tidak akurat.

    ReplyDelete
  5. Jangan percaya.... dibandingkan dgn negara tetangga,kualitas alutsista RI msh minim. Negara kita di kelilingi negara2 koloni inggris yang punya kerjasama pertahanan aktif. Militer RI mutlak hrs lbh kuat dr mereka dlm segala aspek.

    ReplyDelete
  6. setau gw russia punyatank terbanyak di dunia yaitu 22.000 tank kok di tulis 2.800 kayanya berinya nya hoax nii

    ReplyDelete
  7. kalau bisa TOT terus biar bisa buat sndri besok besok

    ReplyDelete
  8. ng twu yh lw indonesia puxa marinir puxa kemampuan serang pantai dan darat..puxa kopassus pasukan elit yg d takuti di dunia..walaupun bxak rudal klw kemampuan prajuritx cemen percuma...iran mana ada marinirx...

    ReplyDelete
  9. Kalo w si percaya ga percaya,,yang jelas militer indonosia pernah begitu di takuti oleh dunia ketika di zaman soekarno,,kala itu indonesia bersekutu dengngan uni soviet....

    ReplyDelete
  10. SANJUNGAN ADALAH RACUN

    ReplyDelete
  11. 438k pasukan aktif , dan ratusan juta siap mati hahaaha

    ReplyDelete
  12. jangan pernah merendahkan kualitas prajurit TNI. pada Juli 2012 lalu, kontingen TNI AD berhasil memenangi kejuaraan menembak antar tentara se dunia di Australia. kontingan TNI berhasil meraih 32 medali emas dari 40 medali yg diperebutkan. jauh diatas kontingan AS, Inggris, dan Australia.......

    ReplyDelete
  13. Indonesia emang hebat,buktinya kita bisa merdeka dgn senjata biasa melawan belanda yg menggunakan peralatan lebih canggih.

    ReplyDelete
  14. kalau dilihat dari segi skill n kemampuan idividual prajurit saya rasa bisa di posisi 11 ato 10 malah,,,,,,,,klo dilihat dari segi peralatan tempur segitu jg dah lumayan....................

    ReplyDelete
  15. klo dari jumlah alutsista mungkin percaya,kanna emg negara kita punya banyak sekali tank dan pswt jg kapalAL dan mungkin jauh lebih bnyk dr malay maupun aussie,cm yach tersebar ke 37 propinsi.jd sama aja boong krn ga bisa di mobilisasi dg cepat klo kita dlm keadaan darurat.

    ReplyDelete
  16. suka maupun tidak ,tapi pandangan saya pribadi mengatakan bahwa,''ranking 15 yg diduduki indonesia sangat ridak pas dengan situasi kekuatan tempur indonesia sekarang,bukan sejarah dahulu yg sekarang sudah tidak punya arti untuk membuat negara tetangga takut pada indonesia. dan boleh di sama artikan,dengan perkataan .dulupernah jadi orang kaya tapi sekarang miskin.seharusnya kita tidak usah pergi jauh-jauh untuk melihat dan mengatakan INDONESIA( militer indonesia adalah yg akan terkuat di asia(macan asia). lihat kekuatan militer vietnam,teliti secara keseluruhan kelemahan militer vietnam vs indonesia.kekuatan militer vietnam vs kekuatan militer indonesia.padahal pertumbuhan ekonomi vietnam di bawah ekonomi indonesia.dengan kondisi peralatan indonesia yg minim(angkatan udara 0 apakah wajar indonesia duduk di ranking itu..?lihat siapa yg berada tepat di bawah indonesia, iran,japan,north korea,arabsaudi,apakah masuk akal kita bisa merada di atas mereka..maaf bagi saya rangkingh ini adalah pembodohan yg nyata.dengan jelas north korea bisa mambuat rudal balistik antar benua,taipodong 2.indonesia R-HAN,PRODUKSI LAPAN.negara mana yg tidak tau pasukan beladiri mereka,china aja masih mikir2 mau mengahantam japan,atas pulau sengkaku.dan terakhir japan telah membuat pesawat tempur keluaran mitsubishi,dan yg terbaru japan telah /dalam pembuatan pesawat tempur generasi 6,berkemampuan anti stealth....maaf mungkin dengan kalimat ini.pasti ada para teman dan saudara yg mengatakan saya antek asing,mata2 asing.penghianat negara tidak patriot ,penakut dan sebagainya.silahkan anda katakan apa yg anda suka,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju banget.. rating ini mungkin hanya bagian dari strategi "mereka"

      Delete
    2. Kan sudah dijelaskan ada 40 faktor yang menentukan pringkat tersebut,..

      Delete
  17. *yang jelek"in indonesia emang yakin indo ga sekuat itu? emg yakin brita yg digembor-gembor pembelian senjata dan peralatan tempur cuma sebanyak itu? dengan kondisi dikelilingi byk negara yg rese emg yakin indo bakal buka"an tntg jmlh senjata dan teknologi yg mereka beli? bego aja kalo emg di publikasi totalnya -__-

    *udah cari tau juga blm siapa yg udah siap mensupport indonesia kalo bnr" terjadi perang?! jgn remehin diplomasinya loh.
    *tau juga gak peringkat hacker indonesia? perang bkn cuma fisik doang loh, kalo emang niat perekonomian negara lain bisa diacak-acak sama hacker sebelum perang, ekonomi ancur mana ada dana buat perang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hacker Indonesia peringkat brpa?

      Delete
    2. krg jls bro, yg pasti 5 besar bro. prusahaan internet di luar negeri aja ragu bangun server d Indonesia krna hackernya kyk jamur.

      Delete
  18. sori.. w ga percaya banget sm nih sumber. Iran dan Jepang di bawah Indonesia..? mana mungkin.

    ReplyDelete
  19. Sorry bro bukannya apa2 ya. Kalo segi kekuatan pasukan sih indo menang. Tapi kalo TEKNOLOGI GAK YAKIN. koreksi bro hehehe

    ReplyDelete
  20. malingsial adlh t4 yg layak buat uji coba

    ReplyDelete

  21. Yg jelas peringkat 1 yg menang itu palestina . penduduk 2 jt tanpa militer bisa hajar israel
    Cm dg lsm doang
    Apalagi klo pny peralatan canggih
    Gw yakin klo indonesia kudu perang bisa lebih hebat dari barat

    ReplyDelete