Koarmatim Uji Coba Berbagai Rudal Strategis

Penembakan rudal C-802
Sukses melaksanakan latihan Parsial III Operasi Amfibi, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) kembali akan mengadakan uji coba senjata strategis yang bersandikan "Gladi Parsial IV" yang akan dilaksanakan di Laut Jawa. Pada Rabu, 3 April 2013, Koarmatim telah menggelar Latihan Pos Komando (Latposko) bertempat di Gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolatarmatim, Ujung, Surabaya.

Latihan uji coba senjata strategis yang akan dilaksanakan di Laut Jawa ini merupakan uji coba Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang dipersiapkan untuk Latihan Gabungan TNI Tahun 2013. Dimana dalam latihan ini, TNI akan menggelar latihan yang melibatkan 3 (tiga) unsur kekuatan matra TNI, yaitu matra Darat, matra Laut dan matra Udara.

Untuk latihan uji coba senjata strategis kali ini, Koarmatim akan mengerahkan kapal-kapal perangnya sebanyak 13 kapal perang dari berbagai tipe, dengan berbagai senjata andalan strategis yang dimiliki oleh masing-masing kapal perang tersebut. Kapal perang atau KRI yang terlibat itu antara lain KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Frans Kaisiepo-368, KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Yos Sudarso-353, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355, KRI Hiu-804, KRI Kerapu-812, KRI Kakap-811, KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Sutanto-877, KRI Makasar -590, KRI Cakra-401 serta 1 Helikopter dan pesawat Cassa sebagai Unit Patroli Maritim.

Senjata strategis yang akan diujicobakan itu antara lain, Rudal C-802, Rudal exocet MM-40, RBU-6000 dan torpedo sut. Torpedo Sut akan ditembakan oleh Kapal Selam KRI Cakra-401, Rudal Exocet MM-40 akan ditembakkan oleh kapal Sigma Class buatan Belanda, Rudal C-802 akan ditembakan oleh Kapal jenis Vanspeijkh juga buatan Belanda dan RBU 6000 akan ditembakkan oleh kapal jenis Parcim. Kapal perang yang melakukan penembakan senjata strategis ini merupakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) dan Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmatim.

Mesin-mesin perang Koarmatim ini akan segera bergerak menuju Laut Jawa, seusai melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) dan Tactical Game (TG) di Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kobangdikal) tanggal 4 s.d. 9 April mendatang.


0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...