Latest News

Kalashnikov Hadiahkan Namanya Sebagai Merk Dagang

Mikhail Kalashnikov
 
Desainer senjata legendaris Mikhail Kalashnikov memberikan hak untuk menggunakan namanya kepada perusahaan patungan baru yang dibentuk oleh perusahaan Izmash dan Izhmeh. Terlepas dari kenyataan bahwa produsen bersedia untuk menawari Kalashnikov uang mulai satu setengah hingga tiga juta rubel untuk penggunaan namanya sebagai merk, Kalashnikov malah memberikannya secara gratis.

"Mikhail Kalashnikov adalah seorang patriot, seorang patriot sejati. Tak ada satu kata pun yang keluar dari mulutnya untuk menerima pembayaran," Interfax mengutip Direktur Jenderal JSC NPO Izhmash Konstantin Busygin, yang membuat pernyataan pada Jumat lalu dalam sebuah konferensi pers. Busygin juga menambahkan bahwa dokumen (hak menggunakan nama Kalashnikov) telah ditandatangani pada bulan Februari lalu.

Perusahaan besar yang akan dibentuk nantinya, yaitu "Kalashnikov" akan menggabungkan (joint) perusahaan-perusahaan terbesar dari industri pertahanan Rusia untuk memproduksi berbagai senjata dan amunisi di bawah satu merk. Merger harus diselesaikan dalam tiga bulan ke depan. Setelah selesai, perusahaan akan menggunakan nama Kalashnikov.

Negosiasi dengan kelurga Kalashnikov dimulai pada tahun lalu. Pada saat itu, perusahaan hanya berhak menggunakan nama sang desainer hanya untuk beberapa jenis produk militer saja. Sementara itu, tampaknya akan lebih tepat untuk secara substansial memperluas jangkauan seperti itu (menggunakan nama Kalashnikov untuk perusahan), dan akan bermanfaat baik bagi perusahaan maupun Mikhail Kalashnikov sendiri, karena perusahaan akan memberikan Kalashnikov penghasilan yang tetap melalui penjualan produk yang diproduksi di bawah namanya. Inilah tujuan yang dinyatakan oleh Izhmash. Sekarang, bagaimanapun, perusahaan tampaknya sangat senang dengan sikap patriotisme Kalashnikov yang menjadikan perusahaan tidak perlu membayarnya. Telah dicatat sebelumnya, bahwa nilai merk "Kalashnikov" diperkirakan senilai US $ 10 miliar, berbeda jauh dari yang ditawarkan oleh perusahaan itu.

Mikhail Kalashnikov adalah individu yang unik. Anak ketujuhbelas yang terlahir dari keluarga petani. Kalashnikov sekarang berusia 93 tahun dan terkenal di seluruh dunia. Sejak tahun 1999, ia telah memiliki pangkat letnan jenderal. Pernah ia berkunjung ke suatu tempat, ia disambut bak seorang bintang film. Diluar ketenarannya, ia malah tinggal di sebuah rumah biasa, tidak ada lift, sangat sederhana, dan tanpa embel-embel. Kalashnikov hampir menderita ketulian karena trauma akibat kegiatan menembaknya dan selama uji coba senjata penemuannya yang tak terhitung jumlahnya. Meskipun permintaan yang luar biasa untuk penemuan Kalashnikov, aktivitas desainnya tidak menjadikannya kaya. Ini bukan karena Mikhail Kalashnikov tidak bisa mengambil keuntungan dari peluang yang ada, namun karena ia memang tidak mau melakukannya. Dengan sikap yang sama, ia juga tidak berusaha mengambil keuntungan dari penggunaan namanya sebagai merk dagang, bahkan ia memberikannya sebagai hadiah.

Izhevsk Machine-Building Plant (NPO "Izhmash") memproduksi berbagai jenis senjata militer, olahraga, senapan berburu, senapan angin, peluru artileri precision-guide, sistem kontrol, serta mesin dan peralatan berkualitas tinggi. Ada banyak produk Izhmash dengan nama Kalashnikov yang dibuat antara lain AK-74M, AK-9, AK-12, dan seri 100 Kalashnikov.

Izhevsk Mechanical Plant (JSC "Izhmeh") juga melakukan aktivitas produksi senjata, baik untuk militer dan juga sipil. Selain itu, perusahaan ini juga menghasilkan alat-alat listrik, peralatan pengemasan, peralatan gas, peralatan medis dan baja tuang (precise steel castings). Namun basis utama produksinya adalah senjata militer dan senapan berburu, dan secara khusus, Izhmeh paling banyak menghasilkan senapan berburu di Rusia yaitu IZH-27.

Selain dua perusahaan besar tersebut, diperkirakan bahwa perusahaan Kalashnikov nantinya juga akan mencakup beberapa perusahaan besar lainnya. Salah satu kemungkinan besar adalah perusahaan Vyatsko-Polyansky plant "Molot", yang terletak di wilayah Kirov. Perusahaan ini juga memproduksi senjata militer dan sipil, termasuk senapan mesin ringan Kalashnikov RPK dan senapan mesin Kalashnikov RPK-74.

Perusahaan lain industri pertahanan di Rusia juga berkemungkinan akan turut bergabung, namun belum ada data resmi yang menunjukkannya.
 
(Kredit foto : Barrybar / Flickr)


0 Response to "Kalashnikov Hadiahkan Namanya Sebagai Merk Dagang"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.