Monumen Garuda, Kebanggaan Prajurit Indobatt

Monumen Garuda Indobatt

Garuda yang menjadi simbol dan kebanggaan bagi Indobatt (Indonesia Battalion) namanya tetap bergema di UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon). Banyak Kontingen dari negara lain karena seringnya melihat prajurit TNI melakukan penghormatan dengan berteriak "Garuda," mengakibatkan banyak dari mereka melakukan penghormatan dengan menirukan teriakan "Garuda". Walaupun banyak dari mereka tidak mengerti apa arti dari teriakan "Garuda" tersebut, namun mereka merasa senang bisa menirukan apa yang prajurit TNI itu lakukan.

Lambang atau simbol Garuda yang berdiri gagah sejak tahun 2008 ini merupakan salah satu jawaban bagi kontingen negara lain yang ingin tahu apa itu Garuda, dalam banyak acara yang melibatkan Indobatt sebagai tuan rumah menjadi kesempatan bagi Indobatt untuk menjelaskan apa itu Garuda sambil menunjukkan Monumen Garuda yang terletak di lapangan Upacara Soekarno Markas Indobatt, UN POSN 7-1.

Karena Monumen Garuda sebagai simbol kebanggaan Indobatt, maka Dansatgas memerintahkan kepada jajarannya untuk tetap melakukan perawatan. Masih menurut Dansatgas, terpaan cuaca yang ekstrim di wilayah Lebanon Selatan ini menuntut agar perawatan "Garuda" harus lebih ekstra dan benar-benar diperhatikan. Sementara di tempat terpisah Indobatt juga memiliki Monumen serupa yang pernah diresmikan oleh Komandan Sektor Timur pada tahun 2012 yakni di Kompi Bravo, UN POSN 7-3.

TNI Latih Kesiapsiagaan Tentara Tanzania 

Komandan Kontingen Garuda TNI Kolonel Inf Karmin Suharna, S.IP, MA, yang juga sekaligus menjabat Komandan Satgas Force Head Quarter Support Unit (FHQSU) mempunyai tugas sesuai dengan SOP UNIFIL selaku penanggung jawab keamanan Markas Besar UNIFIL baik personel maupun materil.

Pada tanggal 4 Maret 2013 ini adalah giliran Kompi Polisi Militer dari Tanzania berjumlah 150 orang, untuk dilatih kesiapsiagaan. Setelah melalui beberapa rapat yang memberikan pelajaran dan prosedur pelaksanaan Latihan Shelter, maka kegiatan latihan itu dilaksanakan. Dibantu oleh Mayor Kav Harri Poernomo selaku Kasipamops, Lettu Inf Argo Infanterianto selaku Pasiops dan Sertu Rino sebagai Bintara latihan dari Satgas FHQSU, Komandan Kontingen Garuda melatih pasukan kontingen Tanzania. Pada pelaksanaan latihan ini disaksikan langsung oleh ADC Force Commander Kolonel Costani dari Italia dan salah satu Staff Force Commander Letnan Kolonel Gomez dari Spanyol.

ADC Force Commander mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Komandan Kontingen Garuda atas pelaksanaan latihan ini. Beliau memberikan apresiasi kepada TNI atas berlangsungnya kegiatan ini.

Sumber : Puspen TNI

2 comments:

  1. Maaf, sepertinya ada kesalahan pengetikan di paragraf kedua, yang seharusnya "salah satu jawaban" menjadi "salah jawaban".

    ReplyDelete

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...