Latest News

Land Rover 4x4 Militer yang Melegenda

Land Rover Seri Pertama
Land Rover Seri I (Standar)
Salah satu kendaraan yang identik dengan operasi militer di seluruh dunia adalah Land Rover Seri II dan III dan Defender (90 SWB atau 110 LWB). Kendaraan 4×4 segala medan ini pertama kali diproduksi pada tahun 1948, berdasarkan desain dari kendaraan Willys / Jeep Bantam yang tenar saat Perang Dunia II ketenaran (di desain oleh Maurice Wilks).

Awalnya Inggris mendesain sebagian besar konstruksi Land Rover dengan aluminum, yang akhirnya melambungkan reputasi Land Rover sebagai kendaraan yang panjang umurnya dan tahan terhadap korosi, bahkan saat kondisi terberat.

Land Rover diproduksi di pabrik Solihull, dekat Birmingham, Inggris. Land Rover kini menjadi milik Tata Motors dari India, yang membeli Land Rover dan Jaguar dari Ford pada tahun 2008. Apakah akuisisi Land Rover oleh India ini akan berimbas pada kontrak pasokan militer untuk kendaraan baru, atau suku cadang? Tidak tahu.

LAND ROVER MILITER

Land Rover militer digunakan sebagai kendaraan ringan dan telah dimodifikasi menjadi berbagai fungsi kendaraan seperti pemadam kebakaran, excavator, kendaraan komunikasi, ambulans, snowplough (pembersih salju), six-wheel drive, amfibi dan versi track-propelled.

Kendaraan ini telah digunakan oleh militer Inggris serta sejumlah angkatan bersenjata negara-negara persemakmuran, Angkatan Bersenjata Italia dan juga telah digunakan oleh Angkatan Darat AS di Korea dan baru-baru di Irak dan Afghanistan (Special Air Service AS telah menggunakan Seri II A dan Seri III untuk pengintaian gurun jarak jauh di Irak - Pink Panther).

Land Rover seri III
Land Rover Seri III
Land Rover telah dianggap sebagai kendaraan "tahan banting" yang dapat diandalkan Angkatan Darat Inggris, juga digunakan untuk misi penyelamatan di perbukitan. Meskipun saat ini sudah ada kendaraan alternatif, namun Land rover masih sangat banyak digunakan. Land Rover pasukan Inggris berdasarkan model Series dan Defender, dan umumnya menggunakan mesin 300TDi 2,5l empat silinder (111 hp. 83 kw) yang sederhana dan tidak dikontrol secara elektronik.

Land Rover sebelumnya juga digunakan untuk tugas patroli di Irak dan Afghanistan, tetapi karena besarnya kemungkinan serangan di pinggir jalan (bom dan ranjau), sekarang kendaraan ini diganti dengan kendaraan lapis baja ringan (meskipun masih sangat berguna untuk tugas pengintaian).

MODIFIKASI LAND ROVER MILITER

Modifikasi Land Rover untuk penggunaan militer meliputi : suspensi heavy-duty, upgrade rem, sistem kelistrikan 24 volt, snorkel, lampu black-out, power take-off (PTO) shafts, derek, lampu konvoi, kompas matahari, electronic suppression untuk sistem pengapian, senjata ringan seperti senapan mesin, senapan recoil dan baru-baru ini dimodifikasi dengan peluncur granat otomatis Heckler dan Koch.

Ada juga jenis Land Rover Wolf yang merupakan desain kustom yang saat ini digunakan oleh pasukan Inggris dan Marinir Kerajaan Belanda.

Land Rover Wolf
Land Rover Wolf
Kendaraan ini dibuat berdasarkan Defender 90 dan 110 yang merupakan truk ringan (TUL) dan truk kelas menengah (TUM). Ada 23 versi dan spesifikasi yang ditujukan untuk penggunaan militer sebagai tugas tambahan (modifikasi untuk musim dingin/salju dan tugas di daerah tropis).

Tum versi long-wheelbase dilengkapi dengan kit senjata yang disebut sebagai WMIK (Weapons Mount Installation Kit) yang dikembangkan oleh Ricardo Vehicle Engineering. Sasis Land Rover jenis ini sudah diperkuat, menggunakan senapan mesin berat 12,7 mm, juga cocok untuk menggunakan senapan mesin 7,62 mm, ATGM Milan dan juga peluncur granat otomatis Heckler dan Koch.

Land Rover Defender 110
Land Rover 110 yang digunakan pasukan Inggris di Basra, Irak

KARAKTERISTIK LAND ROVER WOLF

Asal : Inggris
Berat : 1,6 t
Panjang : 4,55 m
Lebar : 1,79 m
Tinggi : 2,03 m
Kru : 2+6 penumpang
Senjata utama : Senapan mesin 12,7 mm
Senjata sekunder : Senapan mesin 7,62 mm
Mesin : Land Rover 300Tdi (111hp)
Suspensi : Wheel 4x4
Jangkauan operasional : 510 km
Kecepatan : 160 km/jam

All photos : Wikimedia

0 Response to "Land Rover 4x4 Militer yang Melegenda"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.