Latest News

Sejumlah Negara Minati Kapal Induk Bekas Angkatan Laut Spanyol

Kapal induk Spanyol Principe de Asturias
Kapal induk Spanyol Principe de Asturias di Samudera Atlantik saat latihan Majectic Eagle 2004
(Foto : US Navy)
Dari rumor yang beredar baru-baru ini di media Spanyol, Filipina dan beberapa negara Arab telah menyatakan minatnya untuk membeli kapal induk Angkatan Laut Spanyol "Principe de Asturias". Disebutkan, kontrak penjualannya nanti akan mencakup reparasi dan upgrade oleh galangan kapal Spanyol Navantia.

Juga dilaporkan (lavozdigital.es) bahwa Indonesia juga pernah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi kapal induk ini. Namun setelah kunjungan resmi delegasi TNI AL ke pangkalan Angkatan Laut El Ferrol Spanyol untuk memeriksa Principe de Asturias pada akhir Maret lalu, Indonesia dikabarkan memutuskan untuk tidak membeli kapal induk ini. Walau tidak ada tindak lanjut dari Indonesia, pihak Spanyol tetap membuka pintu bagi Indonesia untuk kemungkinan penjualan.

Kapal induk Principe de Asturias secara resmi dinonaktifkan pada Februari 2013, untuk dipisah menjadi bagian-bagian kecil. Namun rencana awal ini berubah setelah Departemen Pertahanan Spanyol dikabarkan menerima permintaan penjualan kapal induk ini dari beberapa negara. Angkatan Laut Spanyol mengatakan sudah ada pembeli potensial (kemungkinan Filipina), namun belum terwujud dalam transaksi penjualan.

Penjualan kapal induk ini menjadi skenario terbaik untuk masa depan kapal ini. Di satu sisi, akan mengalirkan uang ke kas negara dan untuk Angkatan Laut Spanyol, di tengah pemotongan anggaran akibat krisis ekonomi. Namun skenario penjualan ini dinilai masih sangat "jauh".

Principe de Asturias adalah kapal induk buatan galangan kapal Bazan (Navantia) Spanyol. Diluncurkan pada tahun 1982 dan masuk ke jajaran Angkatan Laut Spanyol baru pada tahun 1988. Kapal ini memliki panjang 195,9 meter dan lebar 24,3 meter. Total kapal induk yang memiliki kecepatan 26 knot ini bisa membawa 29 pesawat dan helikopter. 
 
Apa mungkin militer asing akan membeli kapal ini? Tentunya militer asing harus berpikir matang karena kapal induk ini akan membutuhkan biaya upgrade yang tidak sedikit.


11 Responses to "Sejumlah Negara Minati Kapal Induk Bekas Angkatan Laut Spanyol"

  1. aduh.. kita baru bisanya beli barang-barang bekas ya... memang ekonomi Indonesia harus digenjot terus sehingga dapat membuat peralatan militer sendiri

    ReplyDelete
  2. Klo saya pribadi sih setuju aja jika TNI AL jadi membeli kapal induk itu asal dibeli dengan prosedur yang benar, selain untuk menjaga wilayah lautan Indonesia yang luas juga bisa menjadi batu loncatan alih teknologi kapal induk..

    ReplyDelete
  3. Mendingan program kapal induk pt pal yg di hidupkan. Selain prestise bgs jg devisanya tdk keluar dan pasti mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa

    ReplyDelete
  4. Hoaaammm.... Udah, bagus apa jelek bodo amat,.. Чa̲̅ήG pnting buatan sendiri.

    ReplyDelete
  5. Beli kapal seperti ini bakal lebih banyak Mudhorat daripada Barokah nya. Ini tipe kapal sudah dibeli Thailand. Hasilnya untuk membiayai operasional nya saja sudah senen kemis, boro boro mau perang. Pokoknya amit amit kalau TNI AL beli kapal ini.

    ReplyDelete
  6. pokoknya baut kapal induk sendiri aj, biar jelek yang penting dapat pengalaman, trs di upgred tuch klo udh pinter

    ReplyDelete
  7. Mending beli odong2 ama sampan. Selain murah kl dipasangin mesin yamaha 40PK lincahnya bukan maen. Bisa menghindar dari rudal2 yg gede. Udh gitu biaya operasionalnya dikit. Cb kl kita punya sampan perang yg bnyk trus di sebarin ama tentara 2ato 3 org disatu sampan. Bayangin aja berapa kerugian musuh kl mau nembak satu satu sampan tuh. kl smp punya 100rb sampan bisa abis deh rudal2 musuh ama peluru2nya. Abis itu br deh nyebarin kopaska buat hancurin tu kpl2 perang ato kpl induk musu.

    ReplyDelete
  8. cerita kake saya, Pembebasan irian barat itu pake sampan bro. TNI menyusup pelan2 buat ngabisin tentara belanda. Radar g bisa bro deteksi sampan. Soalnya kecil bgt. Trus kl terdeteksi pun Belanda kiranya kayu yg hanyut soalnya pelan bgt jlnnya. Udh nempel dikpl2 belanda br deh lempar pk granat. Hancur deh kpl belanda. Cb kl TNI kita pake cara gt. Saya yakin aman suleman deh NKRI.

    ReplyDelete
  9. andi L, komentar anda seperti komentar orang yang rada "kurang"

    ReplyDelete
  10. Andi L, Anda seperti orang yg ga makan selama ribuan tahun.

    ReplyDelete
  11. sebaiknya di beli TNI tp mendapat TOT Upgrade.. untuk mengembangkan kapal induk nasional

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.