Latest News

Filipina Terima Kapal Fregat Kedua di 2013

BRP Ramon Alcaraz

Kapal fregat kedua Angkatan Laut Filipina (Philippine Navy / PN), BRP Ramon Alcaraz (PF-16), dijadwalkan akan tiba pada bulan Agustus, bukan pada bulan April seperti yang sebelumnya dinyatakan. Keterlambatan lima bulan ini terkait dengan kebutuhan pelatihan yang lebih intensif untuk kru (AL Filipina) sebelum kapal dapat diambil dari North Charleston, fasilitas angkatan laut South Carolina, Amerika Serikat.

BRP Ramon Alcaraz dilengkapi dengan senjata dan sensor yang lebih canggih dari kembarannya BRP Gregorio Del Pilar (PF-15). Fregat ini juga dilengkapi dengan meriam otomatis Mark 38 Model 2 Bushmaster dan mesin utama baru, membuatnya lebih unggul dari kakaknya. Sekitar 5 juta dolar telah dikeluarkan oleh Angkatan laut Filipina untuk biaya upgrade-nya. Fregat eks Angkatan Laut AS yang sebelumnya bernama USS Dallas ini adalah kapal cutter berdaya tahan tinggi yang ditugaskan pada tahun 1967 dari Galangan kapal Avondale di New Orleans. Kapal ini adalah kapal keenam yang diberi nama dari Alexander J. Dallas, seorang menteri keuangan di bawah pemerintahan Presiden James Madison (1814-1816).

Kapal ini merupakan salah satu dari dua belas kapal cutter kelas Hamilton yang dibangun untuk US Coast Guard (penjaga pantai). Beratnya 3.250 ton, memiliki panjang 115 meter, lebar 13 meter, draft* 4,6 meter (muatan standar). Sistem propulsi terdiri dari dua mesin diesel dan dua mesin turbin gas, memberikannya kecepatan jelajah hingga 29 knot. Kapal ini memiliki rentang jelajah di kisaran 14.000 mil dan dengan waktu di laut selama 45 hari dalam pelayarannya. Kapal ini dioperasikan oleh 167 kru.

BRP Ramon Alcaraz

Kapal fregat ini awalnya dilengkapi dengan radar AN/SPS-40 air-search, Sistem Kontrol Senjata Mark 92 dan dipersenjatai dengan satu meriam Oto Melara Mark-75 76-mm, dua sistem senjata mesin Mark K-38 25mm, dua Sistem Mark 36 SRBOC, satu Phalanx CIWS missile defense gun, senapan mesin M2HB kaliber .50 dan senapan mesin M240 7,62mm. Setelah diakuisisi oleh Filipina semuanya dicopot kecuali meriam Oto Melara Mark-75 76-mm. (FS)

* Draft pada kapal, maksudnya jarak vertikal antara lunas kapal (bawah) dan batas air (di lambung). Semakin banyak muatan pada kapal, draft semakin tinggi.


0 Response to "Filipina Terima Kapal Fregat Kedua di 2013"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.