Latest News

Menhan dan Menkominfo Bahas Rencana Pembangunan Cyber Defense

Rencana Pembangunan Cyber Defense

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring, Selasa, 2 April 2013, melakukan pertemuan membahas rencana pembangunan jaringan cyber defence yang merupakan bagian dari national cyber security, di kantor Kominfo Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Menhan menjelaskan bahwa cyber defence terkait dengan keutuhan wilayah, menjaga kedaulatan dan keselamatan bangsa yang memerlukan koordinasi. Diharapkan pembangunan cyber defence dapat berjalan seiring dengan pembangunan national cyber security yang merupakan lingkup Kemenkominfo.

Lebih lanjut Menhan menyatakan bahwa cyber defence merupakan bagian dari Sistem Informasi Pertahanan Negara (Sisinfohanneg) yang terdiri pejabat eselon I di lingkungan Kemhan.

Pada kesempatan yang sama, Menkominfo menjelaskan pembangunan national cyber security dilatarbelakangi  kecenderungan serangan terhadap dunia maya dan fasilitas dunia maya yang semakin meningkat. Dalam tiga tahun terakhir terdapat 36,3 juta kali serangan terhadap kementerian dan lembaga. Untuk itu kerjasama antar kementerian dan stake holders perlu ditingkatkan dalam mengantisipasi serangan terhadap dunia maya tersebut.

Dijelaskan Menkominfo, ancaman serangan dapat merambah bidang ekonomi, bisnis, instansi-instansi vital seperti PLN, bandar udara, penerbangan dan bursa efek, e-ktp dan hasil-hasil pilkada. Kominfo berupaya untuk memberikan alert kepada seluruh stake holders terhadap serangan-serangan yang datang. Diharapkan seluruh bidang untuk meningkatkan awareness akan datangnya bahaya berupa ancaman cyber.

Kerdit foto : spectrum.ieee.org


0 Response to "Menhan dan Menkominfo Bahas Rencana Pembangunan Cyber Defense"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.