Latest News

Malaysia Kagumi Tim Aerobatik Jupiter TNI AU

Jupiter Team TNI AU

Penampilan The Jupiter Aerobatic Team TNI Angkatan Udara dihari keempat Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA’13) yang diperuntukan umum memukau ribuan pengunjung khususnya masyarakat Langkawi, Jum’at, 29 Maret 2013.

The Jupiter yang diterbangkan oleh para instruktur penerbang dari Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta, tidak saja memukau masyarakat namun juga para penerbang aerobatik dari Malaysia dan Rusia.

"Saya sangat salut formasinya rapi, gerakannya bagus dan jarak antar pesawat terjaga," ujar Major Shamsul salah satu penerbang aerobatik dari TUDM "Krisakti".

Hal senada juga dikatakan penerbang aerobatik "Russian Knight" dari Angkatan Udara Rusia, sangat sulit aerobatik dengan pesawat bermesin propeler (baling-baling), lebih mudah menggunakan pesawat bermesin jet, ujarnya.

Dihari keempat, the Jupiters masih mengandalkan akrobatik andalannya seperti Jupiter Roll, Arraw Head Loop, Clover Leaf, Leader Benefit, Arraw Head Loop-Break Off, Half Cuban-Jupiter Wheel, Tanggo To Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Kite Barrel Roll, jupiter Roll Back, Knife Edge dan Arraw Head Loop-Bomb Burst.

The Jupiters dipimpin oleh Letkol Pnb Dedy "Leopard" Susanto, dengan Mayor Pnb Frando "Fennec" Marpaung sebagai Right Wingman, Kapten Pnb I Gusti Ngurah "Greyhound" Adi Brata Left Wingman, Mayor Pnb H.S "Condor" Romas Slot, Mayor Pnb H.M “Razor” Kisha Lead Syncro dan Mayor Pnb Marcellinus "Tiger" Dirgantara sebagai Syncro

Hari ke-5

Di hari kelima penyelenggaraan Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA'13), Sabtu, 30 Maret 2013, Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara "The Jupiters" sangat mendapat sambutan masyarakat Malaysia yang memadati LIMA'13.

Ketika Tim Aerobatik The Jupiters saat melakukan aksinya banyak mendapat aplus dari masyarakat yang hadir pada demo udara tersebut dan selesai melakukan aerobatik para Penerbang The Jupiter langsung menuju para penonton yang memadati area statik show.

Di gedung Mashuri International Exhibition Center (MIEC), para Penerbang The Jupiters juga dicegat para pengagumnya untuk berkesempatan berfoto, para pengunjung secara bergantian mengambil gambar sebagai kenangan.

Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahidi Hamidi yang masih keturunan Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, mengaku sangat kagum dan mengucapkan terima kasih dengan penampilan Tim Aerobatik The Jupiters yang sangat mengagumkan.


"Saya juga akan kirim balasan pada Indo Defence mendatang, untuk menampilkan Tim Aerobatik TUDM Smooky Bandit", ujarnya.

Tidak hanya para Penerbang The Jupiters yang diserbu masyarakat, namun souvenir The Jupiters juga habis diserbu warga yang menginginkannya.

"Tiap Tim Aerobatik mengeluarkan cinderamata masing-masing mulai dari stiker, pin, badge, kaos hingga topi, yang tujuannya agar Tim Aerobatik mereka dapat lebih dikenal di masyarakat dan sebagai kenangan bagi yang mendapatkannya", ujar Mayor Pnb Ferry Yunaldi salah satu Tim Aerobatik The Jupiters.

Dispenau

9 Responses to "Malaysia Kagumi Tim Aerobatik Jupiter TNI AU"

  1. Indonesia Mantappp..

    ReplyDelete
  2. Sayang ya smokenya ga ketara kurang tebel.

    ReplyDelete
  3. Lusty Afifah KomarudinTuesday, 09 April, 2013

    Bangga bangeeeett.... Aku udah liat atraksi'y yg di malaysia maupun yg di thailand lewat youtube. Ternyata sama hebatnya dgn atraksi mrk di ultah AURI thn 2012 kmrn d Halim.
    Baru saja mrk melintas diatas atap rmhku setelah beberapa hari ini slalu latihan di atas lanud ATS. Smoga atraksi mereka hari ini lancar dan selamat sampai landing kmbali.

    ReplyDelete
  4. Lusty Afifah KomarudinTuesday, 09 April, 2013

    Bangga bangeeeettt....
    Dirgahayu TNI-AU, smoga smakin jaya di udara. ;)

    ReplyDelete
  5. kereeeennn.... Indonesia segalanya pasti bisaa..!!!

    ReplyDelete
  6. Baru nonton lagi atraksi mereka di youtube.. mantab...

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.