Latest News

Al-Zarrar, Tank Tempur Utama Pakistan

Al-Zarrar

Al-Zarrar adalah tank tempur utama (MBT) Angkatan Darat Pakistan, dikembangkan dan diproduksi oleh Heavy Industries Taxila (HIT) Pakistan. Al-Zarrar dikembangkan dari hasil modernisasi dan pembangunan kembali (rebuilding) tank China Tipe 59 (T-59). Diketahui, biro desain KMDB Ukraina juga diikutsertakan dalam proyek pembangunan Al-Zarrar.

Program pengembangan Al-Zarrar dimulai pada tahun 1990. Dilaporkan, Pakistan menginstruksikan pembangunan 400 tank Al-Zarrar dan batch pertama sejumlah 80 tank dikirim ke Angkatan Darat Pakistan pada 26 Febuari 2004.

Puluhan pekerjaan modifikasi yang dilakukan pada T-59 menjadikan Al-Zarrar sebagai tank baru yang efektif. Dilengkapi dengan persenjataan modern, sistem kontrol tembak, sistem kebakaran, dan perlindungan balistik, upgrade Al-Zarrar juga ditawarkan oleh HIT untuk Angkatan Darat negara-negara asing yang ingin meng-upgrade tank T-59 atau juga T-54/T-55 mereka dengan standar Al-Zarrar.

Pada tanggal 21 Oktober 2008, Panglima Angkatan Darat Bangladesh bertemu dengan timpalannya dari Pakistan untuk membahas program modernisasi armada tank T-59 Bangladesh. Bangladesh bermaksud untuk meng-upgrade 300 tank T-59 milik Angkatan Daratnya dengan standar Al-Zarrar, menjadikan negara itu sebagai pelanggan ekspor pertama Al-Zarrar.

Al-Zarrar

Pengembangan Al-Zarrar

Tank T-59 sudah lebih dari 30 tahun digunakan oleh Angkatan Darat Pakistan. Jumlahnya pun terlalu banyak untuk dibuang dan diganti dengan yang baru, sehingga Pakistan memutuskan program upgrade bertahap pada tahun 1990 dengan HIT sebagai penanggungjawabnya. Idenya adalah meng-upgrade persenjataan, mobilitas dan perlindungan untuk T-59 yang nantinya memungkinkan tank tersebut bersaing di perang modern. Upgrade ini dianggap lebih ekonomis daripada menggantinya dengan MBT modern baru.

Tahap pertama dari program upgrade selesai pada tahun 1997 dan tahap kedua dimulai pada tahun 1998. Pada tahap kedua, HIT membangun kembali tank dengan memodifikasi 50 fitur lama dari T-59. Dengan memasukkan beberapa sistem milik HIT, yang aslinya adalah dikembangkan untuk tank Al-Khalid -versi lain yang dikembangkan Pakistan bersama China-.

HIT mengembangkan tiga prototipe dari Al-Zarrar dan berbagai uji coba teknis dan operasional dilakukan oleh HIT dan Angkatan Darat Pakistan. Versi produksi dari Al-Zarrar muncul pada tahun 2003. Upgrade untuk masa depan (tahap ketiga) dari pembangunan Al-Zarrar juga dilakukan agar tank ini tetap kompatibel dengan peralatan tank modern. HIT juga mampu untuk meng-upgrade tank T-54 dan T-55 menjadi standar Al-Zarrar.

Desain Al-Zarrar

Untuk membangun Al-Zarrar, setidaknya ada 54 pekerjaan modifikasi yang dilakukan pada tank T-59. Modifikasi besar meliputi perbaikan persenjataan, balistik dan proteksi lapis baja, sistem kontrol tembak, mobilitas dan GPS. Sistem kontrol tembak terdiri dari fitur semi otomatis, stabilisasi gambar terkomputerisasi dan pencitraan termal untuk pertempuran siang dan malam hari.

Al-Zarrar

Persenjataan

Senjata utama Al-Zarrar adalah meriam smoothbore 125 mm berlapis krom dengan auto-frettaged. Dilengkapi sistem autoloader semi-otomatis, sistem stabilisasi dual-axis dan pemandangan termal untuk komandan dan penembak yang terintegrasi ke dalam sistem kontrol tembak. Senjata sekunder terdiri dari senapan mesin berat 12,7 mm anti-pesawat yang dipasang pada turret, yang memungkinkan kru untuk menembak sasaran dari dalam tank, dan dua senapan mesin koaksial 7,62 mm.

Al-Zarrar dapat menembakkan APFSDS, HEAT-FS, HE-FS dan peluru kendali anti-tank. Al-Zarrar juga dapat menembakkan amunisi Naiza 125 mm, uranium depleted (DU) yang dikembangkan sendiri oleh Pakistan. Naiza dapat menembus baja homogen dengan tebal 550 mm dari jarak 2 km.

Perlindungan

Perlindungan lapis baja dari T-59 telah ditingkatkan dengan lapis baja komposit, baja reaktif eksplosif dan lapis baja anti-ranjau. Memberikan peningkatan perlindungan dari rudal anti-tank, ranjau dan senjata lainnya.

Tank ini juga dilengkapi dengan sistem peringatan ancaman laser LTS-1, dikembangkan oleh Al Technique Corporation (ATCOP). ATCOP LTS-1 memperingatkan kru saat tank menjadi target penanda laser atau pengintai laser (laser rangefinder). Sisi turret dilengkapi dengan peluncur granat asap. Tank ini juga dilengkapi dengan supresi ledakan dan sistem pemadam api otomatis agar awak bertahan hidup. 

Al-Zarrar

Mobilitas

Mobilitas Al-Zarrar telah ditingkatkan dengan mengganti mesin daya 520 hp dari T-59 dengan mesin diesel liquid-cooled 12 silinder dengan daya output 730 hp. Mesin menghasilkan torsi output 305 kg.m pada rpm 1.300-rpm 1.400. Karet trek dan modifikasi sistem suspensi torsion bar memberikan kelincahan dan kestabilan dan kenyamanan bagi awak. Transmisi dan kekuatan untuk rasio berat adalah 18,3 hp/t (juga ditingkatkan) untuk menghasilkan kecepatan maksimum tank 65km/jam.

MBT Al-Zarrar
Tipe
Tank tempur utama (MBT)
Asal
China
Pakistan
Desainer
Heavy Industries Pakistan
Masuk layanan
2004
Jumlah dibuat
500+
Karakteristik dan spesifikasi
Berat
40 ton
Kru
4
Lapis baja
Modular composite armour
Explosive reactive armour
Senjata utama
Smoothbore 125 mm
Senjata sekunder
Senapan mesin :
-   anti-pesawat 12,7 mm
-   koaksial 7,62 mm
Mesin
Diesel 730 hp
Rasio tenaga/berat
18,3 hp/ton
Suspensi
Torsion bar
Jangkauan operasional
450 km
Kecepatan maksimal
65 km/jam


1 Response to "Al-Zarrar, Tank Tempur Utama Pakistan"

  1. yes Al-zarrar is very advanced tank of early 60's LOL..
    dude, how could you move on to the latest technologies if u're not honest to ur self..
    No Offense

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.