Latest News

TNI AL dan AL Brunei Latihan Bersama Helang Laut

Kapal Perang Brunei Kelas Waspada
Kapal Perang Angkatan Laut Brunei Kelas Waspada (Foto:mindef.gov.bn)
Latihan Bersama (Latma) antara TNI AL dan Angkatan Tentara Laut Diraja Brunei (ATLDB) telah dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H, M.A.P. di gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolatarmatim, Senin, 4 Februari 2013 (hari ini hari terakhir).

Latihan bilateral yang bersandi Helang Laut 14A/13 adalah latihan yang yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan memelihara serta menjaga kesiapsiagaan prajurit kedua Angkatan Laut. Dengan Latihan ini diharapkan juga akan meningkatkan saling pengertian serta hubungan baik antara Angkatan Laut kedua negara.

Dalam sambutan Pangarmatim yang dibacakan oleh Kasarmatim, dikatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjaga hubungan baik sehingga dapat menciptakan hasil yang optimal dan meningkatkan kerja sama antar kedua negara, khususnya bagi TNI Angkatan Laut dan Tentara Laut Diraja Brunei.

"Latihan bersama Helang Laut 14A/13, harus dilaksanakan dengan serius dan fokus untuk meningkatkan profesionalitas sesuai tugas sebagai angkatan laut guna menjaga dan melindungi negara kita", kata Pangarmatim.
 
Pangarmatim menyadari bahwa stabilitas keamanan maritim di wilayah kedua negara adalah salah satu tujuan bersama, maka kerja sama antara angkatan laut kedua negara harus diperkuat dan latihan ini dapat menjadi salah satu cara untuk mencapai hasil yang optimal.

Selain itu, Indonesia dan Brunei Darussalam adalah dua negara yang bertetangga baik dalam naungan komunitas ASEAN, serta sangat menyadari pentingnya memelihara dan meningkatkan hubungan baik antara kedua negara. Hubungan baik tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai kerja sama, khususnya di bidang militer guna membahas berbagai aspek dan menganalisa masalah keamanan untuk kepentingan bersama, saling tukar informasi tentang profesionalitas dan bentuk kerja sama lainnya.

Rangkaian kegiatan Latihan Bersama Latma Helang Laut 14A/13 ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 4-6 Februari 2013. Kegiatan pada tanggal 4 Februari 2013 meliputi diskusi taktik (Experience Sharing) bertempat di KRI Sultan Hasanuddin-366 dan briefing skenario latihan di ruang Tactical Floor Game (TFG) Puslatkaprang Kolatarmatim. Selanjutnya tanggal 5 dan 6 Februari 2013 pelaksanaan latihan Command Post Exercise (CPX) di ASTT Kobangdikal yang meliputi Tactical Manuvra (Tacman), Surface Raid Reporting Exercise, Air Raid Reporting Exercise, Sub Surface Raid Reporting Exercise, Multi Threat Raid Reporting Exercise dan Blue Red Force (Encountering) Exercise.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Komandan Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Danguspurlaarmatim) Laksamana Pertama TNI Arie Soedewo, Para Kasatker Koarmatim, serta utusan Delegasi dari ATLDB yang dipimpin Letkol (L) Pengiran Mohammad Bin Pengiran HJ Damit, Komandan Kapal Diraja Brunei (KDB) Darulaman, Komandan KDB Berkat, dan seluruh peserta Latma dari kedua Negara.


Sumber : Dispenarmatim


0 Response to "TNI AL dan AL Brunei Latihan Bersama Helang Laut "

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.