Latest News

Iran Menjawab, Sepuluh Fitur Utama Qaher F-313


Sebagian masyarakat dunia menyoroti keanehan dari prototipe pertama pesawat tempur siluman Iran Qaher F-313. Beberapa hari lalu, Kantor Berita MEHR menerbitkan  artikel yang menjelaskan fitur pesawat ini.

Artikel tentang 10 fitur utama dari Qaher F-313 yang diterbitkan MEHR ini menjawab beberapa keraguan dan kemampuannya untuk terbang, sekaligus untuk membuktikan bahwa pesawat baru Iran ini bukan hanya layak terbang, tapi juga sebagai salah satu jet tempur paling canggih di dunia. Hal ini juga pernah dinyatakan oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Berikut 10 fitur utama, karakteristik teknis dan beberapa data terkait Qaher F-313 yang dikutip dari artikel MEHR :

1. Menggunakan dua inlet (lubang udara). Saluran inlet akan menghasilkan sistem konduksi udara untuk dialirkan ke mesin. Karena inlet dan mesin bersudut langsung, reflektifitas radar akan berkurang, dan desain miring ke permukaan dari saluran inlet berguna untuk menyerap gelombang energi radar, seperti halnya F-35 JSF.

2. Gas buang panas akan bercampur dengan udara dingin melalui saluran inlet, dan gas buang akan dingin sebelum keluar dari sistem pembuangan. Hal ini untuk mengurangi efek panas di permukaan pesawat.

3. Penggunaan bahan penyerap radar pada body, untuk menyerap gelombang energi dan mengurangi refleksi radar. Inilah yang menghasilkan efek besar untuk fitur siluman dari Qaher F-313.

4. Mengingat panjang dan ketinggian pesawat kurang dari 16 dan 4 meter, dua kompartemen dengan kapasitas muatan untuk membawa dua bom 2000 pon, atau lebih banyak untuk rudal pintar kecil, atau setidaknya 6 rudal udara-ke-udara dari jenis R-17 atau PL-12.

5. Permukaan tail (ekor) relatif besar dan vertikal akan menciptakan stabilitas arah yang baik dan dengan tail vertikal miring akan menciptakan keunggulan aerodinamis untuk kemampuan manuver lateral.

6. Kanopi yang sangat besar (luas) memberikan visibilitas (pandangan) 360 derajat. Ini penting untuk penerbangan di ketinggian rendah, terutama untuk membantu misi serangan darat dan kanopi yang besar akan sangat memantu dalam pertempuran "dog-fight."

7. Sayap yang miring dari Qaher F-313 adalah sayap yang sempurna untuk pesawat, yang seperti huruf M atau lebih mirip huruf W terbalik, adalah bentuk sayap terbaik untuk digunakan pada pesawat.

8. Landing gear 1 siklus adalah bukti lain bahwa F-313 adalah pesawat ringan, dengan berat terbang minimal 12 sampai 14 ton dan berat terbang maksimum 20 ton.

9. Ada 8 display (tampilan) analog di kokpit, yang menunjukkan teknologi tampilan multi-fungsi (Multi-Function Display / MFD) yang memberikan banyak ruang di dalam kokpit.

10. F-313 bertuas kemudi normal, sistem kontrol, dengan permukaan sayap yang bergerak, rudder, hidrolik stabilizer vertikal dan tidak diterbangkan dengan sistem Fly-by-Wire (FBW), karena penggunaan pesawat ini banyak dari kontrol tuas (side steering lever).

Komputer dengan perangkat lunak canggih (CATIA) digunakan untuk mendesain F-313, dan metode analisis aerodinamis seperti Computational Fluid Dynamics (CFD) juga digunakan, dengan bantuan dari jaringan lunak numerik (GAMBIT) terbaru, perangkat lunak flow analysis (FLUENT) dan perhitungan desain dari perangkat lunak lainnya, yang menghasilkan karya ilmiah yang lengkap dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk digunakan pada Qaher F-313.

