Latest News

Kapal Selam RSS Swordsman Angkatan Laut Singapura Resmi Beroperasi

Peresmian RSS Swordsman
 
Kapal selam kelas Archer kedua Angkatan Laut Singapura (Republic of Singapore Navy/RSN), RSS Swordsman, dinyatakan resmi beroperasi dalam sebuah upaca komisioning di Pangkalan Angkatan Laut Changi, 30 April 2013. Deputi Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Tharman Shanmugaratnam, yang meresmikan upacara, memberikan perintah komisioning kepada Komandan RSS Swordsman, Letnan Kolonel Loh Mun Heng.

Dengan bergabungnya RSS Swordsman bersama "kakaknya" yaitu RSS Archer -ditugaskan pada Desember 2011- di RSN, Mr Tharman mengatakan bahwa RSN telah melewati tonggak sejarah baru dalam membangun kekuatan kapal selam dan sekarang telah mampu melakukan operasi maritim yang lebih kompleks.

"RSS Swordsman, adik dari kapal selam RSS Archer dan kelas Challenger kami, merupakan bagian dari sistem tempur yang terintegrasi bersama-sama dengan fregat siluman, helikopter angkatan laut, korvet rudal, dan kapal penyapu ranjau. Sebuah kekuatan untuk kepentingan maritim dan melindungi integritas teritorial Singapura."

Diakuisisi dari Angkatan Laut Kerajaan Swedia pada tahun 2005 dan diluncurkan di Swedia pada tahun 2010, RSS Swordsman telah melewati uji coba laut di Swedia sebelum akhirnya ia bertolak ke Singapura pada 31 Desember 2012.

RSS Swordsman, yang akan beroperasi bersama RSS Archer di bawah Skadron 171 RSN, telah ditingkatkan kemampuannya agar bisa beroperasi di laut lokal Singapura. Kemampuan tempur kapal selam ini juga telah ditingkatkan, penambahan peralatan sensor, penambahan sistem propulsi Air Independent untuk meningkatkan fitur siluman, jangkauan diperjauh dan kemampuan operasional ditingkatkan.

Letkol Loh menguraikan bagaimana krunya hanya dalam waktu empat bulan mempersiapkan kapal selam RSS Swordsman agar menjadi siap tempur: "Setelah kami kembali ke Singapura, kami memvalidasi kapal selam agar bisa beroperasi dengan aman di kondisi laut kami, selanjutnya latihan gabungan dengan fregat dan helikopter guna mengintegrasikan armada. Antara lain latihan gabungan anti-kapal selam, menembak torpedo dan penyelamatan."

Menurut Letkol Loh, kru RSS Swordsman diuntungkan dari pengalaman awak RSS Archer. Dia menjelaskan : "Selain kru dari (RSS) Archer mewariskan pelajaran kepada kami, setengah dari kru saya juga berasal dari kapal selam kelas Challenger, akhirnya kami mampu mempercepat proses belajar."

Untuk kru, penugasan kapal selam mereka ini menandai awal dari perjalanan mereka sebagai operator kapal perang. Sebagaimana yang Letkol Loh katakan : "Operasionalisasi bukanlah akhir, kami akan terus mengasah kemampuan kami."

Menteri Pertahanan Dr Ng Eng Hen, Menteri Transportasi Lui Tuck Yew, Sekretaris Parlemen Senior untuk Pertahanan Dr Mohamed Bin Osman Maliki, Kepala Angkatan Pertahanan Mayor Jenderal Ng Chee Meng dan Kepala Angkatan Laut Laksamaan Ng Chee Peng turut hadir dalam upacara tersebut bersama pejabat senior lainnya dari RSN.


1 Response to "Kapal Selam RSS Swordsman Angkatan Laut Singapura Resmi Beroperasi"

  1. Menarik sekali tingkah polah singapura ini, pesawat tempur mereka bakal sudah crossing border 5 menit terbang, kapal permukaan & selam crossing border setelah 30 menit berlayar, sekarang kapal selam mereka dilengkapi aip supaya bisa menyelam lebih lama, kemampuan siluman dlsb ... Kecil kemungkinan kapal selam mereka dilengkapi aip buat muter muter wilayah singapore aja, kemampuan siluman bukan sekedar buat gaya atau latihan saja.
    Mungkinkan negara tengil ini sebenarnya extended arm dari amrik, inggris dan sekutu western lainnya ?
    Sangatlah mencurigakan bagaimana negara ini selalu mendapat dukungan barat dengan mendapat teknologi yang terunggul di kawasan ini, apa yang diberikan negara tengil as a return kepada negara negara barat pendukungnya????

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.