Latest News

Generasi Terbaru Pesawat Tempur Gripen Swedia

Gripen
Perusahaan Pertahanan dan Keamanan Saab (Swedia) telah menandatangani kesepakatan dengan Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (FMV) perihal pesawat tempur Gripen E. Perjanjian tersebut mencakup pengembangan dan modifikasi Gripen E untuk Swedia selama periode 2013-2026 dan kemungkinan bagi Swiss untuk mengakuisisi Gripen E baru.

Untuk tahap pengembangan awal Gripen E (2013-2014), FMV menggelontorkan dana sebesar 2,5 miliar SEK (mata uang Swedia) atau senilai 391 juta dolar AS. Total nilai pesanan dalam kontrak tersebut sekitar 47,2 miliar SEK (7,4 miliar dolar AS).

Parlemen Swedia, dengan hasil voting mayoritas, memutuskan Swedia akan mengakusisi Gripen E. Perjanjian telah ditandatangani dan pengiriman pertama Gripen E untuk Swedia secepatnya pada tahun 2018.

Perjanjian SAAB dengan FMV ini terdiri beberapa poin. Bagian pertama, terkait dengan pengembangan Gripen E pada 2013-2014 yang bernilai 2,5 miliar SEK. Dan bagian berikutnya -yang tersisa dari perjanjian- adalah sebagai berikut :
  1. Pembangunan Gripen E senilai 10,6 miliar SEK, diharapkan segera terlaksana pada kuartal pertama 2013.
  2. Modifikasi dari 60 Gripen E dengan pengiriman pertama untuk Swedia pada tahun 2018 - diharapkan dimulai pada kuartal keempat 2013.
  3. Pemeliharaan, dukungan dan perlengkapan misi khusus untuk Gripen E dengan pengiriman awal pada tahun 2018 - diharapkan dimulai pada kuartal keempat tahun 2014.
  4. Kemungkinan Swiss akan mengakuisisi 22 Gripen sedang diproses di parlemen Swedia. Perjanjian dengan Swiss tersebut terdiri dari ketentuan-ketentuan karena pengiriman dari 22 Gripen E varian baru, dan peralatan terkait ke Swiss, jika Swiss memutuskan untuk mengakuisisi Gripen E.
  5. Semua order di bawah perjanjian, termasuk order dari Swiss melalui FMV, berjumlah total sekitar 47,2 miliar SEK.
Perjanjian tersebut mencakup hak untuk FMV -syarat dan prasyarat- sepenuhnya atau sebagian untuk membatalkan program. Jika demikian, SAAB memiliki hak untuk kompensasi biaya yang sudah diambil dan biaya untuk menghentikan program. Perjanjian tersebut juga mencakup poin-poin yang mengatur kondisi bila Swiss memutuskan untuk tidak mengakuisisi Gripen E.

Gripen

Gripen E memiliki kemampuan susbstansial  daripada versi Gripen sebelumnya. Pesawat tempur ini didesain dengan cerdas dan dengan teknologi inovatif, yang mengarah kepada penghematan biaya dibanding dengan pesawat tempur alternatif lainnya. Gripen E memiliki mesin yang lebih baik dan kuat dibanding varian Gripen sebelumnya. Mampu beroperasi dalam durasi yang lama dan mampu membawa persenjataan serta payload yang lebih banyak.

Radar elektronik baru, upgrade sistem presentasi di dalam kokpit dan avionik modern akan meningkatkan kemampuan Gripen E guna suksesnya misi yang diembannya. Langkah-langkah teknologi yang telah diterapkan pada Gripen E telah terbukti pada program demonstran Gripen 39-7 E/F, di mana pesawat ini telah melakukan uji coba terbang lebih dari 250 jam di Swedia, Inggris, India, Swiss dan negara lainnya sejak tahun 2008.

Dengan upgrade hardware dan software, Gripen E menjadi sistem modern yang mudah untuk dikembangkan lagi di masa depan.

SAAB melayani pasar global dengan produk-produk terkemuka di dunia, layanan dan solusi dihadirkan untuk pelanggan militer dan sipil. SAAB memiliki karyawan dan beroperasi di semua benua dan akan terus berkembang, terus beradaptasi dan meningkatkan teknologi baru untuk memenuhi permintaan pelanggan yang berbeda-beda. (FS)


6 Responses to "Generasi Terbaru Pesawat Tempur Gripen Swedia"

  1. yang aneh, swiss itu kan negara netral tanpa angkatan perang, kok pesan gripen juga yah???

    ReplyDelete
  2. Negara Netral itu AS tau ...

    ReplyDelete
  3. Netral bukan berarti ga boleh punya 'biji'..

    ReplyDelete
  4. justru swiss netral tidak punya tentara,,jadi semua rakyatnya adalah tentara...beli senapan otomatis aja gampang kok di swiss malah disubsidi lagi sama pemerintah!!

    ReplyDelete
  5. Klo gitu aku mau jadi orang swiss ahhhh

    ReplyDelete
  6. siapa daftar tentara Rusia, dg sistim kontrak..........lapangan kerja baru nih........

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.