Namun kembali lagi, sepuluh fitur utama dari Qaher F-313 ini masih merupakan klaim sepihak dari Iran. Seperti halnya akhir pada artikel Qaher sebelumnya, hanya waktu yang bisa menjawabnya. (FS)


13 Responses to "Iran Menjawab, Sepuluh Fitur Utama Qaher F-313"

  1. gampang saja
    tunggu dia terbang tanpa meledak,klo selamat asli klo palsu ga terbang2 cuma di tongkrongin aja
    gitu aja ko repot

    ReplyDelete
  2. hoax
    http://www.tempo.co/read/beritafoto/5351/Demi-Menakuti-Lawan-Iran-Rekayasa-Foto-Pesawat-Siluman/6

    ReplyDelete
  3. Jet tempur Iran terbang dengan kekuatan Photoshop.

    http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2277412/Fake-stealth-plane-Irans-Photoshopped-fighter-jet-spotted-air.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ini photoshop bukan ?

      Delete
    2. Ini video terbangnya
      http://rt.com/news/iran-indigenous-fighter-qaher-296/

      Delete
  4. Mengidolakan banget sama iran nih admin....kayak ga tau iran aja....atau admin ga tau banyak tentang iran....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memberitakan kecanggihan/kebohongan alutsista Iran, Israel, Rusia, AS, Korut, China kan tidak berarti saya mengidolakan mereka.

      Saya mungkin bisa memahami apa maksud komentar sobat. Memang betul, saya tidak paham betul dengan Syiah dan pembagiannya, Rafidhah, Ghulat, Mu'tadilah dll. Tapi diatas saya tidak memberitakan tentang Syiah yang membuat Qaher, tapi IRAN yang membuat Qaher. Terserah apakah memang Khomenei atau Ahmadinejad yang memerintahkan ini, yang jelas ini klaim Iran.

      Artikel di atas itu klaim yang dikutip dari MEHR. Pesawat itu ada atau tidak, saya tidak tahu. Sobat juga tahu banyak tentang Iran atau Syiah, atau sering membicarakannya, gak mungkin kan saya tuduh sobat mengidolakannya. Sobat tahu banyak tentang Iran kan juga berawal dari membaca, mendengar atau melihat semua tentang Iran (seperti artikel ini). Mohon maaf karena disini tidak menyediakan dialog/pemikiran tentang agama dan aliran di dunia ini, dan mohon maaf juga karena ketidaktahuan saya.

      Delete
    2. betul bos...ini blog militer, melihat dari sisi militer saja, hal yang lain porsinya cukup 5 atau 10 persen lah....

      Delete
  5. itu pesawatnya Republik Syiah Iran baterenya berapa ya....?????

    ReplyDelete
  6. Dear Sobat, jangan suka meremehkan iran, dari sejarah mereka pintar karena gurunya ya usa dan sekutunya saat perang irak &iran.
    dari ketakutan baraty dan sekutunya aja sudah kelihatan bahwa mereka pintar dan menjadi ancaman bagi usa dan sekutunya. atau senjata makan tuanya.

    ReplyDelete
  7. iran adalah penguasa baru dunia ini

    ReplyDelete
  8. kenapa anda bgtu benci syiah, pdhl mrka jelas membuktikan kemampuanya, mrka mandiri dibanding sunni n wahabi yg hanya bisa merengek di ketiak AS.. saya memilih bersaudara dgn syiah n bangga akan kemajuanya, lihatlah hamas yg hebat karena siapa yg membantu, siapa lg klo bkn syiah iran saudaraku. n lihat apa yg dilakukan sunni mesir saat gaza di gempur israel. bukalah mata hatimu.

    ReplyDelete
  9. Ini website tentang analisis militer. Entah berita itu asli atau fiktif, yang jelas ini website tentang ANALISIS MILITER. Bukan tentang perbedaan Mazhab antar Sunni atau Syiah. Dimanapun ada kaum takfiri yang ikut berbicara, semuanya pasti hanya sebatas kekerasan sektarian (kamu kafir, dia kafir, aku berjalan sesuai syariat, dll). Hanya itu saja biasanya jargon kaum takfiri. Saya ulangi sekali lagi, WEBSITE INI MEMBAHAS TENTANG ANALISIS MILITER. Sebelum komentar saya ini difatwa najis oleh para kaum takfiri, perlu diketahui, saya bukan Syiah dan mazhab saya Syafi'i.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.