Latest News

Pakistan Berhasil Uji Coba Rudal Berkemampuan Nuklir

Rudal Hatf IX (Nasr) Pakistan
Rudal Hatf IX (Nasr) Pakistan
Pakistan berhasil melakukan uji coba rudal permukaan-ke-permukaan jarak pendek Hatf IX (Nasr) pada hari Senin, 11 Februari 2013, menurut siaran pers dari Inter-Services Public relations (ISPR). Uji coba tersebut dilakukan dengan meluncurkan dua rudal Nasr secara berturut-turut dari peluncur multi-tube. Nasr, dengan jangkauan 60 km, berkemampuan manuver yang baik di udara dan mampu membawa hulu ledak nuklir dengan akurasi yang tinggi.

Uji coba itu disaksikan oleh Kepala Staf Gabungan Jenderal Khalid Shameem Wynne dan beberapa petinggi lainnya dari militer dan Departemen Pertahanan Pakistan. Rudal Nasr juga dirancang khusus untuk mengalahkan semua Sistem Pertahanan Anti-rudal Taktis yang dikenal saat ini.

Rudal ini dinyatakan berkemampuan "hit and run," sebuah taktik menembak target dengan akurasi lalu segera berpindah ke posisi lain untuk menghindari identifikasi/serangan balik dari musuh.

Rudal Hatf IX dikembangkan oleh Kompleks Pembangunan Nasional Pakistan (NDC), memilki jangkauan 60 km dan dibawa oleh Peluncur Erektor Transporter (TEL) 8x8 buatan China yang juga dipakai Pakistan untuk Multiple Launch Rocket System (MLRS) AR-1A / A-100E 300 mm Angkatan Darat. Platfom TEL ini dapat membawa empat rudal Nasr sekaligus dan dengan sistem respon cepat, dapat menembakkan empat rudal secara salvo. Diyakini Pakistan tidak akan menemui kesulitan untuk meningkatkan jangkauan rudal ini.

Keberhasilan uji coba ini mendapatkan apresiasi dari Presiden dan Perdana Menteri Pakistan dengan ucapan selamat kepada para ilmuwan dan insinyur atas kerja keras mereka. (FS)


0 Response to "Pakistan Berhasil Uji Coba Rudal Berkemampuan Nuklir"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.