Latest News

Korea Utara Pindahkan Rudal Musudan dari Pantai Timur

Rudal Musudan

Korea Utara telah memindahkan dua rudal Musudan dari lokasi peluncuran di pantai timur negara itu, pejabat AS mengatakan Senin, 5 Mei 2013. Hal ini mengindikasikan turunnya ketegangan terkait kekhawatiran AS dan Sekutu atas uji coba rudal Pyongyang.

Rudal-rudal Musudan sebelumnya sudah siap diluncurkan kapan pun, namun mereka (Korea Utara) memindahkan rudal-rudal tersebut, ujar serang pejabat pertahanan AS yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada AFP.

Langkah Korea Utara ini berarti tidak akan ada lagi ancaman peluncuran rudal, dan setidaknya Pyongyang harus melakukan persiapan kembali agar rudal siap diluncurkan, kata pejabat AS tersebut.

Di tengah kekhawatiran AS dan sekutu atas sikap agresif dan ancaman mengerikan dari Korea Utara, dua rudal Musudan sebelumnya disebarkan Korea Utara ke pantai timur. Amerika Serikat dan sekutunya Jepang dan Korea Selatan telah bersiap menghadapi peluncuran rudal tersebut, yang kala itu diperkirakan akan diluncurkan saat hari Nasional ulang tahun pendiri Korea Utara Kim Il-sung pada 15 April.

Jepang dan Korea Selatan bersiap dengan menyebarkan sistem pertahanan rudal, sementara militer AS mengerahkan dua kapal perusak yang dilengkapi dengan senjata anti rudal dan radar yang kuat untuk menggagalkan setiap peluncuran rudal Korea Utara,.

Komandan pasukan AS mengatakan kepada anggota parlemen bahwa mereka akan siap menembak jatuh setiap rudal yang mengancam sekutu atau fasilitas AS di Guam. Namun, kenyataannya Korea Utara tidak pernah meluncurkan rudal Musudan dan cenderung terlihat melunak. Juru bicara Pentagon George Little mengatakan perubahan sikap Korea Utara ini merupakan sebuah perkembangan positif.

Menurut seorang perwira AS, rudal Musudan memiliki jangkauan sekitar 640 kilometer hingga 5.630 kilometer. Para analis senjata banyak yang tidak sependapat dengan kemampuan rudal Musudan, dan meyakini bahwa Pyongyang belum pernah sekalipun menguji coba rudal ini (dalam penerbangan).

Foto : Reuters


0 Response to "Korea Utara Pindahkan Rudal Musudan dari Pantai Timur"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.