Latgab TNI 2013 : Penyerbuan Marinir di Pantai Banongan

Penyerbuan dalam Latgab TNI 2013 ini terjadi di Pantai Banongan, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, 3 Mei 2013. Daerah ini merupakan area latihan milik Marinir. Setelah serangan udara langsung, empat tank amfibi dan delapan kendaraan taktis amfibi marinir mendarat.

Kendaraan menyebar di sejumlah titik dan para pasukan marinir keluar dari kendaraan taktis serta menempati posisi dalam kondisi tiarap dengan senjata siap menembak. Kendaraan artileri dan peluncur roket juga mendarat di Pantai Banongan.

Kendaraan-kendaraan ini menembakkan roket RM 70 Grade dan artileri Howitzer berkali-kali ke sasaran yang telah ditentukan. Suara dentuman artileri dan suara roket memecah kesunyian pagi di Pantai Banongan.

Setelah itu, diterjunkan 1.000 pasukan Lintas Udara Brigade Lintas Udara 18 Kostrad dan Pasukan Khas TNI AU. Penerjunan dilakukan oleh 10 pesawat C-130 Hercules. Latgab TNI 2013 digelar di empat daerah yaitu Jakarta, Situbondo, Sangatta Kaltim dan Bima NTB, mengerahkan 16.745 prajurit TNI dan ratusan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Berikut foto-fotonya :

Pendaratan tank amfibi Marinir

Pendaratan tank amfibi Marinir
Pendaratan Pasukan
Sejumlah tank amfibi dari Resimen Kavaleri Korps Marinir TNI AL, melakukan pendaratan pada di Pantai Banongan, Situbondo, Jumat, 3 Mei 2013.


Presiden SBY di tank amfibi Marinir
Presiden SBY tinjau Latgab TNI
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono berada di atas tank amfibi LVT-7A1 milik Korps Marinir TNI AL, ketika melakukan pendaratan di Pantai Banongan, Situbondo, Jatim, Jumat, 3 Mei 2013.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyaksikan latihan penyerbuan pantai yang dilakukan oleh pasukan Marinir. Latihan ini juga disaksikan Wakil Presiden Boediono. Sebelum melihat latihan penyerbuan, Presiden mendarat ke pantai pada pukul 05.34 dengan menggunakan kendaraan amfibi LVT-7. Presiden naik kendaraan ini dari KRI Makassar-590.

Satu menit setelah Presiden, Wapres Boediono juga mendarat di Pantai Banongan dengan menggunakan LVT-7. Bedanya, Wapres naik kendaraan amfibi dari KRI Surabaya-591. Presiden  dan Wakil Presiden sama-sama memakai pakaian loreng. Di Pantai Banongan, Presiden dan Wapres menyaksikan latihan penyerbuan pantai yang diawali dengan dua gelombang serangan udara langsung oleh delapan pesawat Hawk.


Pasukan terjun tempur
Pasukan Lintas Udara
Sejumlah prajurit Yonif Lintas Udara (Linud) 501/Brajamusti melakukan terjun tempur dari pesawat angkut C-130 Hercules milik TNI AU pada di Pantai Banongan, Situbondo, Jumat, 3 Mei 2013.


Persiapan amunisi Howitzer 105
Penembakan Howitzer 105
Sejumlah pasukan Artileri Korps Marinir TNI AL, mempersiapkan amunisi Howitzer 105 pada Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Pantai Banongan, Situbondo, Jumat, 3 Mei 2013.


Penembakan MLRS RM-70/Grad
Penembakan Roket
Pasukan Artileri Korps Marinir TNI AL, meluncurkan roket multilaras RM-70/Grad pada Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Pantai Banongan, Situbondo, Jumat, 3 Mei 2013.

Sumber : Satgaspen Latgab TNI/Dispenad/ANTARA
Kredit foto (all) : ANTARA/Eric Ireng/Koz/Spt/13

0 comments:

Post a Comment

HOME
▲ Back To Top
NEWSLETTER

Masukkan email pada form di bawah ini lalu klik 'SUBMIT'. Setiap artikel terbaru akan kami kirimkan ke email Anda.


Sebagian besar kematian tempur di Perang Napoleon, Perang Dunia I dan Perang Dunia II disebabkan oleh artileri. Stalin menyebut artileri sebagai "God of War". Namun, ini hanya blog yang bernama ARTILERI.


  • facebook
  • twitter
  • google plus
  • rss